Cara Mengubah Tulisan Buku Menjadi Dokumen Microsoft Word


Pernahkah kita mendapat tugas untuk mencatat atau menyalin sebuah tulisan dari buku kedalam lembar kerja kita di komputer seperti microsoft word?

Jika iya, pasti kita pernah merasakan bagaimana lelahnya tangan kita untuk mengetik tulisan tersebut, apalagi jika tulisan yang perlu diketik itu sangat banyak pasti sangat merepotkan sekali dan tentunya memakan waktu yang lama.

Namun kita tak perlu khawatir, karena di zaman yang sudah canggih ini banyak kemudahan yang dapat kita lakukan, salah satunya dalam contoh kasus ini. Hanya dengan trik yang sederhana kita dapat dengan mudah menyalin buku itu dengan cepat dan praktis.

Cara kerjanya yaitu dengan memindahkan teks tulisan dari sebuah buku tersebut kedalam komputer dengan hanya menggunakan aplikasi yang bernama Google Keep.

Google keep sendiri merupakan sebuah aplikasi buatan google yang berfungsi untuk membantu kita dalam mencatat dan mengedit sebuah file dokumen, dimana dokumen tersebut juga dapat kita bagikan kepada orang lain.

Salah satu fitur yang terdapat didalam aplikasi ini yaitu fitur untuk mengubah teks tulisan yang ada didalam buku menjadi sebuah tulisan yang berbetuk file digital seperti didalam Micrososft Word.


Cara Merubah Tulisan di Dalam Buku Menjadi File Dokumen

1. Pertama kita download terlebih dahulu aplikasi bernama Google Keep di Playstore atau Appstore, kemudian instal aplikasinya tersebut di perangkat smartphone.


2. Setelah proses pemasangan selesai, lalu buka aplikasinya dan kemudian pilih icon pemadangan gunung > lalu pilih menu Ambil Foto. Tujuannya yaitu untuk mengambil foto tulisan yang ada di dalam buku.

Note : Pada tahapan ini, usahakan agar hasil jepretan dibuat sedetail mungkin dengan tulisan yang masih bisa terbaca.


3. Jika sudah selesai dalam proses mengambil foto, lalu pilih simbol ceklis dan kemudian tap atau klik satu kali pada hasil gambar yang tadi kita foto.


4. Jika sudah, lalu dibagian pojok kanan atas kita pilih menu tiga titik kemudian pilih ambil teks gambar, dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. (Dan untuk melakukan cara ini kita harus menyalakan jaringan internet kita).

Jika sudah selesai maka tulisan yang tadinya berbentuk foto akan langsung otomatis berubah menjadi file teks tulisan.

Note : Jika gambar belum berubah menjadi teks tulisan, maka kita bisa mengulangi tahapannya sekali lagi. Hal ini biasanya terjadi jika kita ingin mengubah tulisan yang jumlah kata-nya agak cukup panjang.


5. Langkah selanjutnya, salinlah tulisan dengan cara menahan pada teks > lalu paste-kan file teks tersebut di lembar kerja yang kita inginkan seperti Microsoft Word maupun program software pengolah dokumen yang lainnya.


Cukup mudah dan simple bukan? Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengetik dan menyalin tulisan yang begitu banyak dan panjang. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, tugas mencatat yang sangat banyak pun akan segera selesai dengan waktu yang singkat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Double Spasi di Microsoft Word

Demikianlah artikel kali ini tentang cara copy tulisan di buku menjadi sebuah soft dile berupa teks di Ms. Word.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di aertikel lain berikutnya. Terima kasih

2 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close