Inilah Asal Usul Nama dari Olahraga Badminton


Tahukah anda tentang olahraga Badminton?
 Pastinya mayoritas dari orang Indonesia akan mengenal cabang olahraga ini. Ya kita tahu bahwa badminton atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah bulutangkis merupakan salah satu cabang dari olahraga yang cukup populer khususnya bagi negara-negara di Asia.

Badminton merupakan salah satu olahraga yang sudah ada sejak lama, dimana peraturannya sangat sederhana yaitu para pemain dua atau lebih harus berhadapan untuk saling memukul cock agar cock tersebut dapat menyeberang net dan harus jatuh masuk di arena lawan.

Di Indonesia sendiri olahraga badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati. Ini bisa dilihat dari banyaknya prestasi yang di dapat setiap tahunnya dari cabang olahraga satu ini.

Banyak atlit-atlit badminton kelas dunia yang berasal dari negara Indonesia, sebut saja seperti Rudy Hartono, Susi Susanti, Taufik Hidayat, hingga Hendra Setiawan.

Ditambah lagi bagi Indonesia sendiri, Badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang secara rutin selalu memberikan medali emas pada setiap gelaran Olimpiade sejak tahun 1992, kecuali di Olimpiade London tahun 2012 yang saat itu Indonesia harus gigit jari tidak mendapatkan medali satupun dari cabang olahraga ini.

Namun pernahkah anda bertanya kenapa nama olahraga tersebut diberi nama Badminton?


Awal Mula Kenapa Dinamai dengan Badminton

Jika kita bertanya mengenai sejarah asal usul dari permainan badminton, maka akan ada banyak sekali versi dari sejarah permainan tepok bulu tersebut. Ada versi yang menyatakan bahwa Badminton berasal dari negara Mesir yang sudah dimainkan sejak 2000 tahun yang lalu.

Versi yang lain berpendapat bahwa olahraga badminton justru berasal dari negara Cina dengan nama jianzi, dan ada pula yang berpendapat bahwa badminton itu berasal dari Inggris bahkan India dengan nama olahraga yang berbeda-beda di tiap-tiap negara tersebut.

Meskipun tidak ada yang benar-benar dapat memastikan tentang asal usul dari mana olahraga badminton itu berasal. Namun satu hal yang pasti dan tidak bisa diperdebatkan lagi adalah mengenai nama dari olahraga ini yaitu "Badminton".

Jika melihat sejarah maka kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa kata badminton sendiri merupakan kata yang berasal dari sebuah bangunan istana tua yang bernama Badminton House yang terletak di Gloucestershire, Inggris.

badminton house, sumber: https://bwfbadminton.com

Badminton house merupakan sebuah bangunan tempat tinggal dari kediaman Duke of Beaufort dan keluarganya. Dahulu sekitar tahun 1870-an di tempat itu banyak orang-orang yang bermain permainan yang dinamakan Battledore and Shuttlecock.

Aturan permainan ini cukup sederhana yaitu dua orang yang saling berlawanan diharuskan untuk saling memukul cock dengan menggunakan sebuah tongkat kayu secara bergantian dimana cock tersebut tidak boleh jatuh ke lantai.

Seiring berjalannya waktu permainan tersebut ternyata mulai menyebar ke masyarakat yang berada di sekitar badminton house tersebut berada. Dan karena banyak masyarakat yang memang tertarik, maka keluarga Duke of Beaufort pun kemudian melakukan modifikasi agar permainan tersebut dapat lebih enak untuk dimainkan.

Nah permainan hasil dari modifikasi inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari olahraga badminton modern. Sedangkan nama dari bangunan istana tersebut kemudian diabadikan menjadi nama dari olahraga ini yaitu "Badminton".


Mengenal Lebih Jauh Sejarah Badminton House

Badminton house seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya merupakan sebuah nama bangunan istana yang terletak di wilayah Gloucestershire, Inggris.

Biasa juga dikenal dengan sebutan Badminton Estate, tempat ini merupakan wilayah dari tanah milik kerajaan Inggris yang cukup luas dengan total area sekitar 52.000 ha. Bangunan ini sudah ada sekitar abad ke-13 M, dan baru mulai digunakan oleh kediaman keluarga Duke of Beaufort yaitu sekitar abad ke-17 M.

ruangan ballroom badminton house, sumber: https://scenetherapy.com

Bangunan bergaya abad pertengahan ini awalnya dimiliki oleh keluarga Boteler. Lalu sekitar tahun 1612 bangunan tersebut dibeli oleh Edward Somerset yang merupakan seorang keturunan bangsawan bergelar Earl of Worcester keempat.

Tidak lama setelah itu badminton house kemudian diberikan kepada anaknya Sir Thomas Somerset, dan pada masa inilah bangunan badminton house banyak melakukan perubahan-perubahan.

Pada tahun 1682 setelah adanya restorasi akibat perang saudara yang terjadi di Inggris pada waktu itu, Raja Charles II kemudian mengangkat sepupu dari Sir Thomas Somerset yaitu Henry Somerset Marquess of Worcester ketiga sebagai Duke of Beaufort.

Pengangkatan ini diberikan sebagai hadiah atas jasanya yang telah menangani perang sipil. Maka sejak saat itulah badminton house kemudian secara resmi dimiliki oleh keluarga Duke of Beaufort hingga sekarang ini.

salah satu kamar tidur badminton house, sumber: https://scenetherapy.com

Raja dan Ratu Inggris pun beberapa diantaranya sudah ada yang pernah berkunjung ke badminton house ini, seperti misalnya Raja Charles II, serta Ratu Mary istri dari Raja George V yang sempat tinggal disana akibat dari adanya perang dunia kedua.

Baca Juga : Penggunaan Teknologi Hawkeye dalam Olahraga Bulutangkis

Saat ini badminton house sudah dibuka secara umum, bagi mereka yang ingin melakukan tour pribadi di tempat ini. Namun meskipun demikian ada beberapa bagian yang memang masih digunakan sebagai tempat pribadi para anggota kerajaan.

Selain sebagai tempat tour, terkadang badminton house pun digunakan sebagai tempat untuk mengadakan beberapa acara seperti pesta pernikahan, acara pemotretan dan berbagai kegiatan lainnya yang bisa disewa di tempat ini.

Bahkan anggota kerajaan Inggris sering menggunakan area di sekitar badminton house ini sebagai tempat untuk melakukan ujian berkuda.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close