Definisi Lengkap Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli


Sosiologi merupakan salah satu cabang dari ilmu humaniora yang bisa dikatakan cukup baru jika dibandingkan dengan ilmu sosial yang lainnya.

Secara sederhana ruang lingkup dari ilmu sosiologi pun selalu akan berhubungan dengan kehidupan sosial antara individu yang satu dengan yang lainnya, maupun dengan hubungan antar kelompok manusia.

Nah untuk memahami apa arti dari ilmu sosiologi itu sendiri secara lebih mendalam. Maka disini kita akan menjelaskan mengenai beberapa definisi atau pengertian sosiologi menurut beberapa ahli.


Definisi Sosiologi menurut para Ahli

1. Menurut Pitirim Sorokin berpendapat bahwa Sosiologi dapat terbagi kedalam beberapa pengertian yang didasarkan pada objek pembahasannya. Setidaknaya ada tiga klasifikasi pengertian yang dapat dijabarkan :
  • Pertama hubungan dan pengaruh timbal-balik antara beraneka macam gejala-gejala sosial. Misalnya saja hubungan antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dan moral, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya.
  • Kedua hubungan dan pengaruh timbal-balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial. Misalnya saja seperti gejala geografis, biologis dan sebagainya.
  • Ketiga yaitu ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial yang ada.

2. Menurut Roucek dan Warren berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok yang saling berinteraksi di dalamnya.

3. Menurut F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff berpendapat bahwa Sosiologi adalah proses penelitian secara ilmiah terhadap berbagai macam interaksi sosial dan hasilnya yaitu akan berupa organisasi sosial.

4. Max Weber berpendapat bahwa Sosiologi adalah ilmu yang berupaya untuk bisa selalu memahami dari tindakan-tindakan sosial yang ada dimasyarakat secara umum.

5. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi berpendapat bahwa Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang banyak mempelajari tentang struktur diantara sosial dan proses-proses sosial, dimana didalamnya yaitu termasuk perubahan sosial.

6. Soerjono Soekanto berpendapat bahwa Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kehidupan kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum dalam kehidupan masyarakat.

7. Paul B Horton berpedapat bahwa Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan terhadap perilaku dari kehidupan kelompok dan juga produk dari kehidupan kelompok tersebut.




8. Allan Jhonson berpendapat bahwa Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentnag kehidupan dan juga perilaku manusia, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya dapat mempengaruhi sistem tersebut.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close