Cara Matikan/Nyalakan Suara Keyboard Smartphone Xiaomi


Saat kita sedang mengetik di sebuah perangkat smartphone, mungkin kita pernah atau bahkan selalu mengaktifkan fitur bernama sound on keypress.

Yap bagi yang belum tahu, jadi singkatnya fitur tersebut berguna agar saat kita sedang mengetik, maka keyboard atau papan ketik pada handphone dapat mengeluarkan suara dari setiap karakter huruf, angka, maupun simbol yang diketik.

Bagi sebagian orang, fitur semacam ini mungkin saja dapat menambah pengalaman saat sedang menulis menggunakan perangkat gadget. Apalagi jika suara ketikan tersebut diiringi dengan vibrasi atau getaran, maka kenikmatan dalam mengetik pun dijamin akan menjadi semakin satisfying.

Namun sayangnya, pengalaman seperti itu tentu saja tidak semua orang ingin menggunakannya. Sebab tidak jarang ada sebagian orang yang malah merasa terganggu dari adanya suara yang muncul saat sedang mengetik tersebut.

Nah oleh karena itu, bagi kita yang memang merasa terganggu atau justru sebaliknya, kita ingin menyalakan fitur tersebut karena sebelumnya memang belum aktif. Maka pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk membagikan tips tersebut.

Adapun pada postingan kali ini, tutorial yang akan dibagikan hanya khusus bagi user smartphone merk xiaomi saja.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Suara Tombol Keyboard di HP Xiaomi

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai 2 cara yang berbeda tergantung dari jenis keyboard yang sedang digunakan.

Cara pertama, yaitu jenis keyboard bawaan dari brand xiaomi sendiri yang lebih dikenal sebagai nama emoji keyboard. Sementara cara yang kedua, yaitu bagi kita khusus penggunaa Gboard (google keyboard). Jadi silahkan sesuaikan saja dengan jenis keyboard yang sedang kita gunakan saat ini.


Cara 1 : Pengguna Emoji Keyboard

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke menu Settings atau Setelan telepon > kemudian kita pilih menu Setelan tambahan.

2. Setelah itu lalu kita pilih menu Bahasa & Masukan > pilih menu Atur Keyboard > kemudian pilih opsi Emoji Keyboard.



3. Jika sudah, maka kita akan masuk ke menu tampilan baru. Disini kita cukup pilih Setelan > pilih opsi Masukkan > pilih Lanjutan > dan baru terakhir kita aktifkan atau matikan menu Suara saat tekan tombol.



4. Jika suara tombol di rasa masih kurang kencang, kita pun masih bisa mengubah tingkat volumenya dengan cara menaikan ke angka yang lebih tinggi. Selain itu, jika ingin ada getaran atau vibrate saat sedang mengetik, maka kita bisa mengaktifkan menu getar saat tekan tombol.


Cara 2 : untuk Pengguna Gboard Google

1. Pertama kita buka menu Settings pada perangkat smartphone > lalu pilih opsi Setelan tambahan > selanjutnya pilih opsi Bahasa dan Masukkan.

2. Berikutnya pilih menu Atur keyboard > lalu kemudian pilih opsi Gboard.

3. Jika sudah lalu kita pilih menu Preferensi > kemudian langsung saja kita aktifkan atau matikan fitur Berbunyi jika tombol ditekan. Selanjutnya untuk mengubah tingkat suara kita bisa mengatur pada opsi volume yang ada persis dibagian bawahnya.



Nah selain itu, untuk mendapat feedback berupa getaran saat sedang mengetik, kita bisa mengaktifkan fitur info via sentuhan saat tombol ditekan, agar pengalaman menulis menjadi terasa lebih baik.

Hingga langkah diatas, proses untuk mengatur suara maupun getaran pada tombol keyboard di HP xiaomi pun telah selesai dilakukan.

Tips : INGAT! Jika kita ingin mengaktifkan fitur nada tombol keyboard ini, maka agar suara tersebut dapat berbunyi disarankan agar HP tidak berada di mode Hening (silent). Sebab jika handphone berada di mode silent, biasanya suara keyboard tidak akan terdengar sama sekali meski kita sudah mengaktifkan fitur ini.

Catatan : Sedikit disclaimer juga, bahwa pada tahapan tutorial ini, kita menggunakan user interface dari MIUI versi 14.

Bagi yang masih menggunakan versi lama atau bahkan sudah diupdate dengan menggunakan versi paling baru, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan dalam menjalankan tutorial tersebut. Silahkan tinggalkan komentar, jika memang ingin dibuatkan versi MIUI yang lainnya.


Nah demikianlah tips pada postingan kali ini tentang 2 cara untuk mengubah pengaturan suara keyboard di handphone xiaomi agar bisa berbunyi maupun mati.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close