Manfaat dan Kelebihan Memasang Atap Kanopi pada Rumah


Banyak sekali komponen pendukung di dalam struktur bangunan rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat hunian dapat terlihat semakin cantik dan juga rapih. Salah satunya yaitu dengan penggunaan dari struktur rangka penutup bernama kanopi.

Pada dasarnya kanopi sendiri merupakan bagian dari jenis struktur atap yang posisinya seringkali terpisah dan berada diluar bangunan utama. Dimana saat ini, hampir kebanyakan dari desain rumah modern umumnya sudah dilengkapi dengan jenis atap kanopi ini.

Hal tersebut tidak terlepas karena material dari kanopi sendiri yang memang sudah sangat beranekaragam, yaitu seperti dari bahan polikarbonat, fiberglass, alumunium, kaca tempered glass, pvc, spandek, dan masih banyak lagi.

Sehingga dengan beragamnya pilihan yang ada tersebut, hal ini tentu saja dapat semakin memudahkan dalam proses pemasangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Disisi lain juga, banyak sekali nilai lebih serta manfaat yang bisa didapatkan jika suatu hunian rumah dipasangi dengan atap kanopi ini.

Lalu apa saja kelebihannya? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan dibawah ini.


Kelebihan yang Didapatkan jika Hunian Rumah Memiliki Kanopi


1. Melindungi Fasad dari Segala Cuaca

Salah satu kelebihan utama dari dibuatnya atap kanopi, yaitu bisa berfungsi sebagai pelindung terutama dibagian depan rumah agar lebih tahan terhadap terpaan kondisi cuaca setiap hari.

Paparan terik panas matahari, guyuran air hujan, maupun angin kencang tentu dapat membuat bagian rumah cepat rusak dan mudah kusam. Sementara jika ada kanopi, maka bagian seperti teras depan, halaman, dan garasi atau carport dapat lebih terlindungi dan juga bisa lebih tahan lama.

Selain dapat terlindungi dari faktor cuaca, keberadaan kanopi pun dapat juga difungsikan untuk melindungi properti rumah dari berbagai macam benda-benda yang jatuh dari atas, seperti contoh dedaunan, ranting pohon, debu, maupun material lain yang mungkin bisa mengotori bagian halaman depan rumah.


2. Mempercantik Bagian Eksterior

Selain memiliki manfaat dari segi fungsional, ternyata kanopi pun memiliki kelebihan yang dapat membantu dalam meningkatkan tampilan bagian fasad menjadi lebih estetik.

Dimana dengan pemilihan model dan material kanopi yang tepat sesuai gaya rumah yang dimiliki, hal ini tentu saja dapat membuat tampilan depan rumah menjadi terlihat semakin modern nan elegan.

Apalagi jika kita mendesain secara khusus dan menggunakan material yang berkualitas baik, bukan tidak mungkin rumah kita akan terlihat lebih ikonik dan terlihat berbeda dengan rumah yang ada disekitarnya.


3. Suhu Udara Lebih Sejuk

Dengan hadirnya kanopi, maka bagian yang tertutup tersebut seperti teras dan juga carport umumnya akan memiliki suhu udara yang lebih adem serta sejuk.

Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari akan terlebih dahulu disaring, sehingga tidak akan langsung menyoroti bagian fasad rumah.

Jadi sangat penting bagi kita untuk memilih material yang pas dan sesuai, agar selain bisa membuat rumah lebih keren juga bisa membuat bagian depan hunian dapat terasa lebih nyaman.


4. Sebagai Ruang Ekstra

Bagian depan yang lebih tertutup dari paparan sinar matahari, hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan oleh kita untuk dijadikan sebagai ruang tambahan yang nyaman untuk nongkrong.

Pada bagian halaman maupun teras bisa ditambahkan properti tambahan seperti kursi santai dan juga meja.

Sehingga hal ini memungkinkan kita untuk bisa berkumpul dan ngobrol bersama anggota keluarga lain, atau bisa juga dijadikan sebagai ruang terbuka untuk menerima tamu yang memang tidak terlalu dekat.

Yang pasti kita bisa duduk lebih santai disana, tanpa perlu khawatir akan kepanasan maupun cuaca yang buruk seperti kondisi hujan yang cukup deras.


5. Menghemat Biaya

Meski terlihat jauh lebih mahal karena kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membangun sebuah kanopi. Namun sebenarnya cara ini boleh dibilang merupakan pilihan yang paling efektif dan juga sangat tepat.

Sebab dengan dibuatnya atap tambahan, seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama hal ini bisa melindungi rumah terutama pada bagian depan agar tidak cepat rusak.

Misalnya saja bagian cat yang umumnya akan relatif lebih awet dan tidak mudah terkelupas karena tidak terlalu sering terpapar cuaca panas. Sehingga proses maintenance pun akan lebih jarang dilakukan.

Selain itu, dibandingkan dengan membuat atap model permanen yang menggunakan struktur genting, pemasangan struktur kanopi mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau karena pilihan dari materialnya yang memang sangat bervariasi, sehingga bisa disesuiakan dengan budget yang dimiliki.


6. Meningkatkan Nilai Jual

Saat kita ingin melakukan transaksi properti seperti menjual atau menyewakan rumah, maka tampilan dan kondisi dari hunian tersebut akan menjadi nilai jual yang utama.

Oleh karenanya, saat kita memasang berbagai macam aksesoris pendukung tambahan seperti kanopi. Hal ini tentu saja dapat membuat value dari properti rumah kita akan menjadi naik.

Calon pembeli maupun penyewa akan melihat ini sebagai salah satu poin plus, karena mereka merasa tidak perlu repot lagi untuk memasang komponen pendukung tambahan pada rumah yang tentu saja akan membutuhkan biaya renovasi lebih.


7. Hemat Energi

Kondisi bagian depan rumah yang relatif lebih sejuk, hal ini bisa berdampak juga pada suhu dubagian interior yang ikut menjadi terjaga dan juga lebih nyaman.

Cahaya dari terik matahari dan juga udara yang panas tidak akan langsung masuk kebagian jendela rumah jika adanya kanopi. Dan hal ini bisa membuat bagian dalam rumah menjadi lebih adem.

Sehingga keperluan dalam menggunakan peralatan elektronik pendingin tambahan seperti AC akan jauh lebih berkurang, karena ruangan sudah otomatis terasa lebih dingin. Dan pada akhirnya, hunian kita pun akan lebih ramah lingkungan dan juga pengeluaran untuk iuran listrik dapat lebih murah daripada seharusnya.


8. Mereduksi Suara Sekitar

Jika rumah kita berada disekitar lingkungan yang tergolong tidak kondusif, misalnya saja berlokasi di jalan besar yang banyak lalu lalang kendaraan. Sudah pasti suara bising akan lebih sering terdengar.

Nah oleh karena itu pemakaian dari kanopi ini ternyata dianggap mampu untuk mengurangi atau mereduksi suara berisik yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Sebab beberapa bahan yang digunakan pada model kanopi memang seringkali ada yang terbuat dari material akustik, yaitu material yang mampu meredam kebisingan suara sekitar. Beberapa contoh dari material akustik ini, yaitu seperti bahan kaca, rockwool, resin, polikarbonat, dll.

Selai itu, bentuk dari model kanopi pun ternyata bisa mengatasi suara bising juga. Misalnya saja bentuk kanopi yang cenderung melengkung atau bentuk yang lebih lebar, umumnya dapat menyerap kegaduhan suara jauh lebih baik.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari pemasangan sebuah kanopi pada rumah tempat tinggal kita.

Meski memiliki kelebihan, namun perlu diingat bahwa manfaat yang bisa didapatkan tersebut bersifat relatif, artinya akan bergantung sesuai dengan spesifikasi, model, serta material yang digunakan.

Jadi agar hunian kita dapat lebih nyaman dan mendapatkan perlindungan maksimal, jangan lupa untuk memakai material berkualitas didalam setiap pemasangannya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close