13 Pilihan Aksesoris PlayStation 5 yang Bisa Dimiliki


Bermain game menggunakan console PlayStation 5 sebenarnya bisa dijalankan dengan hanya menggunakan stick controller bawaan yang biasanya akan diberikan satu paket saat kita membeli console tersebut.

Yap, dengan memanfaatkan joystick bawaan versi terbaru yaitu dualsense, kita sudah bisa langsung memainkan judul game-game favorit kita yang ada di PS5 ini.

Namun Sony selaku brand yang membuat console PS5 sepertinya memang belum merasa puas dengan hal itu, dan pada akhirnya brand satu ini kemudian meluncurkan aksesoris maupun peripheral tambahan yang bisa didapatkan secara terpisah.

Tujuannya tentu saja selain untuk mendapatkan cuan yang lebih, hal inipun dimaksudkan agar para user bisa lebih betah untuk berlama-lama bermain game sambil mendapatkan pengalaman gaming yang impresif dan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Lulu apa saja jenis aksesoris tambahan dari PlayStation 5 tersebut yang bisa kita dapatkan? Nah untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Inilah 13 Jenis Aksesoris PlayStation 5 untuk Memaksimalkan Pengalaman Gaming


1. DualSense Edge Wireless Controller

Saat kita membeli console PS5 biasanya kita akan langsung mendapatkan 1 controller dualSense standar bawaan. Nah jika kita ingin membeli controller tambahan, maka tidak ada salahnya untuk kita mencoba membeli varian edge yang boleh dibilang memiliki keunggulan dari varian standar.

Secara umum DualSense edge ini sebenarnya memiliki fungsi utama yang hampir sama dengan tipe DualSense versi standar, hanya saja versi edge memang memiliki beberapa perbedaan terutama dari segi fitur yang dimiliki.
Perbedaan pertama yaitu ada pada sisi tampilan desain, dimana varian edge memiliki tampilan yang jauh lebih stylish dengan hadirnya warna hitam pada beberapa bagian yang menimbulkan kesan elegan seperti pada tombol bagian depan serta pada bagian touchpad.

Sementara pada sisi fitur terdapat beberapa kelebihan yang lumayan banyak, seperti tombol trigger bagian atas yang bisa di adjust, pengaturan sensitivitas stick, tombol R2 dan L2 yang bisa di remapping, serta bagian tombol function yang bisa digunakan untuk mengakses fungsi lain seperti untuk mengatur volume dan juga menu profil.

Lalu yang paling menarik yaitu ada pada bagian joystick analog yang sudah dibuat modular, sehingga memungkinkan untuk bisa diganti dengan cara dilepas jika bagian analog tersebut mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja lebih praktis karena kita tidak perlu repot untuk membeli controller yang baru jika bagian analog dari stick tersebut rusak.


2. Access Controller

Pada dasarnya access controller ini memiliki fungsi yang sama seperti halnya dengan stick dual sense, hanya saja access controller ini memang sengaja dibuat khusus untuk bagi mereka para gamer berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.


Secara desain access controller memiliki bentuk berupa cakram bulat yang dilengkapi dengan tombol-tombol input layaknya seperti pada dualsense. Dimana kelebihan dari tombol-tombol ini, yaitu bisa dengan mudah untuk dilepas pasang sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Bentuknya yang bulat memungkinkan access controller ini bisa ditaruh diatas meja, sehingga pengguna pun tidak perlu repot dan terus-menerus memegang controller selama menjalankan game PS5.


3. Sony Pulse Explore

Selain jenis controller, brand Sony pun tidak lupa juga untuk merilis produk yang berhubungan dengan device audio.

Yap, pada aksesoris untuk jenis perangkat satu ini, Sony sendiri sebenarnya telah mengeluarkan 3 varian device audio berbeda, yakni berupa headset dan juga earbuds yang bisa dihubungkan secara langsung dengan console game PlayStation 5, dimana salah satunya produknya tersebut yaitu bernama pulse explore.


Produk audio pulse explore sendiri pada dasarnya merupakan sebuah TWS earbuds yang memiliki bentuk yang sangat ringkas, sehingga sangat cocok digunakan bagi kita yang memang ingin bermain game namun tidak mau terlalu terganggu dengan perangkat yang menempel di telinga.

Adapun beberapa fitur dan kelebihan dari pulse explore ini, yaitu seperti konektivitas cepat yang minim latensi saat sedang menjalankan game, adanya Ai noise rejection, dan juga hidden microphone yang cukup jernih.


4. Sony Pulse Elite

Jenis device audio selanjutnya yaitu ada produk bernama pulse elite, yaitu sebuah perangkat headset/headphone wireless dengan desain yang futuristik dan memang didesain khusus untuk bisa membuat telinga menjadi lebih nyaman saat menggunakan headphone ini.


Pulse elite mengaplikasikan teknologi audio driver magnetik planar yang membuat suara yang dihasilkan dapat terdengar imersif, lebih realistis namun tetap memiliki konektivitas yang cepat dan juga minim latency.

Selain itu, pulse elite pun memiliki beberapa kelebihan lain, yaitu seperti adanya baterai yang tahan lama dengan disertakan fitur fast charging, sudah mengadopsi teknologi Ai enhanced noise rejection, serta adanya microphone yang bisa dengan mudah diatur sesuai dengan kenyamanan kita.


5. Sony Pulse 3D

Sony pulse 3D merupakan jenis headset/headphone wireless dengan memiliki fitur tempest 3D audio, yaitu fitur yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan juga pengalaman mendengarkan audio yang jauh lebih realistis dengan surround 3D yang memanjakan telinga.


Jika dibandingkan dengan varian pulse elite, desain dari pulse 3D ini terkesan lebih simpel namun tetap elegan, sehingga sangat cocok dipakai bagi kita yang memang tidak terlalu suka dengan bentuk yang terlalu mencolok maupun aneh-aneh.

Selain itu, dari harga yang ditawarkan pun varian pulse 3D ini tergolong lebih murah dari versi elite. Namun meskipun begitu, kualitas sound yang dihasilkan pun kurang lebih hampir sama hanya berbeda pada fitur yang diberikan saja.


6. PlayStation Portal

PS portal remote player merupakan salah satu produk berjenis handheld yang fungsinya bisa digunakan sebagai pengganti layar TV atau monitor saat memainkan game di PS5.



Jadi dengan memanfaatkan jaringan wifi, kita bisa dengan mudah untuk bermain game PS5 maupun PS4 dengan lebih fleksibel tanpa perlu untuk duduk di depan layar TV/monitor secara terus-menerus.

PlayStation portal ini dibekali dengan layar LED yang cukup luas yaitu sekitar 8 inch dengan resolusi hingga 1080p. Fitur seperti haptics feedback, adaptive trigger, dual speaker, hingga wifi 5, menjadi beberapa keunggulan yang ditawarkan pada perangkat tersebut.


7. PlayStation 5 HD Camera

Sony PS5 HD Kamera merupakan aksesoris tambahan yang bisa digunakan sebagai alat untuk merekam video dengan kualitas full HD 1080p dan sekaligus juga bisa difungsikan untuk melakukan live streaming video.
HD camera ini memiliki dua lensa dengan sudut bukaan yang cukup lebar sehingga mampu menghasilkan rekaman yang sangat jernih dengan jarak tangkapan yang juga sangat luas.

Beberapa fitur keunggulan yang dihadirkan pada HD camera for PS5, yaitu seperti bentuknya yang ringkas, bagian stand yang bisa diatur dan disesuaikan posisinya, dapat melakukan siaran picture-in-picture, serta fitur untuk menghilangkan background dan menggantinya dengan background green screen secara custom.


8. Media Remote

Seperti halnya remote televisi, media remote untuk PlayStation 5 sebenarnya memiliki fungsi yang kurang lebih hampir sama, yaitu untuk mengontrol dan menavigasi berbagai fitur hiburan pada ps5 dari jarak jauh.
Beberapa fitur hiburan tambahan yang tersedia di PS5, yaitu seperti menonton film, mendengarkan musik, streaming video, dan termasuk juga untuk mengatur volume suara. Semua menu yang ditampilkan tersebut dibuat dengan layout yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga tidak menyulitkan bagi para penggunanya.


9. Storage Tambahan

Seperti yang kita tahu bahwa kapasitas storage bawaan pada PS5 sendiri yaitu memiliki kapasitas sekitar 1TB. Hal tersebut seiring berjalannya waktu mungkin tidak akan mencukupi terlebih game-game zaman sekarang yang memang terkenal dengan memiliki space yang sangat besar.

Nah jika kita merasa kurang dan membutuhkan penyimpanan ekstra, maka dari pihak sony sendiri sebenarnya sudah menyiapkan 2 jenis space storage official tambahan yang bisa dipilih, yaitu berupa storage penyimpanan internal dan juga berupa storage penyimpanan eksternal yang bekerjasama dengan brand lain.


Untuk versi internal storage ada varian SSD M.2 dari western digital (WD) SN850P dengan kapasitas 4TB yang bisa dengan mudah untuk dilepas pasang pada perangkat PlayStation. Desainnya pun dibuat konsep all in one dimana bagian SSD sudah langsung terintegrasi dengan bagian heatsink.

Sementara untuk jenis eksternal storage terdapat versi Hard Disk Drive (HDD) dari Seagate dengan kapasitas sekitar 2TB dan juga 5TB. Hardisk eksternal tersebut sudah dilengkapi dengan konektor tipe USB type A 3.0 yang memiliki kecepatan akses yang sudah lebih dari cukup untuk bisa mengakses game-game pada konsol PS5.


10. Charging Station

Stand charging station seperti namanya yaitu memang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengecas daya baterai dari stick controller PS5 baik itu dualsense mapun dualsense edge.


Jadi dengan menggunakan device satu ini, kita dapat lebih mudah dan tidak perlu repot lagi saat ingin mengisi daya pada device controller, karena charging tersebut sudah memiliki mekanisme penggunaan yang jauh lebih simpel dan juga praktis.

Selain itu charger inipun bisa juga digunakan untuk mengecas dua controller sekaligus dengan kecepatan pengisian daya yang terbilang lumayan cepat.


11. Kabel HDMI PowerA

PowerA HDMI pada dasarnya merupakan kabel khusus yang berfungsi untuk menghubungkan antara console PS5 dengan jenis layar display apapun yang memiliki konektor HDMI.

Adapun beberapa keunggulan dari kabel PowerA, yaitu memiliki kecepatan ultra yang sangat tinggi dan sudah support hingga 48 Gbps bandwidth, serta memungkinkan untuk menampilkan gambar dengan gameplay tinggi dengan resolusi hingga kualitas 4K HDR 120Hz.

Selain itu, karena sudah berlisensi resmi kabel inipun memiliki durability dan reliability yang sangat baik. Belum lagi kabel PowerA juga memiliki ukuran yang cukup panjang yaitu bisa mencapai 10 kaki atau sekitar 304,8 cm (3 meter lebih).


12. Custom Console Cover

Jika kita memang senang melakukan custom dan juga ingin memiliki console PS5 yang terlihat lebih personal, maka salah satu opsi yang bisa kita pilih yaitu dengan mengganti bagian cover dari PS5 dengan menyesuaikan warnanya sesuai dengan keinginan kita.


Yap, hal ini bisa terjadi karena bagian cover dari PS5 sendiri sebenarnya bersifat removable sehingga bisa diganti dengan mudah tanpa perlu repot harus membeli console yang berbeda. Jadi jika kita merasa bosan dengan satu warna, mungkin kita bisa mencoba untuk menggantinya dengan warna yang lain.

Ada sekitar 9 pilihan warna yang tersedia dan bisa kita pilih, yaitu seperti warna sterling silver, starlight blue, galactic purple, volcanic red, cobalt blue, cosmic red, nova pink, midnight black, dan juga gray camouflage yang memiliki warna paling artistik.


13. Aksesoris PlayStation 4

Nah selain menggunakan perangkat aksesoris diatas yang memang dibuat khusus untuk PS5, ternyata konsol satu inipun masih menyertakan fitur backward compatibility, yaitu fitur yang memungkinkan kita untuk menggunakan aksesoris tambahan dari jenis console generasi sebelumnya yaitu PlayStation 4.

Jadi jika kita memang pernah menggunakan PS4 dan kebetulan memiliki beberapa aksesoris dari console tersebut, maka kita masih bisa memanfaatkan aksesorisnya tersebut untuk dijalankan di PS5.

Adapun beberapa aksesoris PS4 yang bisa berjalan di PS5, yaitu seperti stick controller dualshock, PS VR dan PS VR2 (virtual reality), PS move, dan juga beberapa aksesoris tambahan third party lainnya yang mungkin ada.


Nah demikianlah postingan kali ini mengenai aksesoris apa saja yang bisa kita miliki saat kita menggunakan perangkat elektronik dari console game PlayStation 5.

Meski cukup merepotkan karena harus membelinya terlebih dahulu, namun dengan kita memiliki beberapa aksesoris tambahan ini harusnya hal tersebut dapat membuat pengalaman bermain game di PS5 menjadi lebih baik dan semakin menyenangkan lagi.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close