Cara Matikan Fitur Rekomendasi File Terakhir Dibuka di PC Windows


Saat kita masuk ke menu start di komputer Windows, maka selain akan tampil deretan aplikasi yang terpasang biasanya kita akan menemukan juga recently file opened yaitu daftar file maupun aplikasi yang terakhir kita buka.

Adapun fungsi dari fitur tersebut pada dasarnya yaitu untuk memudahkan kita dalam mengakses file baik itu dokumen, foto, video, musik bahkan program aplikasi yang telah dibuka sebelumnya. Sehingga kita tidak perlu lagi untuk membuka banyak folder melalui Windows explorer yang terkadang bisa membutuhkan waktu lebih lama.

Namun sayangnya tidak semua orang suka dengan fitur tersebut karena dianggap bisa mengganggu privasi pemilik PC. Sebab tidak jarang file yang direkomendasikan di recently file opened itu merupakan file bersifat penting atau bahkan rahasia.

Sehingga jika ada orang lain seperti teman yang membuka komputer kita, dia tentu saja bisa dengan mudah mengetahui file apa yang baru saja dibuka.

Oleh karena itu, jika kita memang tidak berkehendak maka ada baiknya fitur rekomendasi ini dimatikan saja.

Lalu bagaimana cara mematikan atau menghilangkan fitur recently file ini? Nah untuk mengetahui caranya, maka bisa langsung disimak saja pada ulasan berikut ini.


Cara Hilangkan Fitur Rekomendasi Recently Apps di Menu Start PC Windows

Sedikit disclaimer, bahwa dalam tutorial ini kita menggunakan windows 11 sebagai bahan uji cobanya. Jadi bagi pengguna OS Windows versi dibawah atau diatasnya mungkin saja bisa terjadi adanya sedikit perbedaan atau bisa jadi malah sama persis.

1. Langkah pertama kita masuk ke menu settings Windows terlebih dahulu, caranya dengan klik menu Start atau bisa juga tekan tombol windwos > kemudian pilih menu Settings atau pengaturan.

2. Setelah itu lalu kita pilih menu Personalization > kemudian pilih menu Start.



3. Jika sudah lalu pada opsi menu "Show recently added apps" dan "Show recently opened items in Start, jump lists, and file explorer" kita matikan menjadi off dengan menggeser bilah tombol ke arah kiri.



Hingga langkah diatas, maka rekomendasi mengenai aplikasi maupun file yang terakhir kali dibuka saat kita menekan tombol start windows harusnya sudah hilang dan tidak muncul lagi.

Sementara untuk mengaktifkan kembali kita cukup menggeser bilah tombol lagi hingga On berwarna biru.


Cara Cepat

Nah jika cara diatas dianggap masih terlalu panjang, maka sebenarnya ada cara yang lebih praktis dan lebih simpel untuk menghilangkan fitur rekomendasi recently file ini.

Langkah pertama kita cukup klik menu Start > lalu klik kanan pada sembarang tab yang muncul > kemudian pilih Start settings.



Jika sudah lalu langsung saja kita off-kan kedua menu "Show recently added apps" dan "Show recently opened items in Start, jump lists, and file explorer".

Catatan : Opsi mematikan Show recently added apps pada dasarnya digunakan untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi yang baru dipakai/ditambahkan. Sementara untuk opsi Show recently opened items in Start, jump lists, and file explorer digunakan untuk menghilangkan jenis file (dokumen, video, foto, musik, dsb) yang terakhir kali dibuka.


Nah demikianlah tutorial singkat kali ini tentang cara menghilangkan rekomendasi file/aplikasi yang terakhir kali dibuka pada menu Start Windows.

Jika ada tips maupun tutorial lain yang ingin diketahui, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang ada dibawah. Dan bila ada kesempatan mungkin nanti akan dibuatkan tutorial berdasarkan request dari Anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di tutorial lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close