Indahnya Air Terjun Putri Palutungan Kuningan Jawa Barat

Air Terjun Indah

Bingung liburan mau pergi kemana? Tenang saja, bagi anda yang memang sudah bersiap untuk pergi liburan, terkhusus yang berada disekitar daerah Jawa Barat mungkin destinasi wisata air terjun ini bisa jadi salah satu alternatifnya.

Yap, air terjun yang dimaksud adalah air terjun Putri Palutungan atau orang sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Curug Ciputri. Curug yang dalam bahasa lokal sendiri memiliki arti sebagai air terjun.

Curug atau Air terjun Putri Palutungan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Kabupaten Kuningan. Curug ini memiliki tinggi sekitar 20 meter yang disekitarnya terdapat area danau kecil yang berfungsi untuk menampung debit air yang jatuh.

Lokasinya sendiri terletak di jalur pendakian menuju gunung Ciremai tepatnya berada di desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Akses lokasi dari pusat kota Kuningan ke tempat wisata ini pun tergolong tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 9 KM saja dan dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit perjalanan.

Nama Putri sendiri merujuk kepada bentuk aliran air terjun yang jika dilihat secara seksama (dikeadaan tertentu) akan terlihat seperti sebuah gaun seorang putri yang memiliki warna putih.

Sementara itu nama Palutungan merupakan nama dari sebuah Bumi Perkemahan (Buper) di tempat tersebut. Palutungan sendiri merujuk kepada kata lutung yang dalam bahasa lokal dapat diartikan sebagai monyet, dikarenakan memang di sekitar tempat tersebut dulunya sering ditemukan gerombolan monyet-monyet.


Mitos di Curug Putri Palutungan

Seperti kebanyakan tempat-tempat wisata di Indonesia, Curug Putri Palutungan ini sebenarnya memiliki beberapa cerita mitos yang beredar diantara masyarakat sekitar.

Mitos yang pertama yaitu berkenaan dengan nama tempat ini. Selain seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya, alasan lain kenapa curug ini disebut curug putri karena diceritakan pada zaman dahulu tempat ini sering digunakan oleh mereka noni-noni belanda sebagai tempat bermain dan mandi.

Oleh Karena mereka dianggap seperti layaknya seorang putri maka akhirnya air terjun tersebut diberikan nama putri.


Selain itu tempat ini pula sering diyakini oleh penduduk lokal sebagai tempat mandinya para putri bidadari yang turun dari kayangan. Diceritakan bila setelah hujan kemudian muncul pelangi diantara pepohonan dan air terjun. Maka pelangi itulah yang dipercaya oleh masyarakat sebagai jalan bidadari untuk turun ke bumi.

Mitos yang kedua adalah tentang khasiat dari air yang mengalir di tempat ini. Konon bagi orang yang percaya, bahwa air yang diambil di curug ini jika diminum dapat mengabulkan hajat kita, seperti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, wajah yang dapat awet muda, serta dapat mendekatkan jodoh maupun pekerjaan.

Namun mitos hanyalah sebuah mitos, kita jangan terlalu mempercayainya begitu saja ya teman-teman. Yang perlu kita lakukan hanyalah bijak dalam menyikapi adanya sebuah mitos tersebut, jangan malah menjadikannya sebagai bahan perdebatan.


Wisata Alam Murah dan Terjangkau

Berada di hamparan hutan pinus yang rimbun dan berada di atas ketinggian 1.000 mdpl di kaki gunung Ciremai membuat suasana di tempat ini tentunya begitu sangat menyejukan hati.


Nah untuk dapat pergi ke lokasi ini, kita harus berjalan kurang lebih sekitar 100 meter dari tempat penjualan tiket berada. Dan dengan harus melewati beberapa anak tangga yang dibuat menjadi punden berundak.

Tiket masuk pun tergolong cukup murah, yakni kurang dari 20.000 rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk ke wahana wisata alam ini.

Baca Juga : Wisata Benteng Vredeburg Museum Penginggalan Zaman Penjajahan Belanda

Selain dapat menikmati keindahan air terjun dan suasana alam yang syahdu, di tempat ini pula kita masih dapat mencoba permainan seperti wahana outbond yang sebelumnya telah di persiapkan oleh pihak pengelola.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close