Download Contoh ATP Sejarah Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Seperti yang telah kita tahu bahwa untuk bisa mendapatkan capaian pembelajaran (CP) yang baik dan bisa dengan mudah diterima siswa, maka para tenaga pendidik dalam hal ini guru diwajibkan untuk membuat dan menyusun rangkaian sistem ajar berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Setiap mata pelajaran tentu memiliki capaian ajar yang berbeda-beda, dan disinilah peran dari Guru untuk bisa menyusun ATP sesuai dengan kebutuhan dari para siswa yang akan diampu disekolahnya masing-masing.

Nah untuk bisa menyusun ATP lebih komprehensif, maka guru harus menganalisis mengenai Capaian pembelajaran umum yang diperlukan oleh para murid di akhir Fase ajaran.

Adapun pada mata pelajaran Sejarah khususnya untuk kelas 10 SMA/MA, terdapat setidaknya dua capaian umum yang harus bisa diraih oleh siswa di akhir fase.

Capaian pertama, yaitu siswa diharuskan untuk memahami mengenai konsep sejarah sebagai sebuah kisah. Siswa diharuskan untuk dapat menjelaskan mengenai beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu.

Ada beberapa materi yang wajib diketahui dan dipelajari oleh siswa di jenjang kelas 10 ini.

1. Siswa diharuskan untuk memahami mengenai konsep dan penyebaran dari asal usul nenek moyang serta jalur perdagangan rempah dari skala lokal, nasional, hingga di tingkat global.

2. Siswa harus memahami mengenai konsep ajaran agama Hindu-Budha, serta bisa membedah secara diakronis (urutan waktu) mengenai kerajaan Hindu-Budha yang tersebar di seluruh dunia termasuk yang ada di Indonesia.

3. Siswa mampu memahami tentang konsep kerajaan Islam dan mampu menganalisis perkembangannya hingga saat ini.

Capaian umum kedua yang harus diraih siswa pada mata pelajaran sejarah kelas 10, yaitu para siswa diharapkan mampu membedah mengenai konsep sejarah sebagai bagian dari ilmu. Pada konteks ini siswa harus belajar hal-hal teknis tentang ilmu kesejarahan. Adapun beberapa objek materi yang termasuk di dalamnya yaitu sbb : 

1. Siswa harus mempelajari dan memahami mengenai konsep tentang pengantar dasar ilmu sejarah, mengetahui tentang sumber sejarah baik itu sumber primer maupun sekunder, serta mampu untuk menyeleksi sumber-sumber yang sudah didapatkan tersebut dengan melakukan tahapan kritik sumber.

2. Mampu menjelaskan peristiwa sejarah dari sudut pandang masa lalu, masa kini, serta masa depan. Disamping itu, para siswa juga harus mampu menjelaskan peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan juga dunia.

3. Mampu memaknai peristiwa-peristiwa sejarah di masa lalu sebagai bagian dari pembelajaran hidup untuk bisa lebih baik di masa yang akan datang.

4. Siswa diharapkan mampu untuk mengolah dan memanfaatkan berbagai informasi sejarah baik itu yang berasal dari sumber konvensional, seperti buku, sumber lisan, artefak, dan peninggalan sejarah lain, serta dalam bentuk sumber digital, seperti foto, film dokumenter/film sejarah, vlog, timeline, dan sejenisnya.

Nah dari rumusan capaian pembelajaran secara umum yang telah dijelaskan diatas, selanjutnya Guru atau tenaga pendidik kemudian harus bisa menganalisis hal tersebut, untuk kemudian membuat ATP yang tersusun dan terorganisir agar para murid dapat lebih mudah untuk menyerap pelajaran yang diberikan.

Adapun beberapa contoh dari ATP pada mata pelajaran Sejarah kelas 1 SMA/MA maupun sederajat, dapat dilihat pada penjelasan berikut ini.


Download Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Sejarah Kelas 1 SMA/MA Kurikulum Merdeka

Pada dasarnya dalam membuat ATP, Guru dapat membuatnya dalam berbagai macam tulisan baik itu dalam bentuk Tabel, Diagram, maupun poin penjelasan seperti pada umumnya.

Hanya saja poin penting yang perlu diingat adalah ATP tersebut harus disusun berdasarkan jenjang pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kemampuan dari setiap siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan.

Adapun beberapa contoh dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada mata pelajaran Sejarah untuk kelas 10 dapat dilihat pada tautan dibawah ini :

     Contoh 1 ATP Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA

     Contoh 2 ATP Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA

     Contoh 3 ATP Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA

Demikianlah postingan kali ini tentang contoh dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Mapel Sejarah Kurikulum Merdeka untuk tingkat Kelas 1 SMA/MA maupun sederajat.


Jika ada yang kurang atau jika ada yang ingin ditanyakan seputar penambahan materi lainnya, mungkin bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian bawah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih 

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close