Cara Memperbesar Tulisan dan Icon Menu di Smartphone


Sebuah smartphone memang seperti sudah menjadi barang kebutuhan pokok sekarang ini. Hampir semua orang dan tidak terkecuali juga di Indonesia sebuah telepon pintar mungkin sudah dimiliki oleh hampir setiap orang, baik dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Khusus bagi orang dewasa yang usianya diatas 40 tahun mungkin terkadang menggunakan smartphone agak sedikit canggung. Selain karena tidak banyak orang di usia mereka yang menggunakan ponsel pintar, juga karena adanya keterbatasan mereka dalam mengoperasikan setiap menu-menu yang ada di dalam smartphone tersebut.

Sebagai contoh ketika mereka ingin mengetik ataupun ingin memilih suatu menu aplikasi mereka biasanya akan sedikit kesulitan. Hal ini terjadi karena tulisan-tulisan maupun icon menu yang ada pada smartphone biasanya secara default memiliki ukuran yang relatif agak kecil bagi mereka.

Bagi para pengguna smartphone terutama yang usianya sudah lanjut seperti diatas, memang sebaiknya pengaturan untuk ukuran tulisan maupun icon diubah menjadi lebih besar agar mereka dapat melihatnya dengan jelas. Hal ini tentu agar mereka tetap nyaman dalam menggunakan sebuah gadget smartphone.

Nah maka dari itu untuk mengetahui bagaimana cara mengubah atau memperbesar ukuran huruf dan icon dalam smartphone langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Memperbesar Tulisan dan Icon Menu di Android

Di sini saya menggunakan contoh ponsel bermerek Xiaomi, namun untuk smartphone merek lain pun kemungkinan memiliki cara yang hampir sama, karena memiliki basic OS yang serupa yaitu Android.

Namun jika dirasa berbeda mungkin anda dapat menggunakan cara alternatif lain yang ada pada tutorial di bawah.

1. Langkah pertama yaitu masuk ke menu Setelan/Pengaturan telepon.



2. Pada kategori setelan sistem kita pilih menu "Setelan Tambahan".



3. Selanjutnya kita pilih menu "Aksesibilitas".



4. Lalu pilih menu "ukuran layar".



5. Langkah terakhir yaitu kita pilih ukuran tulisan dan icon menu sesuai dengan keinginan kita dengan cara menggesernya. Terdapat tiga pilihan ukuran yang dapat kita pilih, dengan ukuran huruf dan icon default biasanya ada pada mode S.



Jika ingin mengubah ukuran menjadi kecil kita hanya perlu menggesernya ke kiri dan sebaliknya untuk membuatnya menjadi lebih besar maka cukup menggeser kearah kanan. Jika sudah jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara memilih tanda centang (ceklis) yang berada di sebelah kanan atas layar smartphone kita.


Alternatif Cara Lain

Bagi anda pengguna merek lain atau mungkin bagi anda pengguna merek xiaomi namun huruf tulisan yang sudah diatur ke posisi maksimal hasilnya masih dianggap terlalu kecil.

Mungkin alternatif lain yang bisa kita coba yaitu dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Salah satunya yaitu aplikasi bernama "Big Font" yang bisa dengan mudah kita download di Google Playstore.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat dengan mudah untuk mengubah  ukuran huruf atau sebuah tulisan di smartphone. Untuk mengubahnya kita cukup masuk ke aplikasi tersebut dan memilih ukuran yang menurut kita paling sesuai lalu pilih "apply".




Beberapa pilihan ukuran huruf yang tersedia secara otomatis yaitu dari mulai 0,85 kali ukuran normal hingga 2,5 kali ukuran normal. Namun jika kita menggunakan mode manual kita bisa mengaturnya hingga ukuran terkecil yaitu 20% dari ukuran normal hingga ukuran paling besar bisa mencapai 10 kali lipat atau 1000% dari ukuran huruf normal.



Demikianlah tips tentang Cara Memperbesar Tulisan dan Icon Menu di Smartphone Android.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close