Cara Mengubah Background Foto menjadi Transparan


Mengedit sebuah foto maupun gambar tentu tidaklah sesulit seperti zaman dulu. Jika dahulu kita mungkin harus pergi ke studio foto untuk melakukan hal itu, maka tidak dengan sekarang dimana sudah banyak berbagai macam program software maupun aplikasi yang dapat kita gunakan secara personal.

Sehingga untuk melakukuan proses mengedit yang sederhana hingga yang memiliki tingkat kesulitan tinggi sekalipun, dapat dilakukan di rumah saja dengan hanya menggunakan sebuah aplikasi.

Nah jenis editan yang bisa dilakukan pun tentu sangat beragam tergantung dari kebutuhan. Namun salah satu yang mungkin sering dilakukan oleh banyak orang yaitu tentang melakukan proses edit untuk menghilangkan atau mengubah background foto menjadi transparan.

Trik ini sebenarnya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Apalagi jika kita menggunakan aplikasi edit foto seperti adobe photoshop atau aplikasi sejenisnya.

Akan tetapi yang jadi masalah adalah tentu tidak semua sudah menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini bisa terjadi karena mungkin kita menganggap aplikasinya terlalu besar yang tentu akan menghabiskan banyak space dari PC atau bisa juga karena mungkin kita merasa tidak memerlukan aplikasi tersebut sama sekali.

Baca Juga : Cara Mudah Menghapus foto di Blogspot secara Permanen

Nah jika kita ingin menghilangkan background gambar menjadi transparan tapi tanpa perlu repot memasang aplikasi apapun. Maka ada solusi alternatif yang lebih mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan sebuah website bernama pixlr editor.

Dengan mengunjungi halaman satu ini kita dapat leluasa mengedit gambar layaknya di sebuah program software, tanpa perlu khawatir dengan spek yang dimiliki.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan beikut ini.


Cara Menghilangkan Background Foto menjadi Transparan

1. Langkah pertama kita masuk ke halaman website pixlrSetelah itu lalu pilih menu "Pixlr E" untuk mengedit photo.


2. Selanjutnya masukkan foto atau gambar yang akan kita hilangkan bagian background (membuatnya menjadi transparan) dengan memilih "Open Image".

3. Lalu pada menu yang ada dibagian sebelah kiri, kita pilih fitur bernama Wand Select (atau bisa dengan menekan langsung tombol W pada keyboard) > setelah itu lalu pilih background yang akan dihilangkan dengan cara mengkliknya satu kali.


4. Selanjutnya tekan tombol "Delete" di keyboard maka background pun akan langngsung menghilang secara otomatis (menjadi transparan).

Jika sudah berhasil, kemudian kita bisa meyimpan gambar tersebut dengan memilih menu "File" > pilih "Save" > pilih format foto/gambar PNG > lalu pilih "Save As".



Cara Mengubah Warna Background Foto Menjadi Warna Putih

Nah lalu jika kita ingin membuat gambar agar bisa memiliki background berwarna putih, ataupun warna lainnya. Maka kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Pertama kita masukkan foto seperti cara sebelumnya. Atau jika sudah ada di website tersebut dan ingin membuka project baru, maka kita bisa memilih menu "File" > lalu pilih "Open image" (CTRL+O). 

2. Setelah itu gunakan fitur Fill di menu yang ada dibagian sebelah kiri (atau bisa langsung menekan tombol F pada keyboard).

Selanjutnya langsung saja kita klik satu kali pada bagian background yang ingin di ubah warnanya tersebut.


NB: Nah untuk mengubah ke warna lainnya bisa dengan menekan icon bulatan warna yang ada dibagian bawah kiri > lalu pilih warna sesuai yang diinginkan.


3. Jika sudah, langkah terakhir lalu kita save gambar tersebut seperti cara sebelumnya.

Catatan : Jika dibuka dengan beberapa aplikasi penampil foto di PC, kedua cara tersebut sebenarnya tidak akan memiliki perbedaan jika dilihat secara sekilas karena hasilnya akan sama-sama memiliki warna background putih.

Namun jika digunakan untuk beberapa kebutuhan tertentu, misalnya saja digunakan untuk favicon blog maka akan terlihat perbedaannya antara gambar yang memliki background putih dengan gambar yang memiliki background transparan.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Data Flashdisk di Komputer dengan Mudah

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Mudah Mengubah Background Foto menjadi Transparan dengan praktis.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel lain berikutnya. Terima kasih

3 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. Sangat membantu..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, Terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete
  2. Sangat membantu
    Terimakasih
    Semoga menjadi amal

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form

close
close