Cara Membuat Sitemap Peta Situs di Google Search Console


Sitemap atau jika dalam bahasa Indonesia sering dikenal dengan istilah peta situs merupakan alat atau cara untuk membantu memudahkan mesin pencari dalam menavigasi sebuah blog.

Pengertian dari sitemap sendiri adalah suatu daftar informasi berupa metadata atau halaman pada sebuah website yang berisi tentang kumpulan url website atau blog yang kita miliki.

Bisa dibilang kehadiran sitemap ini sangat penting dalam membantu memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) dari sebuah website.

Singkatnya dengan adanya sitemap atau peta situs ini maka halaman pada website kita akan lebih mudah dan cepat untuk dikenali oleh mesin pencari seperti contohnya Google.

Ketika website atau blog sudah dikenali, maka secara otomatis mesin pencari pun akan segera merayapi (Crawling) dari setiap url halaman yang ada di website kita. Sehingga setiap artikel yang baru kita tulis biasanya akan lebih cepat untuk terindeks. 

Dan pada akhirnya manfaat yang bisa didapatkan dari adanya penggunaan sitemap ini yaitu memberikan kesempatan lebih besar kepada para blogger agar setiap artikel yang mereka tulis bisa berada di halaman pertama hasil pencarian.

Nah selanjutnya yang perlu kita ketahui juga bahwa sitemap atau peta situs ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu sitemap xml dan sitemap html. Keduanya memiliki fungsi yang sama tapi dengan tujuan pembuatan yang berbeda.

Jika sitemap xml ditujukan untuk membantu indeks mesin pencari, maka sitemap html diperuntukkan bagi para pengunjung blog yang umumnya berupa sebuah halaman pada website atau blog kita.

Apakah keduanya harus kita buat? Sebenarnya jika kita ingin membuat keduanya tidak ada masalah, justru hal itu sangat disarankan. Namun dari keduanya itu, yang paling utama sebenarnya adalah sitemap xml yang sangat penting bagi mesin pencari. Sedangkan untuk sitemap html tidak begitu mendesak.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita hanya akan memberikan tutorial tentang cara membuat sitemap jenis xml di blogspot saja. Proses melakukannya pun tergolong sangat cepat dan mudah. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Memasang Sitemap Xml di Google Search Console Terbaru

1. Langkah pertama kita masuk ke halaman google search console atau jika dahulu bernama google webmaster lalu pilih "Mulai sekarang".



2. Selanjutnya masukkan alamat domain dari blog kita di bagian kotak sebelah kiri > lalu pilih "buka properti".

Namun jika sebelumnya kita sudah pernah mendaftar dan memiliki akun google search console, maka kita tidak usah melakukan hal itu karena kita akan diarahkan langsung ke halaman dasbor layanan tersebut.



3. Setelah masuk di halaman dasbor selanjutnya kita pilih menu "peta situs" atau "sitemap".



4. Lalu kita cukup memasukkan alamat domain kita ditambah dengan akhiran sitemap.xml,

Contoh format https://namadomain.blogspot.com/sitemap.xml



Ubah tulisan namadomain berwarna merah dengan nama domain milik kita. Bila sudah dimasukkan selanjutnya kita pilih "Kirim", dan jika berhasil maka otomatis status akan menampilkan tulisan "sukses" (lihat gambar dibawah).



Sementara itu jika pada menu "URL yang ditemukan" jumlahnya masih 0 maka hal itu sangat wajar. Karena hasil indeks URL tersebut biasanya baru akan muncul setelah melewati waktu setidaknya 24 jam dan mungkin bisa lebih tergantung dari blog kita.

Jadi jika ingin melihat jumlah halaman blog yang sudah terindeks, kita bisa kembali keesokan hari untuk bisa melihatnya.


Demikianlah tutorial mudah tentang Cara Membuat Sitemap atau Peta Situs di Blogspot Terbaru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan samapi berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close