Pengertian Agen Perjalanan Wisata dan Manfaatnya


Industri pariwisata belakangan ini memang menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan dan menjadi primadona.

Tak pelak hal itu lah yang kemudian memunculkan roda bisnis yang disebut dengan istilah agen perjalanan wisata atau biasa juga disebut dengan travel agent.

Bak kacang goreng, bisnis ini sangatlah laku keras dan mulai menjamur dimana-mana bahkan di kota kecil sekalipun. Lalu apa penyebabnya?

Hal ini tentu bisa terjadi karena tidak terlepas dari adanya kebutuhan dasar setiap manusia untuk memenuhi hasrat diri dalam memperoleh ketenangan batin mereka.

Nah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi hal itu adalah dengan cara berwisata atau liburan sebagai bagian dalam melepas penat setelah melakukan aktifitas serta rutinitas keseharian mereka.

Berbicara mengenai agen wisata, lalu apa sih sebenarnya pengertian dari agen perjalanan wisata itu?


Pengertian Agen Perjalanan Wisata (Tour Guide)

Menurut Oka Joeti agen perjalanan wisata atau dapat disebut juga tour operator adalah suatu perusahaan yang memiliki kegiatan usaha dalam merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan orang-orang untuk tujuan pariwisata (tours) atas inisiatif dan resiko sendiri.

Adapun tujuannya tentu saja yaitu untuk mengambil suatu keuntungan dari penyelenggaraan perjalanan tersebut.

Singkatnya dengan adanya agen perjalanan wisata ini dapat memudahkan kita dalam merencanakan setiap liburan yang akan kita jalani dapat lebih terjadwal.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang dapat dirasakan jika kita menggunakan jasa Agen Perjalanan Wisata? Berikut ini adalah penjelasannya.


Manfaat Menggunakan Jasa Agen Perjalanan Wisata

Tentunya banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan saat kita memutuskan untuk menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Perjalanan Nyaman dan Terencana

Bagaimanapun juga ketika kita akan pergi liburan hal utama yang ingin kita cari adalah rasa nyaman dan aman dalam menjalani sebuah liburan. Kita selalu ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan dan tak terlupakan.

Dengan adanya agen perjalanan wisata, maka kita akan mendapatkan fasilitas yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman tersebut, seperti hotel yang representatif, transportasi yang nyaman dan lain sebagainya.

Selain itu dengan menggunakan jasa agen perjalanan wisata maka umumnya kita juga akan mendapatkan jadwal perjalanan wisata atau itinerary yang terencana.


Hal itu pastinya dapat berguna dan memudahkan kita dalam mengetahui setiap destinasi wisata apa saja yang akan kita kunjungi. Sehingga tentu kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memikirkan tujuan wisata berikutnya setelah kita selesai dalam mengunjungi suatu objek wisata tertentu.


2. Efisiensi Waktu dan Akomodasi

Saat akan pergi liburan biasanya kita akan disibukkan dengan mencari sesuatu hal yang berkaitan dengan rencana liburan kita seperti misalnya destinasi wisata, tiket pesawat, akomodasi hotel hingga tempat makan. 

Namun jika anda memutuskan untuk menggunakan agen perjalanan wisata tentu kita tidak perlu khawatir lagi, karena biasanya hal itu akan diurus oleh pihak travel sendiri.

Kita hanya perlu menyesuaikan paket wisata yang akan kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita baik itu dari segi masalah harga maupun destinasi wisata yang akan dituju.

Bahkan untuk sekarang ini dalam melakukan registrasi kita sudah diberikan kemudahan yang lebih praktis lagi dengan tanpa harus pergi keluar rumah.

Kita dapat dengan nyaman mendaftar kepada agen dengan melalui cara online yang tentu hal itu akan sangat menghemat waktu.


3. Pemandu Wisata (Tour Guide)

Dalam agen perjalanan wisata biasanya akan disediakan satu atau lebih pemandu wisata dalam setiap perjalanannya. Keuntungan dengan adanya pemandu wisata ini adalah pertama kita tidak akan mudah untuk tersesat.

Kedua kita juga akan mendapatkan banyak informasi dari setiap destinasi wisata yang kita kunjungi, karena terkadang di beberapa objek wisata tidak terdapat papan informasi atau bahkan terkendala bahasa dari papan informasi tersebut.

Dengan adanya pemandu wisata tentu kita dapat dengan mudah untuk menanyai secara langsung tentang seluk beluk suatu objek wisata tersebut.

Terakhir dengan adanya pemandu wisata kita dapat juga menyelesaikan beberapa masalah kecil yang mungkin tidak dapat kita selesaikan sendiri seperti masalah makanan maupun tempat menginap.


4. Biaya Murah

Terkadang ada beberapa orang yang ketika pergi liburan biasanya mereka ingin pergi secara mandiri tanpa bantuan agen perjalanan wisata. Alasannya adalah karena mereka ingin menghemat biaya perjalanan saat liburan.

Pada kenyataannya hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena jika kita memutuskan untuk pergi liburan secara mandiri itu artinya biaya yang akan dikeluarkan pun biasanya belum pasti yang terkadang justru membengkak akibat adanya biaya-biaya tertentu diluar perencanaan. 

Berbeda jika kita menggunakan jasa travel agent hal itu kemungkinan besar tidak akan terjadi. Semuanya sudah menjadi tanggung jawab pihak agen yang telah disesuaikan dengan paket wisata yang kita pilih. 
Bahkan terkadang untuk souvenir pun sudah termasuk terkecuali untuk oleh-oleh.

Apalagi untuk sekarang ini perusahaan agen perjalanan wisata sudah banyak menjamur, yang tentunya hal itu membuat kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan harga dan fasilitas yang ditawarkan. 
Sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki.


5. Asuransi Perjalanan

Satu hal yang biasanya tidak bisa kita dapatkan saat liburan tanpa menggunakan jasa agen travel adalah asuransi perjalanan. Ya, memang sekarang ini sudah mulai banyak agen travel yang sudah bekerjasama dengan pihak asuransi.

Tujuannya adalah agar ketika terjadi sesuatu kejadian yang tidak diinginkan semuanya sudah dapat tercover oleh asuransi. Hal ini tentunya akan menambah paling tidak sedikit rasa aman pada diri kita pada saat melakukan perjalanan wisata.

Baca Juga Tips Aman dan Nyaman Berlibur Menggunakan Jasa Agen Perjalanan Wisata

Demikianlah manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari adanya agen perjalanan wisata. Memang semua itu adalah tergantung pilihan kita masing-masing.

Mau menggunakannya atau tidak, yang jelas hal terpenting yang harus ada pada saat liburan adalah ketika kita selalu mendapatkan pengalaman mengasyikan dan tak terlupakan.   

Selamat Berlibur!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close