Tips Membuat Password Medsos agar Tidak Mudah Dibobol


Dimana pun keberadaannya sebuah password atau kata sandi memang merupakan sesuatu yang penting, pribadi dan sangat sensitif. Tidak terkecuali juga di dalam sebuah akun media sosial yang mulai banyak digunakan orang saat ini.

Memang terkesan sedikit remeh, namun dalam praktiknya penggunaan password yang baik dan benar sangatlah dianjurkan. Ini tidak terlepas untuk melindungi data kita dari ulah jahat para hacker. Tentu kita tidak mau bukan akun media sosial kita diretas dan datanya digunakan untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips tentang bagaimana caranya untuk membuat sebuah password yang baik agar tidak mudah dibobol. Caranya bagaimana langsung saja kita simak tips berikut ini.


Tips Membuat Password Akun Media Sosial yang Baik dan Kuat


1. Hindari Menggunakan Password Sama

Kita tahu bahwa hampir setiap orang saat ini pasti memiliki jenis media sosial yang lebih dari satu baik itu berupa facebook, twitter, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya.

Hal itu sebenarnya tidak menjadi masalah sama sekali. Namun ada satu hal yang sering banyak orang lakukan entah itu disadari atau tidak yakni tentang penggunaan password yang dibuat selalu sama di dalam setiap akun media sosial milik mereka. Tentunya hal itu sangat tidak baik karena sangat berbahaya dan rawan.

Alasannya jika suatu saat salah satu akun kita dapat dibobol oleh orang lain, maka kemungkinan besar akun-akun media sosial yang lain pun akan mudah untuk dibobol juga.

Oleh karena itu usahakanlah menggunakan password yang berbeda-beda dalam setiap akun media sosial kita. Meskipun alamat email mungkin boleh sama namun untuk password dianjurkan untuk dibuat berbeda-beda.

Nah agar kita tidak lupa dengan banyaknya password yang kita miliki itu, maka tidak ada salahnya jika kita mulai memanfaatkan aplikasi penyimpan password. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca 4 Aplikasi Penyimpan Password yang Mudah Digunakan.


2. Kombinasi Huruf dan Angka

Banyak orang yang membuat password biasanya dengan menggunakan identitas pribadi yang umum diketahui orang lain seperti tanggal lahir, nomor telepon atau mungkin nama lengkap kita. Hal itu tentu akan sangat riskan sekali karena password jenis seperti itu akan sangat mudah sekali untuk dibobol apalagi oleh orang terdekat kita.

Maka dari itu cara sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat password dengan berbagai macam karakter yang terdiri dari kombinasi antara huruf dan angka.

Sebagai contoh jika kita ingin membuat password dari nama, maka kita dapat membuatnya dengan mengkombinasikan password tersebut bersama karakter angka, misalnya saja nama kita adalah Sodikin maka untuk membuatnya bisa ditulis menjadi Sodikin93 atau agar lebih sulit lagi kita bisa juga membuatnya menjadi seperti tulisan orang alay yaitu S0d1k1n.

Bahkan jika perlu kita juga dapat menggunakan simbol-simbol khusus seperti simbol (-),(+),("),(!), dsb. Termasuk juga antara huruf kapital dan huruf kecil, karena dalam setiap pembuatan password biasanya hal itu akan dianggap berbeda.


3. Memasukkan Lebih Banyak Karakter

Selain menggunakan kombinasi huruf dan angka, tips agar password kita sulit untuk dibobol orang lain adalah dengan menggunakan jumlah karakter yang banyak.

Sebaiknya password yang kita buat tidak kurang dari 8 karakter. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir dari orang yang menebak password kita secara sembarangan. Jadi lebih banyak karakter yang digunakan maka akan lebih bagus.


4. Memasang Verifikasi 2 Langkah

Dalam upayanya untuk semakin memperkuat tingkat keamanan, sekarang ini sudah banyak pemilik platform media sosial yang menambahkan fitur baru berupa verifikasi 2 langkah.

Cara kerja dari fitur ini sangat sederhana yaitu ketika kita akan masuk ke akun media sosial maka kita akan diminta password seperti biasa. Nah setelah itu kita akan diminta juga untuk memasukkan kode tertentu yang biasanya akan dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email kita. 

Memang terlihat sedikit merepotkan, namun cara ini dianggap lebih efektif dalam mengamankan akun media sosial para pengguna agar tidak mudah dibobol.


5. Tidak Sembarang Mengisi Data Diri

Langkah terakhir ini memang tidak berhubungan secara langsung dengan teknis dalam pembuatan password. Namun cara ini sedikitnya dapat membantu dalam mengamankan setiap akun media sosial milik kita. 

Ya cara ini dimaksudkan agar kita tidak boleh sembarangan dalam memasukkan identitas kita di aplikasi, webiste ataupun program tertentu. Trik-trik seperti ini biasa dikenal dengan istilah metode phising.

Sebagai contoh biasanya hal ini terjadi ketika kita sedang melakukan install aplikasi tertentu. Agar bisa masuk lebih mudah dalam aplikasi tersebut maka kita dibolehkan untuk login dengan menggunakan akun medsos yang kita miliki. Nah cara ini sebenarnya terbilang tidak aman, karena data kita rawan untuk diambil dan disalahgunakan.

Tidak masalah jika aplikasi yang kita install tersebut memang sudah terkenal dan terpercaya, namun jika tidak hal ini tentu akan sangat merugikan bagi kita.

Adapun contoh lainnya dari metode phising yaitu seperti melalui email yang masuk, dimana isi dalam email tersebut mengharuskan kita untuk mengisi identitas pribadi seperti alamat email, akun media sosial dan password.

Tentu hal-hal semacam ini perlu diwaspadai, karena jika kita tidak berhati-hati bukan tidak mungkin akun media sosial kita justru akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Mendapatkan atau Mengganti Kode Cadangan di Akun Google

Demikianlah tips tentang Membuat Password Akun Medsos yang Aman agar Tidak Mudah Dibobol. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close