Cara Membuat Simbol Titik Dua Otomatis di Microsoft Excel


Saat membuat file dokumen berjenis formulir isian menggunakan Microsoft Excel, terkadang kita mungkin akan membutuhkan karakter berupa tanda titik dua (:) pada dokumen tersebut.

Dimana penggunaan simbol ini memang memiliki tujuan, yaitu sebagai pemisah antara judul dengan keterangan informasi yang harus diisi. Misalnya saja seperti contoh dibawah ini.

Nama :
Alamat :
Usia :
Riwayat Pendidikan :

Nah permasalahannya, bagaimana jika tanda titik dua yang harus ditulis itu cukup banyak. Dimana mungkin kita kebetulan sedang memiliki banyak project pekerjaaan yang harus segera diselesaikan.

Tentu saja jika hal tersebut terjadi, selain akan cukup merepotkan karena sangat tidak praktis, hal ini pun pasti juga bisa menghabiskan banyak waktu.

Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk berbagi tips tentang cara menulis tanda titik dua di program office Microsoft Excel dengan otomatis dan tanpa perlu mengetiknya secara manual satu per satu.

Kelebihan jika kita menggunakan cara ini, selain tentunya bisa lebih cepat juga hasilnya dijamin akan terlihat lebih rapih dan tidak mencong-mencong tiap garis yang diketik pada bagian dibawahnya .

Nah adapun untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan di bawah ini.


Cara Cepat Menulis Simbol Titik Dua di Program Microsoft Excel

1. Langkah pertama kita buka program office Microsoft Excel lalu siapkan teks tulisan yang akan diberikan karakter titik dua.

Selanjutnya kita blok semua tulisan tersebut, atau agar lebih praktis bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + panah bawah secara bersamaan pada keyboard komputer.



2. Setelah itu kita buka menu bernama Format Cells pada menu Home, dengan menekan icon panah yang ada dibagian samping dari tulisan number atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + 1 (lihat gambar dibawah).



3. Jika sudah maka akan muncul tampilan menu baru, disini kita cukup pilih opsi Custom > lalu pada pada bagian type langsung saja kita ketik atau copy kode tulisan berikut ini.

     @* :


Namun untuk beberapa program Excel terutama versi lama, mungkin kita harus menambahkan tanda kutip diantara tanda titik dua yang diketik. Jadi kita harus menulis dengan kode seperti berikut.

     @* ":"


4. Jika sudah lalu selanjutnya kita cukup pilih OK. Dan hasilnya simbol karakter titik dua pun akan langsung tertulis secara otomatis dengan bentuknya yang sejajar dan juga rapih dari mulai atas sampai bawah.

Adapun hasil akhirnyanya bisa terlihat seperti pada gambar dibawah ini.



Hingga langkah tersebut, maka cara untuk menulis karakter titik dua di program software Ms. Excel pun telah berhasil dilakukan.

Catatan : Sedikit disclaimer bahwa pada tutorial ini kita menggunakan program Microsoft office Excel versi tahun 2019. Bagi pengguna versi dibawah atau versi diatasnya, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan dalam setiap tahapan yang ada.

Jadi silahkan saja teman-teman bisa langsung tinggalkan komentar dibagian bawah jika memang ada tahapan pada langkah-langkah tersebut yang belum dimengerti atau tidak sesuai.


Nah demikianlah artikel singkat kali ini tetang tips mudah dan cepat untuk menuliskan simbol titik dua pada program office Ms. Excel.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close