Cara Mengembalikan File Microsoft Word yang Belum Disave


Pernahkah kita mengalami kejadian kehilangan data saat sedang mengetik di program Microsoft word. Mungkin beberapa orang diantara kita, ada yang sudah pernah mengalami kondisi seperti itu.

Dimana ketika kita sedang asyik mengetik, tiba-tiba saja tampilan dari word tertutup dengan sendirinya, baik itu karena kita tidak sengaja menekan tombol close atau karena komputer kita yang memang error kemudian hang.

Yang jelas jika hal itu terjadi, pastinya akan membuat kita menjadi sangat kesal. Apalagi jika file yang sedang dikerjakan itu memang sudah cukup banyak, tentu saja akan sangat melelahkan sekali jika harus dikerjakan dari awal lagi.

Nah oleh karena itu, jika hal tersebut pernah atau bahkan sering kita alami. Sebenarnya ada tips mudah untuk bisa mengatasi masalah ini.

Adapun cara yang dilakukan, yaitu dengan melakukan recovery file dari data yang hilang karena belum disave. Dan cara inipun tentu saja sangat praktis karena kita tidak perlu lagi untuk memasang aplikasi tambahan, melainkan cukup dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Cara Mudah dan Praktis Kembalikan Data yang Hilang pada Dokumen Microsoft Word

1. Langkah pertama kita buka lembar kerja baru (document blank) di program office Ms. Word > kemudian kita pilih menu File.



2. Setelah itu lalu kita pilih menu Info > lalu pilih Manage Document > kemudian pilih opsi Recover Unsaved Document.



3. Langkah berikutnya kita buka folder tempat menyimpan file Microsoft word yang belum di save tadi (biasanya nama folder akan sama dengan judul dokumen yang sedang ditulis).

Setelah itu akan langsung muncul file yang belum disave > kita hanya perlu meng-klik nya > kemudian pilih Open (atau bisa juga dengan melakukan double click).



4. Jika sudah maka file yang sudah hilang sebelumnya pun akan langsung otomatis muncul kembali dan lengkap sesuai dengan apa yang terakhir kita tulis.

Bagaimana mudah dan praktis bukan?


Tips Mengatasi agar File Ms. Word Tidak Mudah Hilang

Walaupun sangat membantu dengan adanya fitur tersebut. Namun saat kita sedang menulis di program Microsoft Office jenis apapun, sebaiknya kita selalu sempatkan untuk melakukan save data secara berkala meski tugas kita belum benar-benar selesai 100%.

Cukup dengan menekan tombol CTRL + S secara bersamaan, maka file pekerjaan pun akan langsung disimpan di memori storage. Dan tentunya dengan melakukan cara tersebut data kita akan lebih aman jika suatu saat komputer kita mati secara tiba-tiba maupun mengalami hang lagi.

Atau jika kita memang sering lupa, mungkin kita bisa mencoba untuk mengaktifkan fitur bernama autosave yang memiliki fungsi yaitu untuk melakukan save data secara otomatis.

Fitur tersebut biasanya sudah ada di berbagai program Microsoft Office zaman sekarang, baik itu word, excel, power point, maupun program office lainnya. Jadi jangan lupa untuk selalu menyalakan fitur tersebut demi keamanan file kerja kita.


Nah demikianlah artikel simpel kali ini tentang cara mudah mengembalikan file tulisan di program Microsoft word yang hilang akibat belum di save.

Jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close