Jenis-jenis Kaca Pada Smartphone Serta Kelebihannya


Layar dalam sebuah smartphone memang menjadi salah satu elemen terpenting dalam penggunaan smartphone itu sendiri. Karena kita tahu hampir semua input dan navigasi yang dilakukan untuk mengoperasikan smartphone semuanya itu berasal di area layar smartphone yang dilakukan dengan cara menyentuhnya.

Bahkan saking utamanya sebuah layar smartphone, umumnya ponsel smartphone yang diproduksi saat ini kebanyakan sudah mengadopsi penggunaan layar yang hampir memenuhi seluruh bagian muka smartphone.

Tombol navigasi seperti home dan recent app perlahan sudah mulai dihilangkan, dan bagian kamera depan yang dikhususkan untuk selfie pun oleh beberapa brand sudah mulai diganti menjadi kamera dengan sistem motoris yang bisa secara otomatis untuk muncul dan disembunyikan.

Namun disisi lain kehadiran layar smartphone yang ukurannya semakin lebar dan semakin luas tersebut tentu hal itu juga akan memperbesar resiko kerusakan yang didapat, utamanya ketika mengalami benturan maupun goresan akan benda-benda tajam.

Oleh karena itu, sebuah smartphone yang baik saat ini haruslah sudah memiliki perlindungan yang kuat agar bila terjadi hal demikian, maka layar smartphone pun tidak akan cepat rusak.

Nah dalam masalah perlindungan kaca tersebut, setidaknya terdapat beberapa jenis layar kaca yang sudah sering digunakan dalam pembuatan sebuah smartphone.

Apa saja jenis layar kaca tersebut, dan apa kelebihan nya dari masing-masing produk yang ada tersebut? Maka untuk mengetahui nya langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Jenis-Jenis Kaca Pelindung Smartphone


1. Gorilla Glass

Kaca pelindung jenis pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Ya, karena produk kaca yang satu ini memang sering terdengar namanya ketika para reviewer gadget mengulas sebuah smartphone. Merek smartphone dari brand ternama hampir semua nya selalu menggunakan produk dari Gorilla glass ini. 

Gorilla glass merupakan kaca yang dibuat oleh perusahaan Corning asal Amerika serikat. Kaca Gorilla glass ini sangat terkenal dengan ketangguhannya. Desain dari kaca dibuat setipis mungkin dengan tebal rata-rata dibawah 1 mm. Meskipun tipis namun ketahanan dari kaca tersebut sangat kuat dan tidak mudah tergores oleh benda-benda yang tajam.

Saat ini produk dari Gorilla glass sudah memiliki enam varian produk dari mulai Gorilla glass 1 hingga Gorilla glass 6.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk ini yaitu:
  • Ketebalan yang sangat tipis sehingga memungkinkan tampilan dilayar smartphone bisa tetap jelas dan responsif ketika disentuh,
  • Bahan material tidak gampang tergores oleh benda-benda berbahan logam yang ada disekitar kita seperti kunci, uang logam, gunting, dsb,
  • Tahan benturan hingga ketinggian sekitar 1 meter (kurang lebih selama 15 kali benturan),
  • Bahan kaca mudah dibersihkan dan ramah lingkungan.


2. Dragontrail

Selanjutnya ada kaca Dragontrail yang diproduksi oleh perusahaan Asahi glass company asal Jepang. Produk yang satu ini memang tidak setenar produk corning Gorilla glass.

Pun demikian dari hasil produksi nya yang kebanyakan hanya digunakan di smartphone kelas menengah dan hanya beberapa saja yang digunakan di kelas flagship.

Namun untuk masalah kualitas tidak usah diragukan lagi. Bisa dibilang kaca buatan perusahaan Asahi ini memiliki kualitas yang serupa dengan yang dimiliki oleh kompetitor utamanya yaitu corning gorilla glass.

Kaca Dragontrail yang tertipis saat ini memiliki ketebalan hanya sekitar 0,5 mm saja. Ketahanan akan goresan pun sudah dimiliki oleh produk yang satu ini. Adapun varian dari kaca Dragontrail yang sudah hadir saat ini yaitu varian Dragontrail biasa, Dragontrail X, dan Dragontrail pro.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk Dragontrail yaitu :
  • Mampu menahan bobot hingga berat sekitar 60kg dari ketebalan kaca yang hanya 1 mm saja,
  • Bahan material lebih fleksibel sehingga tidak mudah pecah atau retak,
  • Harga cenderung lebih murah dibandingkan kaca sejenis,
  • Bahan ramah lingkungan.


3. Sapphire

Perkembangan kaca dari smartphone memang selalu terus menghadirkan inovasi. Salah satunya yaitu dengan hadirnya kaca pelindung smartphone yang terbuat dari bahan Sapphire atau safir.

Adapun sebagai produsen yang telah membuat jenis kaca pelindung ini yaitu perusahaan bernama GT Advanced.

Sapphire merupakan salah satu bahan mineral terkuat yang ada di bumi setelah berlian. Hal itu membuat sapphire sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai bahan baku dari kaca smartphone.

Ada beberapa gadget yang diketahui sudah menggunakan kaca jenis ini yaitu seperti smartphone Vertu ti, lensa kamera iPhone, dan smartwatch apple.

Baca Juga : Teknologi Lifi, Jaringan Wireless Internet dengan menggunakan Cahaya Lampu

Namun dari itu semua ada salah satu hal yang mengganjal, yaitu harganya yang relatif cukup mahal sehingga banyak produsen smartphone yang tidak banyak untuk menggunakan material tersebut.

Apalagi saat ini pengembangan jenis kaca lain seperti gorilla glass dan Dragontrail glass sudah sangat maju, yang membuat ketahanan nya pun dapat hampir menyamai kaca jenis sapphire.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh material sapphire:
  • Lebih tahan gores dibandingkan dengan jenis kaca lainnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bahan ini tahan gores sepenuhnya,
  • Tidak mudah pecah dan tahan tekanan jauh lebih kuat dari jenis kaca smartphone lainnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close