Wisata ke Gua Pawon dan Stone Garden Padalarang Bandung


Bandung terkenal dengan segudang wisatanya yang begitu menarik dan sangat beraneka ragam. Banyak turis dan pelancong yang memilih kota ini sebagai destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburannya.

Apalagi bagi warga Jakarta yang ingin menghabiskan waktu weekend-nya tentu bandung bisa menjadi salah satu opsi terbaik ditambah jarak yang tidak terlalu jauh yang mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangannya.

Ngomong-ngomong soal kota Bandung maka tak ada salahnya juga jika pada kesempatan kali ini kita membahas tentang salah satu destinasi liburan kekinian yang ada di kota kembang tersebut. Adapun salah satu destinasi yang akan dibahas kali ini yaitu sebuah tempat wisata alam bernama Stone garden.

Dari nama seharusnya kita sudah bisa menebak wisata macam apa yang dihadirkan dari destinasi yang satu ini. Ya di tempat ini kita bisa melihat panorama yang begitu indah dan sangat menakjubkan

 Dari mulai hamparan bebatuan karst yang berada berada diatas ketinggian bukit sekitar 900 mdpl ini, hingga pemadnagan persawahan yang diselingi dengan view pegunungan di sekitar bandung.

Yang jelas jika anda pergi kesini akan mengobati mata anda. Apalagi jika mengunjunginya saat menjelang sore makan pemandangan yang ditawarkan pun dijamin akan semakin syahdu.

Stone Garden merupakan salah satu destinasi liburan kekinian di daerah Bandung yang dibuka sekitar tahun 2014 yang lalu. Sejak saat itu pula banyak turis dari berbagai daerah yang mulai berkunjung ke tempat satu ini.

Adapun secara wilayah sebenarnya stone garden tidak persis berada di kota bandung, melainkan tepatnya berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Meskipun berada didaerah pinggiran kota bandung, namun akses untuk ke tempat ini tergolong cukup mudah yaitu hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam saja dari pusat Kota Bandung.

Namun yang perlu diingat adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata satu ini, karena jangan salah meskipun berada di area perbukitan, akan tetapi jika anda mengunjunginya pada waktu siang hari maka terik matahari akan berasa sangat panas sekali. Untuk menghadapi hal itu, maka sebaiknya jika ingin ke tempat ini lebih baik memilih waktu pagi atau menjelang sore hari saja.


Selain itu, masih di area yang sama dengan stone garden, kita juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya yaitu bernama Goa Pawon. Sebuah goa yang terbentuk secara alami dan diperkirakan tempat dimana manusia purba menetap pada waktu itu.

Lokasi ini berada tepat di bawah dari objek stone garden. Jadi jika ingin melihat gua pawon kita hanya perlu turun kebawah dan berjalan kaki sebentar saja.


Sejarah Pembentukan Stone Garden

Tahukah anda? ternyata onjek taman dengan hamparan bebatuan ini juga mempunyai sebuah kisah sejarahnya tersendiri.

Ya seperti yang kita tahu bahwa tempat wisata yang satu ini bukanlah destinasi liburan yang dibuat secara sengaja oleh manusia. Melainkan stone garden adalah bagian dari wisata alam yang awalnya merupakan suatu daerah perbukitan luas dengan memiliki kumpulan bebatuan yang sangat banyak.

Lalu bagaimana proses bebatuan itu bisa muncul? Jika dilihat dari struktur bahan penyusunnya, maka bisa disimpulkan bahwa bebatuan yang ada di stone garden ini merupakan bagian dari hamparan bebatuan karst yang terbentuk dari batuan karang yang berada di dasar laut.

Ya anda tidak salah membaca, karena memang daerah bandung dulunya merupakan sebuah danau luas atau biasa juga disebut dengan cekungan bandung.

Cekungan bandung tersebut berasal dari adanya sebuah letusan gunung sunda yang amat sangat dahsyat di masa lalu. Dimana dari adanya letusan tersebut berakibat terbentuknya sebuah cekungan yang besar.

Seiring berjalannya waktu danau atau cekungan bandung tersebut secara perlahan mulai menyusut dan mengering yang kemudian timbulah sebuah daratan baru yang sekarang ini kita kenal sebagai kota bandung (Bandung Raya).

Adapun salah satu buktinya ya tentu saja dengan adanya peninggalan bebatuan karst ini yang diyakini sudah mulai terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Oleh karena itu, kita tidak usah heran lagi jika bebatuan karst tersebut dapat ditemukan disana.


Akses Lokasi Stone Garden

Akses menuju lokasi dari objek stone garden ini pun tidak lah terlalu susah. Jika kita keluar dari pintu tol Padalarang maka kita tinggal menuju ke arah jalan raya Cianjur-Bandung saja.

Sementara untuk lokasi tepatnya, kita dapat menuju ke objek wisata stone garden ini dengan melalui dua jalur akses yang dapat ditempuh. Pertama yaitu masuk melalui jalur gunung masigit. Jika kita melihat google maps maka yang menjadi patokannya adalah masjid Jami Al-Ikhlas Gunung Masigit yang tepat berada di sisi jalan raya Cianjur-Bandung.

Jika sudah berada disana kita hanya perlu masuk ke jalan gunung masigit dan cukup lurus mengikuti jalan saja. Setelah melihat sebuah pabrik kita ambil belok kiri dan jalan beberapa ratus meter lagi hingga menemukan plang wisata stone garden.

Cara kedua yang dapat kita tempuh yaitu dengan melewati jalur mekar wangi. Kita cukup lurus mengikuti jalan saja hingga menemukan plang bertuliskan situs Gua Pawon. Nah dari sana kita tinggal ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu gerbang masuk. Hanya saja untuk jalur yang kedua ini kita akan masuk terlebih dahulu ke objek wisata gua pawon.

Jadi jika ingin ke tempat stone garden maka kita akan diarahkan ke jalur setapak yang cukup menanjak dan itu sangat seru untuk dilalui.

Goa Pawon

Jadi mau mengikuti jalur yang pertama maupun yang kedua itu tentu terserah anda. Jika anda memang tidak mempunyai banyak waktu dan ingin lebih cepat sampai, maka jalur yang pertama lebih disarankan karena lebih dekat dengan tujuan wisata Stone Garden.

Namun jika anda lebih ingin merasakan sensasi petualangan dengan jarak yang sedikit agak jauh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan jalur yang kedua.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close