Sejarah dari Peradaban Besar Mesopotamia Kuno

Kita terkadang bertanya mengapa wilayah Mesopotamia bisa melahirkan sebuah peradaban yang besar? Lalu bagaimana kedudukan bangsa-bangsa di Mesopotamia itu dalam membangun peradaban tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan itu akan coba dibahas dalam tulisan saya kali ini, namun pembahasannya pun terbatas tentang bagaimana awal mula peradaban Mesopotamia itu muncul.

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Peradaban Mesopotamia Kuno berada di wilayah sekitar Asia Barat (sekarang) yang merupakan bagian dari wilayah di Benua Asia yang dikenal dengan sebutan "Timur Tengah" atau "Timur Dekat".

Di Timur Tengah sendiri terdapat banyak peradaban kuno yang merupakan daerah besar yang terbagi ke dalam tiga wilayah besar, yaitu Suriah-Palestina, Mesir dan Mesopotamia.

Secara geografis Mesopotamia ini terletak diantara dua Sungai besar yaitu Sungai Eufrat dan Tigris yang mana kedua sungai tersebut bermuara di Persia, dan sekarang wilayah ini lebih dikenal dengan nama Irak.

Hulu kedua sungai tersebut berasal dari dataran tinggi yang bergunung-gunung di Asia Kecil yang mengalir ke arah tenggara, yang kemudian kedua sungai itu saling mendekat.

Daerah yang dilalui kedua sungai itu pada umumnya relatif subur, sebab daerah itu merupakan area yang berupa tanah hasil endapan air yang dihasilkan dari sungai Tigris dan Eufrat. Hal ini tentu membuat rakyat disekitar sungai Tigris dan Eufrat hidup makmur dan sejahtera.

Namun kesuburan dan kemakmuran itu justru membuat iri hati bangsa-bangsa lain yang tinggal disepanjang tepi lembah sungai, dan hal ini pula yang kemudian membuat timbulnya serbuan-serbuan dari bangsa-bangsa lain yang ingin memperebutkan air irigasi dan tanah yang subur tersebut.

Bangsa yang mencapai peradaban yang layak pertama kali di lembah sungai Eufrat dan Tigris itu kemudian menamai dirinya sebagai bangsa Sumeria. 

peta mesopotamia

Peradaban Mesopotamia diperkiarakan mulai ada pada abad 3500 - 2000 SM. Mesopotamia diambil dari kata "Mesos" yang berarti tengah dan "Potamos" berarti sungai. Kawasan ini merupakan kawasan yang subur yang membentang dari mulai laut tengah sampai ke Teluk Persia.

Bangsa Sumeria sebagai bangsa yang pertama kali mendiami wilayah ini, mereka itu berasal dari daerah sekitar Susa, wilayah gurun dan pegunungan di luar Mesopotamia. Orang-orang Sumeria ini lebih banyak berdiam di kota-kota besar apalagi di sekitar ibukota yang pada waktu itu bernama Ur.

Kemudian dari Peradaban Mesopotamia ini, melahirkan beberapa peradaban dan bangsa lain yang ada di Asia Barat. Dengan kata lain, peradaban di Mesopotamia merupakan awal mula pusat peradaban yang ada di Asia barat.

Baca Juga : Pengaruh Budaya Asing terhadap Kebudayaan di Indonesia

Adapun bangsa-bangsa yang ada di asia barat yang mendiami wilayah Mesopotamia yaitu; bangsa Sumer (Sumeria), bangsa Ubaid, bangsa Akkadia, bangsa Babilonia, bangsa Assiria dan bangsa Babilonia baru.

Mungkin itu saja dari saya tentang penjelasan mengenai Peradaban Mesopotamia di postingan kali ini. Di postingan selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang bangsa-bangsa lain yang hidup pada masa Peradaban Mesopotamia berdiri. Demikian postingan saya kali ini meskipun sedikit mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close