Kelebihan Layar OLED (AMOLED) Dibanding Jenis Panel Lain


Saat kita berbicara mengenai layar pada perangkat mobile seperti laptop maupun smartphone, maka umumnya akan ada dua jenis panel layar yang paling terkenal dan sering digunakan, yaitu tipe panel IPS (LCD) dan juga tipe panel OLED.

Kedua jenis layar tersebut banyak dipilih karena memang kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi, dimana poin keunggulan dari kedua tipe layar ada pada tingkat warna serta sudut pandang yang lebih luas jika dibandingkan jenis panel lainnya.

Jadi sangat wajar jika keduanya saat ini banyak diaplikasikan pada berbagai macam produk perangkat gadget, baik itu untuk varian smartphone, laptop, maupun untuk monitor PC sekalipun.

Namun meskipun sama-sama bagus, panel layar OLED sebenarnya bisa dibilang memiliki keunggulan yang sedikit lebih baik jika dibanding dengan panel IPS, apalagi jenis layar lainnya seperti TFT, TN maupun VA.

Hal ini tidak terlepas, karena OLED sendiri memang merupakan bagian dari produk teknologi terbaru dan bisa dikategorikan sebagai next gen khususnya dalam hal layar perangkat monitor.

Nah lalu apa saja sih keunggulan yang bisa didapatkan dari pemakaian OLED display ini? Jika memang penasaran dan ingin mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Inilah  5 Keunggulan yang Bisa Didapatkan dari Penggunaan Layar OLED

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya panel OLED merupakan jenis display yang memungkinkan setiap piksel yang ada untuk bisa menghasilkan cahaya sendiri. Ini tentu sedikit berbeda dengan tipe LCD, dimana cahaya berasal dari lampu latar yang diarahkan menuju cairan kristal.

Sehingga jenis layar ini bisa dibilang lebih efisien jika dibanding dengan layar LCD seperti model IPS, maupun jenis panel LCD display lainnya seperti tipe TN, VA, maupun TFT.

Sementara itu, ada juga istilah AMOLED yang sebenarnya merupakan tipe spesifik dari panel OLED namun telah dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Disisi lain, AMOLED ini lebih sering diaplikasikan pada perangkat mobile seperti smartphone karena memiliki efisiensi yang jauh lebih baik jika dibanding OLED biasa.

Nah adapun kelebihan yang bisa dirasakan dari penggunaan layar OLED adalah sbb :


1. Tampilan Visual Lebih Jernih

Hal pertama yang membedakan jenis OLED display dengan tipe lainnya, yaitu ada pada kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun jenis layar lain sudah dibuat sangat bagus sekalipun, namun saat dicompare langsung akan tetap kalah dengan OLED dari sisi visual yang bisa ditampilkan.

Sebagai gambaran, teknologi pada OLED mampu menghasilkan kontras warna yang sangat detail serta akurat, dimana warna hitam akan terlihat sangat hitam pekat, sementara warna yang lebih cerah akan menghasilkan warna yang sangat jernih dan bisa mendekati warna aslinya.

Sehingga gambar maupun video yang ditampilkan, bisa terlihat sangat realistis dan juga lebih hidup, layaknya kita sedang melihat pemandangan layaknya dibalik jendela kamar.

Hal ini tidak terlepas juga karena rasio kontras yang ada, umumnya sudah mencapai angka 1.000.000 : 1, sehingga sangat mungkin untuk bisa menghasilkan detail gambar yang lebih baik. Ditambah lagi dengan color space yang berada di kisaran 100% DCI-P3 atau 133% sRGB, hal ini mampu membuat warna akan jauh terlihat lebih tajam.


2. Waktu Respon Cepat

Response time pada konteks screen display, yaitu bisa diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan oleh setiap pixel pada layar untuk bisa berubah dari satu warna ke warna lainnya.

Nah pada tipe OLED display, kecepatan waktu respon ini memiliki transisi yang begitu sangat singkat dan juga lebih mimin latency. Dimana hal ini dapat meminimalisir adanya efek blur berlebih atau ghosting yang sering ditimbulkan saat mengakses gerakan yang cukup cepat.

Sehingga saat kita menonton video dengan memiliki transisi cepat seperti genre film action atau bisa juga saat kita sedang bermain game kompetitif yang membutuhkan refresh rate tinggi, hasil gambar yang dihasilkan dapat terlihat lebih tajam dan tetap detail.


3. Efisiensi yang Baik

Setiap titik piksel yang ada pada layar OLED, masing-masing akan selalu aktif dan mampu menghasilkan cahaya-nya sendiri. Lalu jika ada tampilan dari display gambar yang membutuhkan warna hitam, maka tiap pixel tersebut akan langsung dimatikan untuk menghasilkan warna hitam itu.

Hal tersebut, selain bisa memberikan warna hitam yang lebih pekat, dengan matinya tiap pixel untuk menampilkan warna hitam juga dapat membuat penggunaan daya menjadi lebih efisien.

Sehingga tidak heran, jika layar OLED terkenal sangat hemat energi dan bisa membuat penggunaan perangkat portabel seperti smartphone memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih awet.


4. Lebih Nyaman Dimata

Selain mampu menghasilkan tampilan yang full color, Layar OLED pun pada dasarnya memiliki sudut pandang yang jauh lebih luas, dimana memungkinkan user dapat memandang layar dengan jelas disetiap sisi (atas-bawah, kiri-kanan) tanpa adanya perubahan warna yang ekstrem.

Hal ini tentu saja berbeda dengan beberapa model panel layar seperti tipe TN atau VA, yang terkadang saat dilihat dari sisi samping, maka tampilannya akan langsung berubah warna dan terlihat agak berbeda.

Bahkan jika sudut pandang saat menonton semakin besar, tampilan gambar mungkin akan terlihat menjadi sangat blur dan tidak jelas sama sekali, melainkan hanya berupa gambar visual berwarna hitam-putih saja.

Disisi lain demi menunjang kenyamanan, beberapa jenis panel OLED seringkali sudah dilengkapi dengan fitur canggih bernama eye care. Dimana fitur tersebut berfungsi untuk mengurangi radiasi sinar biru (blue light) pada layar yang dapat merusak mata. Jadi meski menatap layar dalam waktu yang lama sekalipun, mata kita dapat tetap aman dan tidak mudah lelah.


5. Desain Fleksibel

Poin terakhir, salah satu keunggulan yang ditawarkan dari panel OLED, yaitu mengenai keberadaan bentuk dari layar yang bisa di desain lebih ringan, lebih tipis dan juga fleksibel.

Hal ini tidak terlepas karena material yang digunakan jauh lebih ringkas jika dibandingkan dengan tipe panel lainnya seperti jenis layar LCD. Tidak adanya lapisan pencahayaan tambahan yang tebal seperti pada LCD, hal ini dapat membuat OLED memiliki bentuk yang jauh lebih lebih ramping.

Sehingga jangan heran jika saat ini banyak sekali jenis layar monitor lengkung (curved) yang terbuat dari material panel OLED. Selain itu, ada juga jenis ponsel lipat seperti seri samsung Galaxy fold dan flip yang disusun dengan menggunakan jenis panel AMOLED display yang sangat elastis.


Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai kelebihan apa saja yang bisa didapatkan saat kita menilih untuk membeli jenis perangkat gadget yang menggunakan panel layar Organic Light Emitting Diode (OLED).

Meski memiliki nilai yang cukup impresif, namun bukan berarti jenis layar satu ini tidak memiliki kekurangan sama sekali.

Adapun salah satu titik lemah dari penggunaan panel OLED yang sering terjadi, yaitu adanya kondisi yang disebut dengan burn-in display, dimana saat itu terjadi maka display akan memunculkan gambar statis yang tidak bisa hilang akibat dari gambar yang selalu ditampilkan secara terus menerus pada layar.

Namun meskipun begitu, faktanya hingga sekarang kondisi gawai yang mengalami burn-in bisa dibilang sudah semakin berkurang. Hal ini tentu saja seiring dengan pengembangan dan perbaikan yang terus dilakukan pada teknologi OLED ini.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close