Mengenal Apa itu Blog Responsif dan Cara Mengeceknya

apa itu blog responsif

Saat berbicara mengenai SEO sebuah blog, pasti di dalamnya akan banyak membahas tentang variabel-variabel pendukung lain yang harus selalu dipenuhi.

Hal ini tentu sangat penting dilakukan, semata-mata agar halaman website kita dapat menjadi lebih user friendly dan baik dimata mesin pencari seperti google search, yahoo, bing dan kawan-kawannya.

Selain itu, banyak sekali faktor-faktor pendukung yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Nah adapun salah satu yang wajib ada dan tidak boleh ditinggalkan yaitu mengenai keberadaan dari tingkat responsivitas halaman blog.

Kenapa sangat penting? Dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan responsivitas dari suatu blog itu?


Pengertian Blog Responsive

Saat kita membaca dan mendengar kata responsif, mungkin hal yang pertama kali akan muncul dibenak kita yaitu mengenai sesuatu yang berhubungan dengan tingkat kecepatan, sangat tanggap, atau bisa juga sangat reaktif. Hal tersebut memang tidaklah salah, jika kita melihatnya hanya dari sudut pandang arti secara istilah saja.

Namun dalam konteks halaman website, yang dimaksud dengan responsif blog adalah suatu kondisi dimana desain atau tampilan sebuah blog dapat sangat fleksibel serta mampu mengikuti ukuran lebar dan panjang dari layar gadget yang sedang digunakan.

Sederhananya jika kita membuka suatu halaman website dari banyak perangkat device apapun, seperti misalnya PC, tablet, smartphone, dsb. Maka halaman tersebut haruslah dapat dibuka secara sempurna.

Dalam arti tampilan blog dapat memenuhi seluruh layar dengan proporsional tanpa adanya bagian yang terpotong sama sekali. Baik itu di bagian pinggir sisi kanan-kiri, maupun di bagian atas dan bawah.


Bagaimana cara Membuat Tampilan Web agar Responsif

Dari pembahasan sedikit diatas, harusnya kita sudah dapat menyimpulkan bahwa tampilan responsive tentu akan selalu berhubungan dengan yang namanya template atau tema dari blog.

Oleh karena itu, cara termudah untuk membuat tampilan menjadi lebih fleksibel saat dilihat di berbagai macam device. Maka cara yang harus kita lakukan yaitu dengan menggunakan jenis template yang sudah memenuhi kriteria responsive dan juga mobile friendly.

Bagaimana cara melihat kriteria tersebut? Jadi pada saat kita ingin membeli dan memasang tema blog yang baru, usahakan untuk selalu melihat spesifikasinya terlebih dahulu.

Bila dari spesifikasi itu terdapat kedua kriteria diatas yaitu kata responsif dan mobile friendly, maka sudah tentu kita bisa langsung memakai template tersebut.

Namun sebaliknya, jika tidak ada kedua kriteria tersebut. Alangkah baiknya, jika tidak usah dipilih saja karena hal itu tentu akan berpengaruh terhadap pemeringkatan SEO-onpage secara keseluruhan.

Selain itu, ada satu hal lagi yang tidak boleh terlupa yaitu tentang pengaturan dari tema seluler yang harus selalu diaktifkan. Dimana pada platform blogger, hal tersebut bisa langsung diubah pada bagian menu dashboard.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu Tema > lalu pada bagian menu Sesuaikan kita pilih icon panah kebawah > pilih setelan seluler > pilih Desktop > dan terakhir pilih Simpan.

mengenal blog responsif

Dengan melakukan cara diatas, maka semua tampilan halaman website kita termasuk versi seluler, nantinya akan ditampilkan dalam tema yang sama dengan tampilan pada mode desktop.


Cara Cek dan Mengetahui Template Blog sudah Responsif

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk bisa melihat apakah tampilan website kita sudah responsive atau belum.

Salah satu caranya yaitu bisa dengan mengecek secara langsung menggunakan berbagai macam jenis device satu per satu. Namun hal tersebut tentu akan menghabiskan banyak sekali waktu dan pastinya sangat tidak efisien.

Nah untuk itu, ada cara yang paling mudah untuk memastikan jika tampilan halaman sudah benar-benar flexible di berbagai macam perangkat manapun. Dan untuk mengetahui caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman website berikut ui.dev/amiresponsive.

2. Selanjutnya pada kolom kotak isian, kita langsung saja masukkan alamat URL domain dari Blog kita > lalu setelah itu pilih Go.

cara mengecek tampilan blog responsif

3. Jika sudah, maka akan langsung muncul tampilan halaman website kita dari berbagai jenis device gadget yang diakses.

cara mengecek tampilan blog responsif

Jika halaman muncul di semua perangkat dan tidak ada bagian yang terpotong sama sekali, itu artinya halaman template sudah bagus dan memiliki karakteristik mobile friendly.

Namun sebaliknya, jika ada yang tidak tampil di salah satu perangkat atau jika ada bagian yang terpotong, maka template harus segera diperbaiki atau paling gampang cukup diganti saja dengan jenis tema yang lebih prepare.


Manfaat Menggunakan Template Blog Responsif

Berbicara tentang manfaat tentu akan banyak sekali nilai tambah yang dapat dirasakan baik itu secara langsung maupun tidak langsung dari pemakaian jenis tema yang responsive ini. Namun yang jelas hal tersebut akan berdampak baik pada peningkatan SEO terutama bagian pengoptimalan halaman On-page. Adapun poin-poin kelebihan yang mungkin didapat itu adalah sbb :

  • Tampilan menjadi user friendly, sehingga dapat membuat pengunjung atau visitor menjadi betah dan nyaman berlama-lama membaca di halaman web kita.
  • Mendapatkan nilai tambah dan lebih diutamakan dimata mesin pencari, membuat blog kita bisa semakin bersaing dengan para kompetitor dengan niche yang sama.
  • Hasil akhirnya tentu membuat view dan traffic menjadi naik secara signifikan.




Nah demikianlah sedikit pembahasan seputar template web yang termasuk kedalam jenis responsif. Semoga dengan artikel ini dapat membuat kita semakin mengenal lebih jauh mengenai seluk beluk dalam pengoptimalan dari mesin pencari (SEO).

Terima kasih telah berkunjung, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close