Cara Membuat Garis Titik untuk Daftar Isi Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu program yang saya yakin hampir semua orang sudah mengetahuinya apalagi jika kita pernah menggunakan perangkat komputer.

Tentunya program tersebut akan sering kita gunakan di dalam aktifitas sehari-hari kita, jika memang kita sering membuat sebuah tulisan, baik itu berupa artikel maupun tulisan lain di dalam menyelesaikan tugas seperti tugas kantor, tugas kuliah maupun tugas sekolah.

Sebenarnya fungsi dari program tersebut bukan hanya itu saja, banyak hal yang bisa kita pelajari jika kita mau mengeksplor lebih jauh tentang program Microsoft Word tersebut, pun demikian dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, saya yakin anda juga belum tentu tahu semua fungsi dari setiap fitur-fiturnya.

Dari sekian banyaknya fitur-fitur tersebut terdapat beberapa fitur yang mungkin kita perlukan namun kita belum mengetahuinya, salah satu contohnya yaitu fitur tabs yaitu fitur yang berfungsi untuk membuat garis titik dalam halaman daftar isi.

Kita mungkin saja dapat membuatnya dengan menekan tombol titik secara berulang, namun hal itu akan membuat hasilnya tidak maksimal karena ketika di print garis titik tersebut akan terlihat tidak rata.

Nah untuk itu dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara untuk membuat garis dalam daftar isi tersebut. Caranya cukup mudah anda hanya perlu mengikuti langkah berikut.


Cara Membuat Garis Titik untuk Daftar Isi di Microsoft Word

1. Langkah pertama, pastikan kita sudah mempunyai lembar halaman kerja di Microsoft Word > lalu kemudian tempatkan kursor dibagian akhir dalam setiap kata yang akan diberi garis titik.

Contohnya dapat terlihat seperti pada gambar berikut (oh ya disini saya menggunakan Microsoft Word 2010).

2. Selanjutnya pilih menu Home (biasanya memang sudah berada dimenu tersebut) > kemudian pada sub-menu paragraph klik icon seperti panah kebawah (lihat gambar).


3. Jika sudah kita klik, seharusnya akan muncul menu baru > setelah itu pilihlah menu bernama tabs yang berada di bagian sudut kiri bawah.


4. Selanjutnya akan muncul menu baru lagi. Pada bagian tab stop position tulislah angka sesuai panjang garis yang anda inginkan bisa 12cm, 13,5cm, 14cm dst (disini saya menulis 13,5cm).

Pada bagian leader pilih menu no.2 yaitu garis titik, kemudian klik set lalu OK.


5. Jika sudah, maka garis tidak akan langsung muncul melainkan kita perlu menekan tombol tab di keyboard terlebih dahulu baru kemudian garis titik akan muncul (lihat gambar).

Ulangi langkah yang sama tersebut untuk kata-kata lainnya sehingga garis titik dapat dibuat semuanya.



Tips Memunculkan Menu Tabs di Ms. Word

Sebenarnya jika kita sering menggunakan menu tabs tersebut, kita masih mempunyai cara lain yang lebih praktis lagi yaitu dengan membuat menu di Quick access toolbar yang berada dibagian atas lembar kerja Microsoft Word.

Caranya cukup mudah yaitu klik icon panah kebawah pada menu Quick access toolbar > klik More Commands.


Maka akan muncul menu baru. Pada bagian choose commands from pilih all commands.

Lalu kemudian cari dan pilih menu tabs di pencarian lalu kik add kemudian OK, maka di menu Quick access toolbar secara otomatis akan langsung muncul menu baru, yaitu menu tabs dengan fungsi yang sama namun anda dapat mengaksesnya dengan lebih cepat.


Demikianlah tips kita kali ini tentang cara membuat garis titik untuk daftar isi Microsoft Word. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita dan sampai berjumpa di postingan selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengubah Tulisan Buku Menjadi Dokumen Microsoft Word

2 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

  1. terimakasih bang. bermanfaat banget. Alhamdulillah dah bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga telah berkunjung ke blog ini

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form

close