Cara Buat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Mungkin saat ini kamu sedang bingung bagaimana cara untuk membuat nomor halaman di Microsoft Word, apalagi jika kamu juga tidak mengetahui cara untuk membuat nomor halaman yang berbeda dalam Microsoft Word.

Contohnya saja ketika menulis halaman daftar isi dan bagian isi suatu bab, tentu format halaman yang digunakan pun pasti berbeda.

Jika memang hal itu yang ingin kamu tahu, jangan khawatir karena dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips atau tutorial tentang bagaimana cara membuat halaman yang berbeda di dalam satu dokumen Microsoft Word.

Selain untuk membuat format penomoran halaman yang berbeda, tips ini juga dapat digunakan untuk menempatkan nomor halaman ditempat yang berbeda misalnya saja dibagian bawah dan dibagian atas tentu didalam satu dokumen yang sama.


Adapun dalam tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2010 sebagai contohnya. Langsung saja jika kita ingin mengetahuinya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Membuat Halaman di Microsoft Word

1. Pertama, tentunya kamu harus sudah memiliki dokumen Microsoft Word yang akan kamu berikan nomor halaman (Terlihat contoh gambar dibawah dengan nomor halaman yang masih polos).

Disini saya akan memberitahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat nomor halaman. Jika kamu sudah tau dan hanya ingin mengetahui cara membuat nomor halaman yang berbeda anda dapat melewati langkah ini dan langsung saja melihat langkah berikutnya yaitu cara membuat nomor halaman yang berbeda di bagian bawah.


2. Jika sudah, selanjutnya kita pilih menu Insert > Page Number > Top of Page/Bottom of page, kemudian pilih format halaman yang sesuai dengan yang anda inginkan (disini saya pilih bottom of page).


3. Dikarenakan contoh di atas merupakan teks daftar isi, maka nomor halaman harus menggunakan angka romawi.

Agar bisa merubahnya, kita hanya perlu klik dua kali dibagian nomor halaman yang sudah kamu buat tadi, kemudian pilih page number > pilih format page number > number format > pilih nomor dengan angka romawi, lalu OK.



Langkah pertama membuat nomor halaman sudah selesai. Selanjutnya saya akan memberitahu cara untuk membuat halaman yang berbeda.


Cara membuat nomor halaman yang berbeda

Disini saya mempunyai contoh teks yaitu BAB I PENDAHULUAN yang akan diberikan nomor halaman 1, jika sebelumnya pada bagian daftar isi memiliki nomor halaman i (angka romawi).

1. Langkah pertama letakan kursor pada awal kata BAB I, kemudian pilih Page Layout > pilih Breaks > lalu pilih Next Page.


2. Selanjutnya klik dua kali pada nomor halaman ii (nomor halaman pada BAB I PENDAHULUAN), lalu klik link to previous (hingga tidak berwarna).


3. Setelah itu pilih Page Number > Format page Number, kemudian pada bagian Number format pilih angka, dan pada bagian page numbering pilih start at 1 > lalu tekan OK.


Hingga langkah di atas untuk membuat nomor halaman yang berbeda sudah selesai. Akan tetapi, untuk beberapa karya ilmiah seperti skripsi, pemberian nomor pada bagian isi selain halaman tajuk pertama (Halaman yang memiliki tulisan BAB I, BAB II, BAB III, dst) nomor halaman harus berada dibagian kanan atas.

Lalu bagaimana cara membuatnya, sebenarnya untuk membuat itu tidak jauh berbeda dengan langkah yang telah disebutkan sebelumnya, namun jika kamu masih merasa bingung, saya akan langsung memberitahu caranya.

1. Langkah pertama, letakan kursor diawal kata pada halaman kedua dari BAB isi kemudian pilih Page Layout > Breaks > Next Page.


2. Klik dua kali pada nomor halaman > klik link to previous (hingga tidak berwarna) > Page Number > Top of page > Plain number 3 > klik link to previous (hingga tidak berwarna) > Page Number > Format Page Number > page numbering > start at 2 > lalu OK.


Jika kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar maka hasilnya nomor halaman akan berada dibagian kanan atas seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Catatan : Jangan lupa menghapus nomor halaman pada bagian yang tidak sesuai atau tidak digunakan dengan menggunakan tombol delete (Contohnya nomor halaman 2 yang berada di bagaian tengah bawah).




Demikian tips yang saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga apa yang saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam mengikuti langkah-langkahnya, jangan sungkan untuk bertanya di bagian kolom komentar. Selamat Mencoba!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close