Cara Memasang Kotak Pencarian Google CSE di Blogspot


Navigasi dalam sebuah blog atau website memang sangat krusial sekali kehadirannya. Bahkan bagi para praktisi SEO kehadiran bilah navigasi yang baik dianggap sangat penting karena dapat menunjang blog kita agar menjadi SEO friendly.

Hal ini tidak terlepas karena dengan adanya menu navigasi tersebut, maka akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dalam berselancar, dan hal itu tentunya akan berakibat pada pengunjung yang menjadi lebih betah untuk berlama-lama membaca di blog kita.

Adapun salah satu elemen navigasi yang tidak boleh tertinggal dan bisa dikatakan wajib ada dalam sebuah blog, yaitu bilah pencarian atau biasa juga dikenal dengan istilah search box.

Dengan kotak pencarian ini maka pengunjung dapat dimudahkan untuk mencari setiap artikel yang ada di blog kita. Cukup dengan memasukkan kata kunci tertentu, maka para pengunjung pun dapat langsung menemukan artikel yang dimaksud.

Kabar baiknya adalah google telah mempunyai fitur kotak pencarian seperti itu. Nama fitur tersebut biasa dikenal dengan sebutan Google custom search engine atau google cse. Adapun nama lain dari fitur ini dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan mesin telusur khusus.

Nah kelebihan dari kotak pencarian yang satu ini yaitu hasil pencarian yang didapat bisa sangat relevan jika dibandingkan dengan kotak pencarian yang lainnya.

Kita mungkin sudah tahu sendiri bukan bagaimana kinerja dari mesin pencari google yang sangat superior itu. Nah kurang lebih seperti itulah kinerja yang dimiliki dari kotak pencarian buatan google tersebut.

Selain untuk membantu pengunjung dalam mencari sebuah artikel, salah satu manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari menggunakan fitur ini yaitu kita juga bisa menghasilkan uang. Ya, karena pada dasarnya fitur ini sudah terintegrasi secara langsung dengan google adsense.

Jadi jika pengunjung melakukan pencarian dan kemudian mereka mengklik iklan yang muncul di hasil pencarian tersebut, maka otomatis kita akan mendapatkan bayaran. Hal ini tentu bisa membantu kita dalam memaksimalkan penghasilan dari google adsense. 

Dan untuk mengetahui cara memasang fitur yang berupa kotak pencarian tersebut, maka kita bisa langsung menyimak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Kotak Pencarian Google Custom Search Engine (CSE)

1. Langkah pertama yaitu login ke dalam akun google adsense kita terlebiih dahulu.

2. Setelah masuk ke bagian dashboard adsense, lalu kita pilih menu "iklan" > kemudian pilih "menurut unit iklan".



3. Selanjutnya bada bagian Buat unit iklan baru kita pilih "Mesin telusur".



4. Jika sudah lalu isi dibagian beri nama unit iklan. Lalu pada bagian apa yang ditelusuri, pilih saja seluruh Web.

Setelah itu lalu pilih "Buat".



5. Selanjutnya salin seluruh cuplikan script kode yang muncul, lalu pilih "selesai".



6. Buka dashboard blogspot kita, lalu masuk ke menu "tata letak" > pilih "tambahkan gadget" > pilih tambahkan "HTML/Javascript" > lalu pastekan kode yang telah kita copy tadi pada bagian konten.



Jika sudah, lalu piih save pada pengaturan blog tersebut dan untuk bisa melihat hasilnya, maka langsung saja buka halaman dari blog kita.




Selain dapat memudahkan pengunjung untuk berselancar di halaman kita. Dengan cara ini juga, kita dapat menghasilkan profit tambahan dari iklan yang diklik dari hasil pencarian yang telah dilakukan oleh visitor.  

Demikianlah tutorial tentang Cara Memasang Kotak Pencarian Google CSE di Blogspot Terbaru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close