Cara Mengetahui Jenis Font Huruf dalam Tulisan atau Gambar


Font di dalam sebuah tulisan perangkat digital seperti komputer maupun di internet merupakan bagian dari seni gaya huruf yang dapat merepresentasikan sebuah arti dari tulisan itu sendiri. Sehingga penggunaan dari jenis font yang berbeda, maka akan menimbulkan kesan dan arti yang berbeda pula.

Sebagai contoh, pada saat kita akan menulis di sebuah karya ilmiah seperti skripsi, maka font yang digunakan haruslah memiliki bentuk simpel namun tetap formal dengan huruf yang mudah untuk dibaca oleh orang lain. Salah satunya yang sering digunakan yaitu font times new roman.

Demikian juga pada saat kita akan membuat sebuah gambar poster atau meme misalnya, maka font yang digunakan pun harus disesuaikan sedemikian rupa dengan tema dan kebutuhannya agar tetap terlihat menarik untuk dibaca oleh orang yang melihat.

Gaya huruf ini tentu banyak sekali jenisnya tergantung dari program atau aplikasi apa yang sedang kita gunakan. Bahkan karena terlalu banyaknya, mungkin bisa jadi kita tidak akan mengetahui semua font yang sudah diciptakan.

Oleh karena itu, terkadang pada saat kita sedang membaca tulisan di artikel sebuah website maupun di dalam sebuah gambar poster, kita mungkin sesekali penasaran dengan font yang sedang kita lihat tersebut dan bahkan juga ingin mengetahui serta menggunakannya.

Nah bila hal itu terjadi, maka tenang saja karena kita dapat dengan mudah untuk mengetahui jenis font hanya dengan melihat dari sebuah gambar atau tulisan. Dan untuk mengetahui bagaimana cara mengetahuinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah

1. Langkah pertama tentu saja kita siapkan terlebih dahulu contoh tulisan yang ingin diketahui jenis fontnya, dan dalam hal ini harus dalam berbentuk file gambar. Jadi jika tulisan terdapat di dalam sebuah buku maupun poster maka kita bisa memfotonya terlebih dahulu.

Namun jika contoh tulisan terdapat di perangkat digital seperti komputer atau smartphone maka kita bisa dengan mudah melakukan screenshot pada objek tulisan tersebut.



2. Selanjutnya kita masuk ke halaman website myfonts.com/WhatTheFont. Lalu kita pilih menu "or click here to upload an image" untuk memasukkan gambar yang sudah dipersiapkan tadi sebelumnya.

Atau jika kita menggunakan PC dekstop maka bisa dengan melakukan drag gambar agar lebih praktis.



3. Tunggu beberapa untuk proses pemindaian gambar, setelah itu kita pilih satu atau beberapa kalimat yang ingin diketahui jenis hurufnya. Sebagai contoh disini kita ambil tulisan "Instagram".



4. Jika sudah lalu kita pilih icon/simbol panah menunjuk kearah kanan yang berada ditengah bertuliskan "Click here to identify the selected font!".

Hasilnya kita bisa melihat bahwa font dari tulisan "Instagram" termasuk dari jenis font Karlie reguler.



Tidak hanya itu saja, kita pun akan diberikan beberapa pilihan jenis font lain yang dianggap menyerupai dari font Karlie reguler seperti font skyr pro, scritta nuova black, blue vinyl, Billabong Bold, dan tentunya masih banyak lagi.

Sementara itu harga yang tertera di bagian sebelah kanan menunjukkan bahwa font tersebut merupakan jenis font komersil yang harus kita beli untuk bisa menggunakannya, sedangkan jika tidak tertera harga maka font tersebut merupakan jenis font gratis yang bisa digunakan oleh semua orang secara bebas.

Tips : Jika ingin hasil yang didapat presisi dan akurat maka pada saat kita melakukan pemilihan huruf yang sedang kita cari sebaiknya dilakukan cukup dengan memilih sampel satu kata saja tidak usah satu kalimat apa lagi satu paragraf penuh.

Selain itu diusahakan juga kualitas dari foto maupun screenshot tulisan harus baik dan jelas agar hasil pemindaian pun dapat lebih maksimal.


Penutup

Selain dari website myfont tadi, untuk mengetahui jenis dari sebuah huruf ini maka sebagai alternatif lainnya kita bisa juga menggunakan website dari Fontspring: font matcherator. Kedua website tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

Jika contoh tulisan yang ingin diketahui jenisnya itu berbentuk sebuah logo, simbol, poster, dsb maka disarankan untuk menggunakan fitur dari myfont saja.

Namun jika contoh tulisan yang ingin diketahui itu berbentuk sebuah kalimat tulisan seperti di dalam buku atau artikel blog maka disarankan untuk menggunakan fitur dari Fontspring: font matcherator.

Baca Juga : Cara Mengubah Font Tulisan Caption Instagram

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Mengetahui Font Huruf dalam sebuah Gambar atau Tulisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Jangan lupa juga jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang sudah tersedia. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close