Cara Mengunci Aplikasi di Smartphone Xiaomi


Sistem keamanan memang merupakan isu yang sangat penting dalam dunia digital saat ini. Tidak terkecuali juga di dalam sistem keamanan perangkat ponsel pintar dan salah satunya yaitu yang berhubungan dengan sistem aplikasi.

Aplikasi sendiri merupakan sesuatu yang pastinya sudah tidak asing lagi kita temukan di perangkat gadget seperti smartphone. Aplikasi ini keberadaannya bisa dibilang sebagai penunjang untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan sebuah gadget, karena tanpa adanya aplikasi maka pengendalian pun tentunya akan menjadi sangat menyulitkan.

Faktanya dalam sebuah perangkat smartphone, para user atau pengguna umumnya akan memasang banyak sekali jenis aplikasi dengan berbagai macam fungsi serta kegunaan yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhannya. 

Dan dari sekian banyaknya aplikasi yang dipasang tersebut beberapa diantaranya mungkin merupakan aplikasi yang cukup penting dan sangat sensitif bila dibuka oleh orang lain, seperti misalnya aplikasi mobile banking, aplikasi penyimpan file foto, video, dan aplikasi-aplikasi jenis lainnya.

Sehingga dari hal tersebut kita bisa tahu bahwa adanya perlindungan terhadap aplikasi di perangkat gadget bisa dibilang sangat perlu dilakukan agar data yang ada didalam aplikasi tersebut dapat tetap aman.

Nah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengunci aplikasi dan kemudian memasangkannya sebuah password.

Beruntungnya kebanyakan model smartphone zaman sekarang ini biasanya sudah terpasang fitur tersebut, hanya saja kita perlu untuk mengaktifkannya secara manual. Dan karena tidak semua orang mengetahui caranya maka artikel ini sengaja dibuat untuk itu.

Namun khusus di kesempatan kali ini, kita hanya akan menjelaskan bagaimana cara mengunci aplikasi di perangkat smartphone Xiaomi saja. Nah untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Menggunakan Fitur Kunci Aplikasi di Hp Xiaomi

1. Langkah pertama kita pergi ke menu setelan atau settings di smartphone Xiaomi. Selanjutnya kita cari menu "Kunci Aplikasi" yang berada di bagian paling bawah.



2. Jika kita pertama kali membuka menu ini, maka kita akan disuruh untuk menghidupkan dan memasukkan pola sandi baru. Setelah itu kita konfirmasi pola dan pilih "berikutnya".

Agar lebih praktis bisa juga ditambahkan dengan fitur sidik jari, tentunya jika smartphone kita sudah memiliki fitur tambahan tersebut.



3. Nah untuk mengaktifkan fitur kunci aplikasi maka caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu menggeser tombol yang ada disebelah aplikasi dengan melakukan tap satu kali sehingga indikator yang tadinya nonaktif kemudian akan berubah menjadi aktif (berwarna biru).



Hingga langkah diatas maka proses penguncian pun telah berhasil dilakukan, dan untuk memastikannya kita bisa langsung tes di aplikasi yang sudah dipilih untuk dikunci.

Catatan : Jika kita ingin mematikan atau menonaktifkan fitur kunci aplikasi ini, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memilih icon roda gigi yang berada di sebelah kanan atas > lalu di bagian menu "kunci apl" kita nonaktifkan dengan melakukan tap satu kali > lalu pilih "oke".



Penutup

Selain bisa digunakan untuk mengunci sebuah aplikasi, di menu Kunci Aplikasi ini kita juga dapat melakukan hal yang lain seperti menyembunyikan notifikasi yang muncul dari suatu aplikasi, hingga menyembunyikan icon aplikasi yang berada di menu app drawer.
Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Mengunci Aplikasi di Smartphone Xiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Jangan lupa juga jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung berkomentar di kolom komentar yang telah tersedia dibawah. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close