Cara Membuat Header Blogspot Menjadi Lebih Menarik


Blog yang baik pada dasarnya adalah blog yang selalu memberikan sebuah informasi yang menarik dan bermanfaat. Konten yang bermanfaat dan berkualitas tentu menjadi salah satu kunci utama dalam membuat sebuah blog ramai pengunjung.

Maka tak heran jika sekarang ini banyak para blogger yang berlomba-lomba untuk menyediakan konten berkualitas di dalam blognya demi menaikkan traffic tersebut.

Memang itu tidaklah salah, namun ada satu hal yang terkadang oleh mereka para blogger justru sering terlupakan yakni tentang tampilan dari sebuah blog itu sendiri. Padahal kita tahu bahwa untuk dapat memaksimalkan SEO blog tidak hanya dilihat dari kontennya saja yang berkualitas melainkan tampilan pada blog juga sangat perlu diperhatikan.

Kenapa demikian, karena pada dasarnya dengan tampilan blog yang baik akan mempengaruhi terhadap minat baca para pengunjung, mereka para pengunjung akan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama berselancar di blog kita.

Tentu banyak faktor yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam melihat sebuah tampilan blog dapat dikatakan baik atau tidak seperti misalnya saja terdapat template yang responsif, loading blog yang cepat, navigasi yang mudah dan masih banyak lagi.

Namun yang jelas dari sekian banyaknya kriteria tersebut, terdapat salah satu yang cukup berpengaruh di dalam membuat tampilan blog menjadi semakin baik adalah adanya header blog yang menarik.

Ya, Header pada sebuah blog dapat dikatakan merupakan salah satu unsur pendukung dalam membuat sebuah blog menjadi terlihat menarik. Hal ini terjadi karena header blog adalah salah satu element yang akan pertama kali dilihat oleh pengunjung blog, tentunya hal itu akan memberikan point penilaian tersendiri bagi para pengunjung saat pertama kali masuk ke blog kita.

Pada blogspot sendiri, tampilan asli dari sebuah header blog biasanya berupa tulisan sederhana yang merupakan representasi dari judul blog kita, tentu header blog bawaan seperti itu dapat dikatakan sangatlah kurang menarik.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Blog Responsif dan Cara Mengeceknya

Oleh karena itu jika kita ingin membuat header blog agar terlihat lebih bagus dan menarik, maka pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips tentang cara membuat header blog dengan mudah melalui salah satu website bernama cooltext.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Membuat Header Blog Yang Menarik

1. Langkah pertama kita kasuk ke halaman website dari cooltext.

2. Setelah itu pilih jenis dari Format Tulisan yang kita inginkan.



3. Jika sudah, lalu tulis nama atau judul dari blog kita pada kolom logo text yang telah disediakan. Sebagai contoh disini kita akan menuliskan Bapigif.



4. Setelah itu, lalu ubah jenis huruf dan besar-kecilnya teks sesuai dengan yang kita kehendaki, dengan mengatur pada bagian menu font dan text size.


5. Selain itu, kita juga dapat mengatur dan mengubah warna di menu logo serta dapat juga memberikan efek bayangan pada menu shadow.

Sementara untuk mengatur tata letak dan format gambar kita dapat mengubahnya di menu image.



6. Jika sudah, lalu langkah terakhir kita simpan gambar dengan memilih create logo > lalu pilih download.


Hingga langkah diatas maka kitapun sudah selesai dalam membuat gambar atau logo untuk header blog dengan lebih menarik.

Langkah selanjutnya yaitu memasangkan logo tadi ke dalam blog kita. Nah untuk mengetahui caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.


Cara Mengubah Header Blog Di Platform Blogspot

1. Langkahh pertama kita langsung saja masuk ke tampilan Dashboard utama dari Blogger.

2. Setelah itu lalu pilih menu Tata Letak (Layout).



3. Selanjutnya pada bagian Header kita pilih Edit.


4. Kemudian klik Pilih file > lalu kita gunakan gambar yang sebelumnya telah dibuat tadi. Jika sudah lalu pilih simpan.


5. Langkah terakhir jangan lupa untuk memilih Simpan Setelan. Jika sudah selanjutnya buka halaman blog kita untuk memastika apakah sudah tampil dan sudah sesuai atau belum.

Meskipun terlihat sangat sederhana, namun dengan kita mengaplikasian tips ini, maka hal itu akan membuat blog kita menjadi semakin menarik dan terlihat lebih profesional.

Akan tetapi kita harus ingat pula bahwa didalam pemilihan karakter huruf yang kita gunakan pun sangat berpengaruh sekali.

Jadi jangan sampai kita menggunakan huruf aneh dan warna yang berlebihan yang nantinya justru akan menimbulkan kesan terlalu "lebay".

Gunakanlah karakter huruf yang sederhana dan perpaduan warna yang secukupnya. Dengan begitu logo dapat lebih menimbulkan kesan menarik bagi para pengunjung blog kita.

Baca Juga : Cara Membuat Widget Kotak Berlangganan pada Blog

Demikianlah artikel tentang cara mengubah header blogspot menjadi lebih menarik. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan tentunya selamat mencoba. Teima kasih

12 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. Replies
    1. Terima kasih juga telah mengunjungi blog ini

      Delete
  2. Thx mas, akhirnya nemu juga tutorialnya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih kakak tutorialnya. Saya coba di blog saya yang masih baru dan pemula ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete
  4. Bermanfaat min thanks 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih juga telah berkungjung ke blog ini

      Delete
  5. Terima kasih sang at membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form

close