5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Pergi Liburan


Menjalani liburan memang suatu hal menyenangkan dan merupakan momen yang paling ditunggu oleh banyak orang.

Namun dalam melaksanakan liburan tentu tidak boleh sembarangan. Kita perlu mempersiapkannya dengan matang agar liburan yang kita jalani tersebut dapat memberikan kesan yang manis dan tak terlupakan.

Nah untuk itu berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam mempersiapkan sebelum kita berangkat liburan.


Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Liburan


1. Destinasi Liburan

Saat kita akan pergi liburan tentu hal utama yang harus disiapkan yaitu tujuan atau tempat destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dalam hal ini usahakan pilihlah destinasi liburan yang sesuai dengan keinginan kita dan tentunya juga tidak melebihi dari budget yang kita miliki. 


Nah untuk dapat mengatasi dan memperlancar hal itu maka tidak ada salahnya jika kita mulai membuat itinerary atau rencana perjalanan kita sendiri. Ketika kita sudah menentukan tentang destinasi kota yang akan kita singgahi, selanjutnya buatlah list mengenai tempat-tempat wisata mana saja yang kira-kira cocok untuk kita kunjungi.

Hal ini dapat memudahkan kita dalam menyusun anggaran yang diperlukan, tentu agar rencana liburan tidak melebihi dari budget yang kita miliki. 

Namun jika membuat rencana perjalanan sendiri dianggap terlalu berat maka tidak ada salahnya jika kita mencoba menggunakan Jasa agen perjalanan wisata.

Ya, dengan menggunakan jasa agen travel ini kita akan jauh lebih praktis dalam merencanakan liburan. Kita dapat dengan mudah memilih berbagai paket wisata yang dapat disesuaikan dengan budget kita.


2. Transportasi dan Akomodasi

Setelah tujuan dari liburan kita telah ditentukan, maka hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan yaitu tentang masalah transportasi dan akomodasi. Jika kita memilih menggunakan jasa agen travel tentu hal ini tidak akan menjadi masalah berarti. Namun jika kita memutuskan pergi liburan secara mandiri tentu hal ini harus dipersiapkan secara matang.

Pertama untuk masalah akomodasi sebaiknya pilihlah tempat penginapan yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Beberapa pertimbangan dalam mencari tempat akomodasi yang baik yaitu jika tempat penginapan tersebut berada di dekat layanan fasilitas umum seperti rumah sakit, kantor polisi, tempat tujuan wisata, dan street food.

Kedua tentukanlah jenis transportasi apa yang akan kita gunakan saat pergi liburan, apakah akan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya pastikan agar kendaraan tersebut dalam kondisi yang prima.

Sedangkan jika menggunakan transportasi umum maka cobalah untuk memulai mempersiapkannya dengan cara melihat-lihat harga tiket yang ada. Bahkan bila dirasa sudah pas kita bisa memesan tiket transportasi maupun akomodasi jauh-jauh hari sebelum kita melaksanakan keberangkatan.

Hal ini bertujuan untuk menyiasati dari harga tiket yang sewaktu-waktu dapat berubah menjadi semakin mahal, apalagi jika kondisinya memang sudah mendekati waktu liburan tiba.


3. Perbekalan dan Uang Cash

Perbekalan disini merupakan bagian dari perlengkapan yang harus kita bawa saat pergi liburan. Usahakan bawalah barang-barang yang kita anggap penting untuk dibawa dengan tanpa membawa barang secara berlebihan.

Bila perlu buatlah daftar barang-barang yang harus dibawa sebelum kita berangkat. Hal ini tentu dapat mempermudah kita agar saat kita pergi dan pulang liburan tidak ada satupun barang yang tertinggal.

Selain itu saat kita sedang berlibur usahakan juga membawa uang cash yang cukup banyak namun tidak berlebihan. Hal ini sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu alat transaksi digital yang kita miliki seperti kartu ATM tidak bisa digunakan, karena jika hal itu terjadi tentu akan sangat merepotkan apalagi jika posisi kita sedang pergi liburan ke luar negeri.


4. Kondisi Badan

Hal yang tak kalah penting saat menjalani liburan tentu adalah kondisi badan kita sendiri. Karena jika kita mengalami sakit saat menjalani liburan maka itu akan mengganggu agenda liburan yang sedang kita jalani dan tentu liburan kita pun akan menjadi kurang berkesan.

Untuk itu alangkah baiknya sebelum berangkat liburan upayakan agar kita dapat memeriksa kesehatan kita terlebih dahulu. Pastikan bahwa kondisi kita berada dalam keadaan yang prima ketika akan berangkat liburan. Bila perlu bawalah obat-obatan pribadi jika memang kita memiliki riwayat penyakit tertentu.

Selain itu usahakan juga menghindari negara atau wilayah yang memiliki zona merah terhadap suatu wabah penyakit. Hal ini bertujuan agar saat kita kembali liburan kita tidak menularkan penyakit atau wabah virus tertentu.


5. Teman Travelling

Kalo poin yang terakhir ini sebenarnya sangat relatif tergantung dari kebutuhan kita. Saat pergi berlibur dan kita merasa tidak nyaman untuk pergi seorang diri, maka tidak ada salahnya jika kita mengajak teman atau keluarga untuk dijadikan sebagai partner dalam menjalani liburan.

Manfaatnya tentu kita dapat menjadikan partner kita sebagai teman bicara saat berlibur. Selain itu dengan adanya partner dapat pula membantu kita dalam mengatasi setiap masalah yang sewaktu-waktu mungkin terjadi saat liburan sedang berlangsung.

Baca Juga : Sensasi Bermain Air sambil Relaksasi di Darajat Pass Waterpark Garut

Demikianlah tips liburan kali ini tentang 
Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan saat akan pergi liburan. Bagaimana sudahkah anda mempersiapkan liburan kali ini?

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close