Aplikasi Smartphone yang Berguna Saat Pergi Liburan


Pergi liburan memang merupakan sesuatu yang menyenangkan. Namun jangan salah, jika liburan itu tidak dipersiapkan dengan baik tentu liburan yang seharusnya bisa menyenangkan malah bisa menjadi sebaliknya.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ingin pergi liburan, tentu agar hal yang tidak diharapkan itu tidak terjadi ada baiknya jika kita mempersiapkan liburan kita itu dengan sebaik-baiknya.

Nah salah satu langkah yang dapat kita ambil dalam mempersiapkan liburan tersebut yaitu dengan memanfaatkan teknologi sekarang yang sudah semakin berkembang. Kita bisa memulainya dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa dipasang di perangkat smartphone kita.

Aplikasi berikut ini mungkin sangat berguna bagi kita yang ingin melakukan perjalanan liburan, entah itu liburan ke luar negeri maupun hanya di dalam negeri saja. Bahkan bisa dikatakan aplikasi ini wajib di install agar pengalaman liburan kita menjadi semakin menyenangkan. Lalu apa saja aplikasinya? Yuk langsung saja kita simak daftarnya berikut ini.


Aplikasi Smartphone yang Berguna Saat Kita Pergi Liburan


1. Aplikasi Penunjuk Lokasi

Liburan tentu tidak jauh-jauh dari yang namanya tempat wisata. Namun adakalanya jika kita mengunjungi suatu tempat yang baru, biasanya kita tidak tahu tentang seluk beluk dari daerah tersebut. Jika hal itu terjadi maka tidak ada salahnya jika kita memasang aplikasi peta di smartphone kita.

Dengan aplikasi seperti ini tentu dapat membantu kita dalam menavigasi lokasi atau tempat wisata yang ingin kita datangi. Kita akan dengan mudah untuk diarahkan ke lokasi tujuan sesuai dengan petunjuk jalan sehingga kita pun tidak akan mudah tersesat.


Fitur lain yang biasanya ada dalam aplikasi jenis ini yaitu rincian informasi mengenai rute mana saja yang sedang mengalami kemacetan. Manfaatnya tentu kita dapat dengan mudah mengganti rute untuk menghindari rute yang sedang macet tersebut. Selain itu biasanya kita juga akan diberikan estimasi waktu perjalanan yang diperlukan untuk dapat sampai ke tempat tujuan.

Terdapat setidaknya dua aplikasi populer yang bisa kita gunakan untuk aplikasi jenis ini yaitu Google Maps dan Waze.


2. Aplikasi Daftar Perlengkapan

Anda seorang pelupa? Jika iya maka tidak ada salahnya jika anda memasang aplikasi yang berhubungan tentang daftar perlengkapan apa saja yang harus dibawa ketika akan pergi liburan. Ya dengan aplikasi jenis ini kita tidak perlu khawatir lagi dengan barang-barang yang akan tertinggal saat kita berangkat atau saat akan pulang liburan.

Seperti layaknya seorang asisten pribadi dengan aplikasi ini maka semua yang menjadi kebutuhan kita akan di catat. Bahkan dengan hanya memberikan informasi tentang liburan kita, maka kita akan diberikan suatu rekomendasi tentang apa saja dari barang-barang yang perlu kita bawa.

Aplikasi jenis ini contohnya seperti aplikasi Pack Point dan Travel list. Namun untuk aplikasi travel list hanya bisa di install di perangkat iphone saja.


3. Aplikasi Akomodasi Penginapan

Pergi liburan tentunya tidak lengkap jika kita tidak menginap. Apalagi jika tempat liburan yang akan kita kunjungi itu berada di tempat yang cocok untuk di tinggali lebih dari sehari, maka penginapan bisa menjadi pilihannya. 

Nah untuk mengakomodir hal itu ada baiknya jika sebelum pergi liburan, kita sudah jauh-jauh hari untuk mempersiapkan tempat untuk menginap. Kita bisa memasang aplikasi yang menyediakan jasa penyewaan tampat penginapan.


Untuk jenis ini sebenarnya banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan, tentunya dengan beragam fitur yang berbeda-beda. Yang jelas dengan aplikasi jenis ini kita bisa menyewa penginapan sesuai dengan budget yang kita miliki mulai dari penginapan mewah seperti hotel, hostel hingga rumah biasa yang dijadikan penginapan oleh pemiliknya.

Kita bisa mengunduh aplikasi jenis ini seperti Traveloka, Trivago, Air BNB, Wego dan lain sebagainya.


4. Aplikasi Kuliner

Berbicara liburan tentu salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan adalah tentang mencoba kuliner khas dari tempat yang kita datangi. Nah untuk mengetahui tempat mana saja atau makanan apa saja yang direkomendasikan, maka tidak ada salahnya jika kita memasang aplikasi yang berhubungan dengan kuliner ini.

Seperti aplikasi Yelp, Zomato, dan Foodspotting mungkin aplikasi tersebut bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui tempat makan atau restoran mana saja yang berada di sekitar kita.


Selain itu adanya fitur rating dan review dari para pengunjung sebelumnya tentu dapat semakin memudahkan kita dalam memilih tempat makan yang ingin dikunjungi.


5. Aplikasi Penerjemah Bahasa

Aplikasi penerjemah bahasa akan sangat berguna sekali khususnya bagi kita yang ingin pergi liburan ke luar negeri. Salah satunya yaitu aplikasi Google Translate yang dapat dengan mudah kita gunakan dan install.

Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah menerjemahkan ratusan bahasa dari berbagai belahan dunia yang tidak kita ketahui. Contohnya yaitu dengan menggunakan fitur voice translate dapat menerjemahkan bahasa dari percakapan yang kita lakukan bersama orang yang berbeda bahasa dengan kita.

Sementara itu fitur lain seperti pemindai gambar pada google translate dapat membantu menerjemahkan tulisan-tulisan asing yang tidak kita mengerti ke dalam bahasa Indonesia seperti misalnya tulisan epang, korea, arab, rusia, dan tulisan lainnya.


6. Aplikasi Kurs Mata Uang

Sama halnya dengan point 5 sebelumnya, aplikasi yang satu ini memang direkomendasikan bagi kita yang ingin pergi liburan ke luar negeri.

Aplikasi kurs mata uang tentu sangat penting, karena dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah mengetahui kurs mata uang terkini dari negara yang sedang kita kunjungi. Apalagi jika kita sedang melakukan transaksi pembelian, tentu prosesnya akan menjadi lebih cepat.

Adapun untuk aplikasi jenis ini ada dua aplikasi yang direkomendasikan yaitu pertama aplikasi bernama XE, dan selanjutnya yaitu aplikasi bernama Coincalc.

Baca Juga : Tips Aman dan Nyaman Berlibur Menggunakan Jasa Agen Perjalanan Wisata

Demikian tips tentang Aplikasi Smartphone yang Berguna Saat Pergi Liburan. Semoga tips ini dapat bermanfaat khususnya bagi teman-teman yang memang sedang mempersiapkan liburannya.

Dan jangan lupa, segera pasanglah aplikasi-aplikasi tersebut untuk membantu liburan kalian menjadi semakin mudah dan praktis. Selamat libruran!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close