Pengertian Gambar Vektor dan 8 Aplikasi untuk Membuatnya


Salah satu dari desain grafis yang dibuat dalam bentuk digital yaitu berupa gambar vektor. Jenis desain vektor ini biasanya dibuat melalui perangkat PC komputer dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Nah bagi sebagian orang yang sudah lama berkecimpung di dunia desain grafis mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun sebaliknya, bagi kita yang masih awan mungkin belum terlalu familiar atau bisa juga mungkin pernah mendengar tapi belum mengetahui arti dari istilah tersebut.

Lalu sebenarnya apa itu desain gambar Vector?

Gambar vektor adalah representasi matematis yang berupa bentuk geometri, garis, kurva dan juga warna, dimana layout desain tersebut dibentuk oleh path atau vektor yang memiliki titik kontrol dan sudut.

Atau jika diartikan secara sederhana maka desain vektor merupakan cara untuk membuat desain gambar yang hasilnya akan tetap tajam dan detail meski gambar tersebut sudah diperbesar atau diperkecil berulang kali.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis gambar berbasis pixel, dimana saat dilakukan zooming beberapa kali maka biasanya gambar tersebut akan menjadi pecah dan beberapa bagian detail pun mungkin akan hilang.


Oleh karena fleksibilitasnya yang sangat tinggi tersebut, maka tidak heran jika desain vektor sering digunakan oleh kalangan profesional dalam membuat desain pekerjaan mereka, baik itu untuk desain yang berukuran kecil seperti icon gambar hingga yang memiliki ukuran besar seperti untuk kepentingan billboard atau juga spanduk.


8 Jenis Aplikasi untuk Membuat Desain Gambar Vector

Pada dasarnya gambar vektor merupakan jenis gambar digital yang bisa dibuat melalui perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau bahkan perangkat mobile seperti smartphone dan juga tablet.

Nah dari sekian banyak aplikasi maupun tools untuk membuat desain gambar vektor, setidaknya ada beberapa jenis program aplikasi yang direkomendasikan dan bisa kita pakai untuk membuat desain vektor untuk menghasilkan karya yang baik.


1. Adobe Illustrator

Siapa yang tidak kenal dengan brand Adobe, dimana kebanyakan dari kita mungkin sudah kenal dengan beberapa produknya seperti Adobe premiere pro dan juga Adobe photoshop.

Nah selain keduanya itu, Adobe juga mengeluarkan produk lain bernama Adobe illustrator, yaitu aplikasi untuk membuat gambar desain dalam bentuk grafik berbasis vektor seperti gambar logo, badge, ilustrasi desain, ikon grafis, dll.

Keunggulan dari illustrator ini, yaitu fitur yang tersedia sangat lengkap dan advance, software update dan dukungan yang baik, bisa langsung diintegrasikan dengan program dari Adobe yang lain seperti after effect, photoshop, dsb, serta kita pun bisa dengan mudah untuk mendapatkan banyak tutorial karena komunitasnya yang memang cukup besar.


2. Corel Draw

Tidak berbeda jauh dari Adobe illustrator, Corel Draw juga merupakan salah satu program software untuk membuat desain vektor yang sangat populer. Bahkan bagi sebagian orang user interface dari software ini dalam membuat desain ilustrasi dianggap lebih mudah dan nyaman.

Adapun beberapa keunggulan dari coreldraw, yaitu seperti tampilan yang sangat intuitif sehingga cocok digunakan bagi pemula, orang yang baru pertama belajar desain, dan bahkan untuk kalangan profesional sekalipun.

Selain itu kelebihan lain yang ditawarkan, yaitu mendukung untuk dikonversi ke berbagai jenis format file, serta adanya berbagai fitur lengkap untuk membuat desain vektor untuk hasil yang lebih pro sekaligus kemampuan untuk mendesain halaman.


3. Sketch

Meskipun sketch ini lebih dikenal orang sebagai software untuk membuat desain UI/UX, namun ternyata aplikasi inipun sebenarnya bisa juga digunakan sebagai tools untuk membuat gambar vektor.

Biasanya program software ini sering dipakai oleh UI desainer untuk membuat beberapa gambar seperti ikon maupun untuk elemen desain vector yang lain.

Adapun kelebihan dari aplikasi sketch yaitu seperti aplikasi yang memang lebih difokuskan untuk membuat desain antarmuka pengguna (UI/UX) yang lebih proper, memiliki banyak sekali plugin yang bisa ditambahkan, ukuran aplikasi yang cukup ringan dan cepat, serta memiliki banyak komunitas yang aktif dan tersebar secara online.


4. Inkscape

Inkscape merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi software yang bersifat open source dan juga gratis. Namun meski begitu, fitur yang diberikan pada software ini bisa dibilang sudah lebih dari cukup untuk dapat membuat berbagai macam ikon, desain ilustrasi, maupun grafik vektor dengan hasil yang baik.

Aplikasi inkscape ini sangat cocok dipakai bagi kita yang memang memiliki anggaran terbatas dan tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli software dengan lisensi berbayar.

Dikarenakan bersifat open source tentu aplikasi inipun memungkinkan untuk dilakukan modifikasi fitur tambahan tertentu. Selain itu, kelebihan lain dari inkscape yaitu telah mendukung format file berbasis SVG (Scalable Vector Graphics) yang universal, serta adanya dukungan aktif dari komunitas yang juga cukup besar.


5. Affinity Designer

Affinity Designer merupakan jenis software untuk merancang desain grafis termasuk vektor yang cukup baik bahkan seringkali dianggap sebagai salah satu pesaing dari software Adobe illustrator.

Beberapa keunggulan dari software Affinity Designer yaitu seperti fitur yang tergolong sangat lengkap dan juga canggih, namun dengan biaya harga yang ditawarkan cukup terjangkau jika dibandingkan dengan para kompetitornya seperti Adobe maupun Coreldraw.

Tampilan antarmuka (UI) dari aplikasi inipun tergolong sangat ramah bagi pengguna, sehingga lebih mudah untuk dioperasikan. Tidak hanya itu, software affinity designer juga bersifat multi-platform yang artinya sudah mendukung untuk bisa dipasang diberbagai jenis perangkat operating system yang berbeda seperti Windows, Linux, maupun Mac OS.


6. DrawPlus

Software draw plus sendiri merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh brand teknologi bernama Serif. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa membuat design animasi vektor seperti untuk iklan maupun jenis presentasi yang bersifat dinamis dengan lebih mudah.

Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan dari drawplus yaitu seperti tampilan user interface yang tergolong intuitif dan sangat mudah digunakan, fitur untuk menggabungkan objek dalam menghasilkan karya yang lebih kompleks, serta harga biaya berlangganan software yang tergolong cukup terjangkau.


7. Vectornator

Berbeda dari program software yang telah dibahas sebelumnya, aplikasi Vectornator ini secara khusus memang dibuat untuk ekosistem dari produk Apple seperti mac OS, iPad, maupun iPhone.

Hal ini tentu saja membuat aplikasi ini bisa berjalan lebih optimal dan sangat efisien karena didesain hanya untuk satu platform saja. Sehingga jika kita pengguna produk dari apple, mungkin aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif yang layak dicoba.

Adapun beberapa keunggulan dari Vectornator, yaitu seperti tampilan user interface yang cukup simpel, fitur yang diberikan untuk mendesain cukup lengkap, kinerja software juga sangat optimal, serta terdapat versi gratis dan pilihan untuk berbayar.


8. Boxy SVG Editor

Diurutan terakhir ada Boxy SVG editor yang sedikit berbeda dibanding dengan aplikasi lainnya, karena boxy SVG editor ini pada dasarnya merupakan jenis software desain yang berbasis dalam bentuk platform website.

Sehingga hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan program tersebut tanpa harus melakukan install aplikasi terlebih dahulu, melainkan hanya dengan koneksi internet saja, maka kita pun sudah bisa membuat gambar desain secara online via browser.

Tentu saja selain lebih praktis dalam hal pemakaian, kita juga tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan spesifikasi hardware komputer yang digunakan, dimana biasanya bisa menghabiskan space yang cukup besar dan berat.

Meskipun berbasis web, aplikasi boxy SVG editor ini ternyata masih cukup nyaman dan juga lengkap karena memiliki banyak fitur. Tidak hanya itu, aplikasi inipun bisa dijalankan juga diberbagai jenis platform OS seperti Windows, Linux, hingga macOS dengan opsi pilihan paket premium dan juga standar.


Nah demikianlah artikel kali ini terkait pembahasan mengenai apa itu desain gambar vektor dan juga cara untuk membuatnya.

Dibandingkan dengan model format gambar digital yang lain, bentuk vektor ini tentu saja sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis desain yang membutuhkan tingkat ketajaman tinggi terutama saat ingin diperbesar seperti untuk gambar logo, animasi, desain ilustrasi, ikon dan piktogram, serta jenis desain yang lainnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close