Cara Melihat Sisa RAM Terpakai Smartphone Xiaomi dan Redmi


Pernahkah kita melihat sisa memori RAM yang masih tersedia di perangkat smartphone?

Yap, mungkin beberapa orang diantara kita pernah melakukan hal tersebut, dimana saat kita sedang membuka banyak aplikasi sekaligus biasanya kita akan melihat mengenai seberapa besar kapasitas memori RAM yang masih ada dan belum terpakai.

Adapun salah satu tujuan dari melihat sisa RAM ini, yaitu berfungsi untuk memastikan jika memori RAM pada HP belum penuh, sehingga kita masih bisa membuka lebih banyak aplikasi lain tanpa perlu untuk menutup aplikasi yang telah dibuka sebelumnya.

Pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android, sebenarnya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melihat sisa pemakaian RAM ini tergantung dari brand atau merk HP yang sedang dipakai.

Hanya untuk di handphone Xiaomi sendiri kita bisa melihat sisa RAM ini, yaitu melalui menu recent apps yang bisa diakses dengan cara menekan tombol menu yang ada disebelah kiri atau bisa juga dengan cara menggeser dari bawah keatas dan tahan sejenak jika kita menggunakan sistem navigasi gesture gerakan.


Lalu bagaimana jika sudah masuk ke menu recent apps, tapi tampilan dari sisa RAM yang terpakai ini tidak muncul?

Nah ternyata untuk menampilkan informasi tersebut kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual di menu setelan telepon.

Adapun untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut, maka bisa langsung disimak saja pada pembahasan berikut ini.


Cara Aktifkan Fitur untuk Melihat Sisa RAM Kosong di Smartphone Xiaomi

Tidak hanya untuk brand Xiaomi saja, tentu saja cara inipun berlaku juga untuk merk handphone lainnya yang masih sama-sama memakai sistem MIUI seperti HP Redmi maupun POCO.

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke menu Settings atau Setelan telepon di HP Xiaomi > Setelah itu lalu kita pilih menu Layar Utama.



2. Langkah selanjutnya kemudian kita cari menu bernama Tampilkan Status Memori, lalu aktifkan menu tersebut dengan cara menggeser bilahnya ke arah kanan (berubah menjadi warna biru).



3. Terakhir jika sudah diaktifkan, lalu untuk melihat sisa RAM yang masih kosong dan belum terpakai kita bisa masuk ke bagian recent apps dengan cara menekan tombol menu sebelah kiri atau bisa juga dengan melakukan swipe dari bawah keatas dan tahan sejenak jika kita menggunakan navigasi tipe gesture seperti pada iphone.

Hingga langkah diatas tersebut, maka cara untuk melihat sisa memori RAM pada handphone Xiaomi pun telah selesai dilakukan.

NB : Sedikit disclaimer juga bahwa cara ini dilakukan pada HP Xiaomi dengan menggunakan sistem MIUI versi 14. Jadi bagi pengguna versi dibawah maupun diatasnya mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan dalam menjalankan tahapan langkah-langkahnya.

Jika memang berbeda, maka silahkan saja langsung disampaikan di kolom komentar, agar nantinya bisa dibuatkan tutorial untuk versi yang lain jika memang memungkinkan.


Demikianlah artikel singkat kali ini tentang cara melihat penggunaan sisa RAM yang masih kosong dan tidak terpakai di smartphone Xiaomi.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar tips smartphone lainnya, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini, dan sampai bertemu kembali di postingan artikel yang lainnya. Semoga bermanfaat

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close