Inilah Perbedaan Bendera Monaco dan Bendera Indonesia

Bendera adalah sebuah lambang atau simbol yang biasa terbuat dari kain atau sejenisnya dan merupakan representasi dari sebuah entitas tertentu. Kata bendera sendiri sebenarnya berasal dari serapan bahasa Portugis yang diambil dari kata "Bandeira".

Hal ini bisa terjadi mengingat dahulu Indonesia (Hindia Belanda) memang merupakan bekas wilayah dari koloni portugis. Namun sebelum digunakannya istilah bendera, dahulu untuk menyebutkan jenis simbol-simbol seperti itu sudah dikenal beberapa istilah lain seperti kata panji, sang saka, ataupun umbul-umbul.

Saat ini ada banyak sekali jenis bendera yang dapat ditemukan di belahan dunia ini tergantung dari maksud dan tujuan dibuatnya.

Seperti contoh yaitu jenis bendera organisasi/perkumpulan, bendera perusahaan, bendera militer, serta jenis yang mungkin sudah tidak asing lagi dan sudah kita kenal yaitu jenis bendera nasional yang merupakan bagian dari salah satu simbol serta identitas suatu bangsa/negara.

Bendera nasional umumnya memiliki bentuk yang khas yaitu berbentuk kotak persegi panjang dengan memiliki pola/gambar tertentu, meskipun beberapa ada pula yang memiliki bentuk segitiga seperti yang digunakan oleh negara Nepal.

Indonesia sebagai salah satu negara yang sudah diakui dunia kita tahu memiliki desain bendera dengan bentuk persegi panjang serta memiliki pola yang terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih yang melintang secara horizontal. Desain tersebut mulai disahkan dan digunakan secara resmi sebagai simbol negara sejak kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Desain bendera Indonesia yang bisa dibilang sangat simpel ini ternyata sempat menjadi kontroversi karena memiliki kesamaan dengan bendera dari salah satu negara yang ada di Benua Eropa yaitu negara Monaco.

Jika dilihat secara sekilas memang bentuk dan desain dari keduanya terlihat sangat mirip. Namun jika kita lihat secara lebih seksama, terdapat sedikit perbedaan diantara keduanya. Bahkan kedua negara itupun sebenarnya memiliki sejarah tersendiri dalam hal pengambilan inspirasi desain bendera masing-masing negara tersebut.

Lalu apa sajakah perbedaan diantara bendera negara Indonesia dan juga negara Monaco? Dan sejak kapan negara Indonesia dan Monaco mulai menggunakan desain bendera dengan warna merah-putih tersebut?

Nah untuk mengetahui jawabannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Beda Antara Bendera Negara Indonesia dan Bendera Negara Monaco

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa jika dilihat dengan baik-baik dan lebih teliti lagi, maka diantara kedua bendera tersebut akan terdapat beberapa perbedaan meskipun tidak terlalu kentara. Lalu ini dia beberapa perbedaannya itu.


1. Panjang Ukuran Skala

Hal pertama yang bisa dilihat dengan jelas diantara keduanya yaitu mengenai skala ukuran dari masing-masing bendera.

Indonesia memiliki skala ukuran 2:3 yang membuatnya lebih terlihat memanjang kebagian samping. Sedangkan bendera Negara Monako memiliki skala ukuran 4:5, itu artinya memiliki bentuk yang cenderung agak sedikit mengotak.


2. Jenis Font Warna

Dari warna yang dipakai pun sebenarnya agak sedikit berbeda. Warna pada bendera Indonesia menggunakan warna merah yang lebih terang, yaitu dengan font merah jenis PMS red032.

Sedangkan itu warna yang digunakan Negara Monaco memakai warna merah yang cenderung agak lebih gelap yaitu dengan memakai font jenis PMS red032C.


3. Penggunaan Pertama kali

Perbedaan juga terdapat pada waktu pertama kali dari masing-masing negara tersebut mulai memakai pola bendera berwarna merah-putih.

Indonesia secara resmi menjadikan sang saka merah putih sebagai bendera resmi negara yaitu bertepatan dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sedangkan Negara Monako sudah mulai menggunakan pola tersebut jauh sebelum itu, peresmiannya sendiri dilakukan pada tanggal 4 April 1881 semasa kepemimpinan Pangeran Charles III.

Nah karena hal ini pula, dahulu ketika Indonesia pertama kali menggunakan sang saka merah putih, Indonesia pernah diprotes karena memiliki desain warna yang serupa dan dianggap melakukan plagiarisme atau penjiplakan.

Namun tak lama setelah itu, permasalahan pun dapat segera diselesaikan yaitu dengan kesepakatan dimana diantara kedua negara diperbolehkan untuk tetap sama-sama menggunakan desain tersebut, namun dengan dibuat agak sedikit berbeda dibagian skala perbandingan dan juga warnanya.


4. Inspirasi Pola Warna Merah-Putih

Meskipun sama-sama menggunakan pola merah dan putih yang memanjang secara horizontal, namun kedua negara sebenarnya memiliki perbedaan didalam mengambil inspirasi pembuatannya.

Indonesia sendiri terinspirasi atau mengambil warna pola merah-putih tersebut dari salah satu kerajaan terkenal di Nusantara yaitu Kerajaan Majapahit. Pada masanya Majapahit memang merupakan salah satu kerajaan besar dan mahsyur di Indonesia dengan memiliki panji-panji yang berpola merah dan putih sebagai simbol kerajaannya.

Oleh sebab itulah, Indonesia kemudian terinspirasi dan berharap dengan penggunaan pola warna tersebut dapat menjadikan Indonesia menjadi berjaya seperti pada masa kerajaan Majapahit. 

Sementara itu, Negara Monako menggunakan pola tersebut yakni terinspirasi dari pola merah-putih yang terdapat pada lambang penguasa dinasti sebelumnya. Dimana pada saat itu wilayah Monako merupakan bagian dari daerah koloni Genoa yang memiliki warna pola yang mirip yaitu merah dan putih.

 

Bagaimana jadi sekarang kita sudah mengetahuikan apa saja perbedaan diantara kedua bendera negara yaitu Indonesia dan juga Monako?

Demikianlah artikel singkat kali ini mengenai perbedaan pola bendera negara Indonesia dan juga Monako. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close