21 Istilah Populer di Anime & Manga yang harus Diketahui


Siapa yang tidak kenal dengan Film Anime dan juga cerita Manga. Karya seni populer yang berasal dari Jepang ini memang sudah banyak digemari oleh orang-orang diseluruh penjuru dunia termasuk juga di Indonesia.

Bagi kita yang baru mengikuti Anime dan juga Manga, mungkin kita seringkali mendengar istilah-istilah baru dalam bahasa Jepang yang terkadang terdengar asing dan bahkan belum pernah di dengar sebelumnya sama sekali.

Sebagai contoh seperti kata shonen, chibi, otaku, seiyuu, dan juga istilah lainnya. Dimana sebagian diantara kita mungkin masih ada yang belum mengetahui arti dari istilah tersebut. Padahal saat ngobrol bersama teman, kata-kata asing tersebut mungkin akan sering dibicarakan.

Nah oleh karena itu agar tidak bingung lagi, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai arti dari istilah yang sering muncul pada cerita anime maupun manga.

Adapun untuk mengetahui istilah apa saja yang akan dibahas, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Istilah-istilah dalam Anime dan Manga Jepang yang Wajib Diketahui

1. Anime, merupakan jenis animasi yang berasal dari Jepang. Penggunaan kata anime sendiri berasal dari kata Animation dalam bahasa Inggris, yang kemudian oleh orang Jepang dilafalkan dengan kata Anime-shon. Hingga disingkat menjadi Anime yang seperti kita ketahui hingga sekarang.

2. Chara, pada dasarnya merupakan kependekan dari kata character, yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut seorang tokoh/karakter dari cerita manga maupun anime, baik itu karakter utama, pendukung, antagonis, maupun protagonis.

3. Chibi, secara kata berarti anak kecil dalam bahasa Jepang, yaitu gaya menggambar karakter anime/manga dengan membuat bagian kepala lebih besar daripada bagian tubuh. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan hasil gambar yang terkesan lebih lucu, imut, dan juga menggemaskan.

4. Cosplay, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang sedang berpakaian dan memerankan tokoh karakter yang ada dalam cerita manga dan anime, bahkan bisa juga untuk karakter yang ada di dalam video game maupun jenis karya populer lainnya. Kata cosplay sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari kata costume dan juga play.

5. Fan Art, merupakan hasil karya seni kreatif yang biasanya dibuat oleh fans dengan terinspirasi dari karya original asli baik itu pada film, anime, manga, komik, video game, dll. Bentuk fan art pun bisa bermacam-macam, seperti berupa ilustrasi gambar, video pendek, maupun berupa cerita komik.

6. Filler Anime, adalah episode yang dibuat dan ditambahkan pada alur cerita anime dalam mengisi waktu dan memberikan jeda dari jalan cerita utama pada manga, agar episode anime tidak menyamai atau menyusul chapter pada manga. Cerita pada filler biasanya tidak berkaitan dan tidak berpengaruh pada jalan cerita utama.

7. Live Action, adalah film yang alur ceritanya diadaptasi dari manga maupun anime dan dibuat dalam versi aktor manusia, jadi bukan animasi lagi.

8. Manga, merupakan jenis cerita komik atau novel bergambar dari Jepang. Istilah Manga sendiri sebenarnya berasal dari dua suku kata dalam bahasa Kanji yaitu Man dan juga Ga. Man bisa diartikan sebagai cerita / karangan bebas, sementara Ga, bisa diartikan sebagai ilustrasi / gambar.

9. MC, dalam konteks anime maupun manga adalah singkatan dari Main character, yaitu bagian dari tokoh utama (protagonis) dalam konteks alur cerita yang ada. Sehingga plot cerita sering berpusat pada tokoh utama ini.

10. Omake, merupakan konten tambahan yang diselipkan pada cerita manga atau anime sebagai  bonus kepada fans. Omake biasanya berupa kumpulan beberapa gambar, cerita pendek, wawancara karakter yang bersifat hiburan.

11. ONA, merupakan singkatan dari Original Net Animation, yaitu jenis anime yang dibuat dan dirilis hanya melalui platform streaming online maupun situs web, sehingga tidak ditayangkan dalam media Televisi dan juga format fisik seperti CD/DVD.

12. OVA, merupakan singkatan dari Original Video Animation, yaitu jenis anime yang diproduksi dan dirilis dalam bentuk format video fisik seperti CD, DVD, Blu-ray, dan VHS, sehingga tidak untuk ditayangkan di media Televisi maupun bioskop.

13. Oneshot, merupakan jenis manga yang sangat pendek dan umumnya hanya terdiri dari satu bab cerita dalam satu volume.

14. Otaku, merupakan istilah yang sering digunakan dalam menyebut orang atau individu yang menyukai dan sangat terobsesi pada hobi tertentu, baik itu pada konteks anime/manga, cosplay, maupun hobi lainnya seperti dunia teknologi komputer, dsb.

15. Seiyuu, adalah istilah yang digunakan dalam menyebut pengisi suara dari karakter dalam film anime. Tidak hanya pada anime, sebenarnya peran seiyuu pun secara umum bisa juga ditujukan untuk pengisi suara lain seperti dalam video game, drama radio, dan media hiburan lainnya.

16. Shojo, adalah kategori anime maupun manga yang ditargetkan untuk audiens perempuan muda, dan alur cerita biasanya berfokus pada kisah percintaan dan drama. Contoh dari shojo, yaitu seperti Sailormoon.

17. Shonen, adalah kategori anime atau manga yang ditargetkan untuk anak remaja laki-laki. Kisah cerita shonen biasanya berupa kisah superhero yang memiliki fokus pada pertempuran, persahabatan, dan juga petualangan. Contoh dari shonen yang terkenal yaitu seperti Naruto dan juga Dragon Ball.

18. Seinen, adalah kategori anime atau manga yang ditujukan untuk target penonton kaum pria dewasa. Jalan cerita biasa berfokus pada genre aksi, petualangan, dan kehidupan yang kompleks. Contoh dari seinen seperti prison school dan ghost in the shell.

19. Josei, adalah kategori anime dan manga yang ditargetkan untuk penonton wanita dewasa. Kisah cerita biasa berfokus pada persolaan hubungan antar karakter, fashion, dan kehidupan percintaan. Contoh dari josei yaitu seperti Paradise Kiss.

20. Tankobon, adalah manga yang sudah dikompilasi menjadi satu dari berbagai chapter dan umumnya sudah berbentuk buku layaknya sebuah komik. Tankobon dibuat untuk memudahkan proses distribusi penjualan kepada para pembaca manga yang ingin memiliki karya manga dalam bentuk fisik.

21. Wibu, bisa juga ditulis dengan weeaboo merupakan istilah yang digunakan dalam menyebutkan seseorang yang menyukai budaya pop jepang terlebih dalam dunia anime dan juga manga. Jika otaku berlaku untuk hal-hal atau hobi yang bersifat umum, maka pada wibu cenderung hanya berfokus pada orang yang menyukai budaya jepang saja.


Demikianlah postingan kali ini tentang arti dari istilah-istilah pada cerita manga maupun anime yang wajib diketahui.

Jika ada istilah lain yang ingin ditanyakan, atau jika ingin berdiskusi masalah anime, maka bisa langsung saja disampaikan pada kolom komentar yang telah tersedia di bagian bawah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post
close