Cara Mudah Mengganti Username Channel YouTube


Seperti yang kita tahu bahwa Platform YouTube saat ini telah memberlakukan penggunaan username pada masing-masing channel atau akun yang kita miliki.

Jadi singkatnya username ini akan diterapkan pada setiap channel youtube yang sudah ada dengan diharuskan kita memakai nama pengguna yang berbeda-beda, meskipun nama channel utama kita sama dengan channel orang lain. Sehingga hal tersebut akan membuat akun youtube kita memiliki nama yang unik.

Hal ini sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan penggunaan username di platform media sosial lain, seperti pada Twitter (X) atau instagram, dimana penggunaan username ini sudah lebih dulu diaplikasikan.

Adapun manfaat dari pemakaian username ini, yaitu bertujuan agar orang-orang dapat lebih mudah saat ingin mencari akun atau channel youtube tertentu dengan lebih akurat.

Karena seperti yang kita tahu bahwa saat kita ingin mencari channel dengan nama tertentu, terkadang akan terdapat beberapa channel dengan memiliki nama yang sama dan hal tersebut tentu saja bisa membuat kita bingung.

Nah dengan pemakaian username ini, maka diharapkan setiap channel youtube akan memiliki nama pengguna yang unik, sehingga hal ini akan memudahkan kita saat ingin mencari akun youtube tanpa perlu adanya hasil pencarian ganda.

Lalu sebagaimana yang sudah tertulis pada judul postingan, adapun pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips tentang cara untuk mengubah nama dari username tersebut.

Sebab username bawaan yang diberikan oleh pihak youtube terkadang memiliki nama yang aneh dan sulit untuk dihafalkan. Selain itu namanya pun terkadang seperti nama akun bot yang sangat jelek.


Oleh karena itu, agar nama username akun kita dapat terkesan lebih profesional dan juga lebih mudah dihafal, maka tidak ada salahnya untuk kita melakukan perubahan nama tersebut secara manual. 


Cara Mengganti Username pada Akun Youtube

Saat kita ingin mengubah username ini, maka ada dua cara yang dapat kita lakukan tergantung dari perangkat gadget yang dipakai

Cara yang pertama yaitu bisa langsung melalui aplikasi Youtube, dimana cara ini bisa diakses dengan menggunakan perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet.

Sedangkan untuk cara yang kedua bisa dilakukan dengan cara mengakses halaman website youtube via browser menggunakan perangkat komputer seperti PC desktop maupun laptop.


A. Via Aplikasi Youtube di Smartphone

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke aplikasi youtube di perangkat smartphone maupun tablet.

Setelah itu lalu pilih menu profil Anda/You yang posisinya berada dibagian sebelah kanan bawah > kemudian pilih menu Lihat channel.



2. Selanjutnya kemudian kita pilih icon pensil yang berada disebelah tulisan analytics.



3. Setelah itu lalu kita pilih menu Handle > baru setelah itu kita bisa langsung tulis dan ganti username dengan nama baru yang diinginkan.

Jika sudah lalu langkah terakhir kita pilih Simpan. Hingga langkah tersebut, maka proses pergantian username pun telah selesai dilakukan.


Catatan : agar bisa disimpan pastikan pada bagian username terdapat tanda ceklis berwarna hijau. Jika tidak ada, itu artinya username tersebut sudah digunakan oleh orang lain dan biasanya akan muncul juga tulisan "Nama sebutan channel ini telah digunakan".


B. Via Browser di Komputer

1. Langkah pertama kita akses halaman website youtube.com terlebih dahulu via browser > lalu pilih icon Profil akun yang ada disebelah kanan atas > kemudian pilih menu Channel Anda.



2. Setelah itu lalu pilih menu Sesuaikan channel.



3. Jika sudah lalu pilih menu Info dasar > kemudian pada menu Handle kita langsung saja ubah username lama dengan username baru yang kita mau.

Pastikan terdapat centang hijau disebelah kanan username yang menandakan jika nama tersebut memang belum dipakai oleh akun orang lain. Jika sudah lalu langkah terakhir kita cukup pilih Publikasikan.


Hingga tahapan tersebut, maka proses mengubah nama pengguna di akun channel youtube pun telah selesai dilakukan.

Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan kita mengganti username ini, maka selain nama channel kita lebih mudah untuk dihafal juga dengan melakukan custom manual, nama yang dipilih tentu tidak terkesan seperti bot yang random.


Demikianlah postingan singkat kali ini tentang cara mudah melakukan custom nama akun dan mengganti username pada channel youtube.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close