Cara Sembunyikan Data Flashdisk Menggunakan Komputer


Flashdisk merupakan salah satu dari banyaknya media penyimpanan data komputer yang biasa kita gunakan saat ini.

Kegunaan flashdisk yang dirasa lebih ringkas dan praktis (removable) dibandingkan dengan beberapa media penyimpanan lain seperti CD atau Hardisk membuat keberadaan flashdisk pun bisa dibilang tidak tergantikan. 

Namun karena kepraktisannya itulah ada hal buruk yang siap mengintai, salah satunya yang bisa terjadi yaitu data yang dapat disalahgunakan oleh orang lain.

Ini bisa terjadi misalnya saja jika flashdisk milik kita hilang atau sedang dipinjam oleh teman kita dan kebetulan isi di dalam flashdisk kita tersebut memiliki informasi yang cukup penting dan tidak ingin diketahui oleh orang lain, tentunya hal itu bisa berbahaya bukan. 

Jika terkena virus komputer mungkin kita bisa saja mengatasinya dengan melakukan scan menggunakan antivirus atau jika dalam kondisi terburuk sekalipun kita masih dapat memformatnya.

Tapi bagaimana untuk mengatasi flashdisk agar tidak disalahgunakan oleh orang lain?

Cara mudah yang dapat kita lakukan agar data di dalam flashdisk tidak disalahgunakan oleh orang lain adalah dengan cara menyembunyikan file di dalam flashdisk tersebut.


Memang dapat dibilang cara ini tidak sepenuhnya aman, namun hal ini tentu lebih baik dibandingkan jika kita tidak melindunginya sama sekali.

Lalu bagaimana cara untuk menyembunyikan data di flashdisk? Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak tips berikut ini.


Cara Menyembunyikan Data di Flashdisk

1. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja memasukkan flashdisk yang ingin kita sembunyikan filenya tersebut ke dalam komputer maupun laptop.

2. Selanjutnya kita buka program bernama command prompt. Caranya bisa dengan mengetik di pencarian dengan memasukkan kata kunci "command prompt" atau cmd.

Namun jika ingin lebih praktis bisa menggunakan shortkey dengan menekan Tombol Start+R  lalu ketikan cmd dan OK.



3. Jika sudah muncul kotak command prompt langsung saja kita ketik nama dari flashdisk kita.

Dalam menulis nama flashdisk cukup dengan mengetik kode huruf storagenya saja. Misalnya disini flashdisk saya memiliki nama USB Drive (F:), maka kita cukup mengetik F: saja lalu tekan enter.



4. Langkah selanjutnya kita hanya perlu mengetikkan perintah seperti berikut ini di kotak command prompt yang telah kita buka tadi.


Cara penulisan (langsung ketik attrib) : attrib(spasi)+s(spasi)+h(spasi)+r(spasi)*.*(spasi)/s(spasi)/d

5. Jika sudah selanjutnya kita tekan enter dan tunggu beberapa saat lalu lihatlah ke storage flashdisk, jika data sudah hilang maka kita pun sudah berhasil untuk menyembunyikan data di flashdisk tersebut.

6. Agar dapat menampilkan kembali data dari flashdisk, caranya pun cukup mudah kita hanya perlu mengganti tanda plus (+) dengan mengubahnya menjadi tanda minus (-) seperti berikut.


Meskipun data dari flashdisk tersebut telah kita sembunyikan (menghilang) namun kita pun masih tetap bisa untuk menambahkan data/file ke flashdisk tersebut selama kapasitas flashdisk masih mencukupi dan tentunya data yang baru ditambahkan tersebut tidak akan ikut menghilang.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video Komentar Facebook

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Menyembunyikan Data Flashdisk dengan Komputer atau Laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close