Cara Memperbaiki Teks Salah Ketik Typo secara Otomatis


Pernahkah kita melakukan kesalahan dalam menuliskan suatu kata atau kalimat saat sedang mengetik di sebuah perangkat digital?

Jika pernah, maka itulah kondisi yang sering dinamakan dengan istilah "typographical error" atau lebih dikenal juga sebagai typo, yaitu istilah yang mengacu pada kesalahan dalam mengeja kata saat sedang mengetik sebuah teks tulisan.

Yap, hampir semua orang pasti pernah mengalami kejadian satu ini, terutama bagi kita yang sering terburu-buru saat sedang mengetik, atau bisa juga bagi kita yang memang memiliki keseharian menjadi seorang penulis naskah yang sering menulis hingga ribuan kata per hari. Sehingga kondisi typo semacam ini sesekali mungkin akan terjadi.

Nah meski terlihat cukup sepele, namun jika terlalu sering dilakukan hal ini tentu saja bisa berdampak buruk.

Apalagi jika tulisan yang kita buat itu ternyata merupakan bagian dari tugas atau pekerjaan yang akan dinilai. Maka sudah pasti tulisan yang diketik haruslah benar-benar sempurna dan sebisa mungkin terhindar dari munculnya typo ini.

Sehingga bagi kita yang ingin terhindar dari kesalahan dalam mengetik ejaan yang tidak diharapkan ini, maka umumnya kita akan memeriksa dan mengeditya terlebih dahulu dengan cara dibaca.

Hanya saja jika dicek dengan dibaca secara manual, tentu akan menghabiskan banyak waktu. Nah oleh karena itu, sebenarnya ada cara yang sangat simpel dan juga jauh lebih praktis untuk mengatasi permasalahan satu ini.

Adapun untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Cara Memeriksa dan Memperbaiki Kata Typo secara Otomatis

Seperti yang kita tahu juga, bahwa pada dasarnya kesalahan mengetik alias typo ini seringkali terjadi pada saat kita menulis di perangkat komputer.

Hal ini tidak terlepas karena pada perangkat PC, umumnya tidak dibekali dengan fitur bernama auto correct yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan penulisan ejaan secara otomatis.

Sementara pada perangkat mobile seperti tablet maupun smartphone, bisa dibilang hampir semua produknya kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Jadi pada kesempatan kali inipun, kita akan berfokus untuk membahas mengenai cara memperbaiki typo secara otomatis melalui perangkat PC desktop maupun laptop saja.


1. Langkah pertama kita akses terlebih dahulu halaman website dari situs bernama Google docs.



2. Setelah itu kita pilih "Kosong" untuk membuat project dokumen yang baru.



3. Langkah selanjutnya lalu kita Copy dan Paste-kan saja teks tulisan yang ingin dicek dari adanya typo. Misalnya kita salin teks tersebut dari program seperti Microsoft word atau program sejenis yang lain.


4. Setelah itu lalu kita tekan tombol shortkey berupa Ctrl + Alt + X pada keyboard secara bersamaan.

Jika sudah, maka akan langsung muncul kotak tampilan berupa kata yang mungkin salah tulis atau kata yang tidak sesuai dengan kaidah tatabahasa yang seharusnya


Lalu untuk memperbaiki kata yang dianggap salah tersebut, kita cukup memilih opsi Terima. Sementara jika kata tersebut dirasa sudah benar, maka cukup pilih Abaikan saja.

Lakukan cara tersebut sampai selesai hingga ke halaman terakhir dan tidak ada kata yang salah dalam pengetikan maupun salah dalam pemenggalan kata.


5 . Jika sudah, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu kita bisa langsung mendownload file yang sudah diedit tersebut menjadi file dokumen Ms. Word.

Caranya cukup pilih menu File > lalu pilih Download > kemudian pilih opsi Microsoft Word (.docx).



Hingga langkah diatas, maka proses untuk mengecek dan mengedit kata yang salah dalam pengetikan alias typo pun telah berhasil diselesaikan.


Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan melakukan cara ini jadi kita tidak perlu repot lagi untuk membaca satu persatu teks tulisan yang begitu banyak hanya untuk memeriksa dari kesalahan typo ini.

Akhir kata, semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close