Cara Mematikan PC Komputer Hanya Sekali Klik


Jika pada postingan sebelumya kita sudah pernah membahas tentang cara mematikan PC komputer windows dengan cepat hanya memanfaatkan tombol pada keyboard.

Maka pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba mengulas tutorial yang hampir mirip dengan tips diatas, yaitu sama-sama mengenai cara singkat menonaktifkan perangkat desktop atau laptop juga.

Namun tentu dengan menggunakan tutorial yang sedikit agak berbeda. Dimana pada proses atau tahapan yang akan dilakukan kali ini, dapat lebih praktis lagi bahkan cukup dengan hanya melakukan satu kali klik saja. Wow sangat cepat bukan?

Lalu sebenarnya untuk apa mematikan komputer dalam waktu yang cepat, toh lewat cara normal seperti biasa juga sudah dirasa sangat cukup.

Memang benar, menonaktifkan perangkat PC dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan tombol menu start windows lalu kemudian pilih menu shutdown.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua orang selalu dalam kondisi yang santai dan sama setiap harinya. Kadangkala ada saja momen dimana kita dihadapkan pada kondisi yang urgent dan diharuskan untuk mematikan perangkat PC dalam waktu yang sangat ringkas sepersekian detik saja.

Nah jika kita berada pada momen-momen krusial seperti itu, maka sudah pasti dengan melakukan cara pintas bisa menjadi salah satu solusinya. Tentu semakin cepat, malah semakin baik pula bukan.

Oleh karena itu, tips ini mungkin dapat sangat bermanfaat terlebih bagi mereka yang sering menghadapi situasi terburu-buru seperti itu.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Munculkan Tombol Shutdown Komputer Satu Kali Klik

Agar bisa mengaktifkan tombol shutdown sekali klik ini, maka kita sebelumnya harus membuat menu icon shortcut terlebih dahulu.

1. Langkah pertama kita lakukan klik kanan pada tampilan utama menu desktop > lalu setelah itu pilih New > kemudian pilih menu Shortcut.



2. Selanjutnya akan muncul kotak jendela baru, nah pada menu isian yang ada dibawah Type the location of the item kita ketik dengan tulisan berikut :

shutdown -s -t 0

Jika sudah lalu tekan tombol Next > kemudian tekan tombol Finish.



3. Agar tampilan menu shutdown dapat terlihat lebih menarik dan tidak tertukar dengan aplikasi lain yang mungkin memiliki simbol yang sama, maka kita bisa ganti bentuk icon tersebut dengan yang lebih bagus. Caranya kita klik kanan pada shortcut tersebut > lalu pilih properties.

Setelah itu pilih menu Change Icon > jika muncul notifikasi kita pilih OK saja > lalu ubah menu icon sesuai dengan yang diinginakan. Jika sudah pilih OK dua kali.



4. Lalu agar shortcut ini bisa berfungsi cukup satu kali klik saja, kita harus memindahkan shorcut tersebut ke bagian menu taskbar yang ada dibagian bawah. Caranya cukup dengan melakukan drag atau seret icon tersebut ke arah taskbar.

Jika sudah, maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


Dan jika ingin mematikan perangkat komputer desktop maupun laptop, langsung saja cukup dengan mengklik tombol yang sudah kita buat tadi satu kali, dan perangkat PC pun akan langsung nonaktif dengan seketika.




Bagaimana mudah bukan? Demikianlah artikel pada postingan simpel kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Dan apabila ada yang ingin ditanyakan, atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya. Maka bisa langsung saja disampaikan, pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih, dan sampai berjumpa kembali pada artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close