Alasan ROG Ally Merupakan Konsol Game Handheld Terbaik


Industri gaming adalah industri yang inovatif. Salah satu inovasi dalam industri gaming adalah hadirnya konsol game handheld. Seperti namanya, konsol game handheld adalah konsol game yang dapat  digunakan dalam genggaman tangan. Maka dari itu, konsol game handheld tentunya berukuran kompak dan dengan bobot yang relatif ringan. 

Perkembangan konsol game handheld mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ditandai dengan berbagai merk yang meluncurkan konsol game handheld mereka. Salah satu merk yang meluncurkan konsol game handheld adalah ASUS yang meluncurkan ASUS ROG ALLY. Konsol game handheld tersebut dirilis oleh ASUS pada Juni 2023 kemarin. 

ASUS ROG Ally menonjol sebagai salah satu konsol game handheld yang menonjol di pasar. Hal ini tidak mengherankan mengingat reputasi dari ASUS yang memang dikenal berpengalaman dalam produk-produk gaming. Menonjolnya ASUS ROG ALLY di pasaran juga tidak dapat dilepaskan dari kombinasi performa baik yang dimilik, desain yang ergonomis, dan fitur canggih yang ditawarkan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa yang membuat ROG Ally unggul dibandingkan dengan konsol game handheld lainnya. Lebih lanjut, artikel ini akan berfokus pada APU AMD Ryzen yang digunakan, dukungan GPU eksternal, kualitas layar, dan daya tahan baterai ASUS ROG ALLY. 


Inilah Alasan Mengapa ROG ALLY Merupakan Console Game Handheld Terbaik


1. APU AMD Ryzen

Salah satu keunggulan utama ROG Ally adalah pada prosesor yang digunakan. ASUS ROG ALLY menggunakan APU (accelerated processing unit) yang dikembangkan oleh AMD. APU pada dasarnya adalah penyebutan AMD untuk chipset yang memiliki CPU (central processing unit) dan GPU (graphical processing unit) dalam satu chipset. Adapun, APU yang digunakan pada ASUS ROG ALLY adalah AMD Ryzen Z1.

Penggunaan AMD Rzyen Z1 adalah APU yang dikembangkan secara khusus untuk ASUS ROG ALLY. Jadi, APU ini tidak akan ditemukan pada konsol game handheld lainnya. Penggunaan AMD Ryzen Z1 memiliki spesifikasi yang mumpuni. Ini memungkinkan efisiensi dan performa tinggi dalam pemrosesan dan grafis.

AMD Ryzen dikenal dengan kemampuannya untuk menyediakan performa komputasi yang kuat dan efisien, yang sangat penting untuk menjalankan game-game terbaru dengan lancar. APU ini memastikan bahwa ROG Ally dapat menawarkan pengalaman gaming yang mulus, dengan frame rate tinggi dan waktu loading yang minimal.


2. Dukungan GPU Eksternal

Fitur yang membedakan ROG Ally dari konsol handheld lainnya adalah dukungannya terhadap GPU eksternal. Ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kemampuan grafis konsol dengan menghubungkannya ke GPU eksternal melalui port USB-C yang terdapat pada ASUS ROG ALLY.  

Penggunaan GPU eksternal pada ASUS ROG ALLY memberikan dampak yang cukup signifikan. Dengan penggunaan GPU eksternal, pemain dapat menikmati game dengan kualitas grafis yang setara dengan PC gaming high-end.

Dukungan ini memberikan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dalam ekosistem gaming handheld, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman gaming mereka sesuai dengan kebutuhan.


3. Layar

Layar pada ROG Ally juga layak mendapatkan perhatian khusus. ASUS ROG ALLY menggunakan layar berpanel IPS dengan resolusi FHD. Layar yang digunakan pada ASUS ROG ALLY memungkinkan resolusi tinggi dan reproduksi warna yang akurat.

Selain itu, penggunaan layar dengan panel IPS juga menjadikan ASUS ROG ALLY memiliki sudut pandang yang luas. Layar ini juga memiliki spesifikasi refresh rate tinggi yang tentu akan sangat nyaman ketika digunakan untuk gaming. Sebab, layar dengan refresh rate tinggi akan membuat pergerakan dalam game menjadi lebih halus.


4. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah pertimbangan penting untuk konsol handheld. ROG Ally telah dirancang dengan mempertimbangkan aspek ini. ASUS ROG ALLY dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40 Whrs. Ini menyediakan jam bermain yang panjang tanpa perlu sering mengisi ulang daya.

ASUS ROG ALLY juga dilengkapi dengan teknologi manajemen daya yang canggi. Ini untuk memastikan bahwa konsumsi energi dapat dioptimalkan semaksimal mungkin untuk memperpanjang durasi bermain tanpa mengorbankan performa. 

Berikut adalah empat alasan kenapa ASUS ROG ALLY adalah konsol game handheld terbaik yang ada saat ini. APU yang dirancang khusus, dukungan GPU eksternal, layar yang baik serta daya tahan baterai menjadi faktor yang menjadikan ASUS ROG ALLY adalah konsol game handheld terbaik saat ini. 

ASUS ROG ALLY menjadi bukti bahwa ASUS serius untuk bersaing dengan konsol game handheld lain yang tersedia di pasar. Dengan spesifikasi dan performa yang dimiliki ASUS ROG ALLY, ASUS tetap mempertahankan reputasinya sebagai salah satu produsen perangkat game terbaik di dunia.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close