Perbedaan Penggunaan Kata isn't dan didn't Bahasa Inggris


Apa sih perbedaan antara kata didn't dan isn't dalam penggunaannya pada kalimat bahasa Inggris?

Seperti yang kita tahu bahwa kata isn't (is not) dan didn't (did not) dalam bahasa Inggris di beberapa konteks kalimat memang bisa memiliki arti yang sama, yaitu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kata bukan atau tidak.

Hanya saja meski memiliki arti yang serupa, kata isn't dan juga didn't ini terdapat beberapa sedikit perbedaan didalam penggunaannya pada suatu kalimatAdapun perbedaan diantara kedua kata tersebut yaitu terletak pada waktu dan konteks dimana kedua kata tersebut digunakan.

Kata "didn't" umumnya digunakan dalam kalimat lampau yaitu untuk menyatakan jika sesuatu tidak terjadi atau tidak dilakukan pada waktu tertentu di masa lalu. Sementara kata "isn't" sendiri umumnya akan digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu tidak ada atau tidak benar pada saat ini.

Nah untuk bisa lebih memudahkan dalam memahami perbedaan diantara keduanya, maka sebaiknya kita melihat beberapa contoh kalimat berikut ini.


Contoh Kalimat yang menggunakan kata didn't :

1. She didn't eat breakfast this morning. (Dia tidak sarapan pagi ini).

2. He didn't go to the party last night. (Dia tidak pergi ke pesta semalam).

3. They didn't finish their homework yesterday. (Mereka tidak menyelesaikan pekerjaan rumah mereka kemarin).

4. They didn't watch the movie last weekend. (Mereka tidak menonton film itu akhir pekan lalu).

5. Despite his efforts, George didn't manage to catch the last train home.
(Meskipun usahanya, George tidak berhasil mengejar kereta terakhir pulang).


Contoh Kalimat yang menggunakan kata isn't :

1. He isn't at home right now. (Dia tidak ada di rumah saat ini).

2. She isn't feeling well today. (Dia tidak merasa baik hari ini).

3. This isn't the right way to do it. (Ini bukan cara yang tepat untuk melakukannya).

4. This isn't the right address. (Ini bukan alamat yang tepat).

5. This painting isn't as valuable as it appears, it's merely a replica. (Lukisan ini tidak semahal yang terlihat, ini hanya replika).


Simpulan

Bagaimana, jadi sekarang kita sudah mengerti kan perbedaan penggunaan kata didn't dan isn't dalam konteks kalimat bahasa inggris?

Meskipun keduanya dapat diterjemahkan sebagai "tidak" atau "bukan" dalam beberapa konteks kalimat, tapi pemahaman dan penggunaan yang tepat dari kedua kata tersebut penting untuk dibedakan agar perangkaiannya dalam suatu kalimat tidak menjadi rancu, yang mana hal ini tentu saja bisa memperlancar komunikasi menjadi lebih jelas.

Jadi walau arti dasarnya serupa, penggunaannya dalam berbagai kalimat tentu akan dipengaruhi oleh konteks kalimat dan waktu yang dimaksud. Kata didn't sebaiknya digunakan untuk menyatakan negasi dalam konteks waktu lampau.

Sementara kata isn't sebaiknya digunakan untuk menyatakan negasi dalam konteks waktu sekarang atau situasi yang tetap berlaku.


Nah demikianlah pembahasan singkat kali ini mengenai perbedaan penggunaan kata did not (didn't) dan juga kata is not (isn't) dalam konteks menyusun kalimat bahasa inggris.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada bagian yang memang belum dimengerti dari penjelasan diatas, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close