Inilah Manfaat Menanam Kaktus di dalam Rumah


Menaruh tanaman hias dibagian interior rumah, memang bisa menambah tampilan ruangan menjadi semakin menawan dan juga terasa lebih hidup.

Hanya saja banyak orang yang malas untuk menanam jenis tumbuhan asli di dalam ruangan, karena hal tersebut mungkin sering dianggap sangat merepotkan dan tidak jarang malah bisa membuat rumah terkesan menjadi sumpek.

Nah jika demikian, sebenarnya ada alternatif lain yang bisa kita coba, yaitu dengan memelihara jenis tanaman hias berupa kaktus. Selain lebih simpel dalam hal masalah perawatan, tumbuhan berduri inipun jika ditata dengan baik dan benar, ternyata bisa membuat bagian interior rumah akan terkesan lebih kekinian serta asri.

Tidak hanya itu saja, meski terlihat hanya berupa tumbuhan tegak yang penuh duri, kaktus juga ternyata meyimpan banyak sekali manfaat atau kelebihan yang bisa diperoleh.

Lalu kira-kira apa saja manfaat jika kita menanam kaktus di bagian dalam rumah? Nah untuk mengetahui lebih detailnya, maka bisa langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Kelebihan Memelihara Tanaman Kaktus untuk Ruangan

Secara umum tumbuhan kaktus lebih mudah ditanam dan juga ditempatkan diberbagai macam ruangan, yaitu seperti di ruang tamu, kamar mandi, dapur, maupun beberapa ruangan lainnya. Adapun kelebihan yang bisa didapatkan jika kita memelihara tanaman berduri ini yaitu sbb.


1. Mempercantik Bagian Interior

Sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk yang bisa dibilang cukup unik, kaktus ini tentu saja sangat cocok sekali jika ingin dijadikan sebagai hiasan pengisi interior ruangan.

Bentuknya yang khas akan membuat rumah bisa terlihat semakin cozy dan juga enak dipandang. Apalagi banyak ukuran serta varietas dari tumbuhan satu ini, sehingga hal tersebut bisa disesuaikan dengan gaya maupun tema dari hunian rumah kita.

Jika rumah kita ingin terlihat lebih adem dan berkesan menawan, mungkin kita bisa mencoba untuk memilih kaktus jenis telinga kelinci (opuntia microdasys) yang memiliki bentuk lucu namun bisa membuat rumah berkesan semakin elegan nan kekinian.

Sementara untuk dekorasi rumah agar bisa memiliki nuansa yang lebih hangat (warm), maka kita bisa mencoba untuk menanam jenis kaktus golden barrel (echinocactus grusonii) dengan gaya berbentuk bulat serta warna cenderung kuning keemasan yang sangat indah.


2. Memperbaiki Kualitas Udara

Seperti kebanyakan jenis tumbuhan lain, kaktus pun sebenarnya sangat bermanfaat juga dalam menetralisir udara yang kotor.

Tanaman hias satu ini bisa menyerap gas karbon dengan cukup baik dan akan mengubahnya menjadi gas oksigen. Sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk dan menyegarkan meski tidak dipasang AC sama sekali. Berbeda jika kita menaruh hiasan berupa tanaman palsu, yang tidak memberikan efek apapun dalam hal keasrian ruang.

Selain itu, kaktus pun bisa sedikit membantu dalam meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, sebab tumbuhan ini memang mampu untuk menyaring udara dari kotoran atau debu halus dan juga polusi udara.


3. Memberikan Efek Relaksasi

Seperti halnya saat kita sedang menjalankan suatu jenis hobi, dengan memelihara kaktus hal inipun tentu bisa juga membantu kita untuk menciptakan suasana menyenangkan yang dapat menaikkan mood-booster.

Ditambah lagi, jika kita menanam kaktus dengan berbagai macam varietas serta warna yang beragam, maka hal tersebut tentu bisa juga membuat mata menjadi betah dan tidak bosan untuk memandangi dari setiap sudut ruangan.

Semakin banyak nuansa alami yang ada di dalam rumah, akan membuat perasaan semakin nyaman dan hal tersebut pun bisa dijadikan sebagai cara untuk relaksasi mengurangi tingkat stres setelah seharian kita melakukan aktivitas diluar yang cukup melelahkan.


4. Membuat Kita Produktif dan Bertanggung Jawab

Memelihara tanaman hias termasuk kaktus tentu saja akan membutuhkan beberapa hal dasar yang harus dilakukan seperti melakukan penyiraman, perawatan lain secara berkala, serta memposisikan di tempat yang pas agar ruangan bisa terlihat semakin indah.

Nah untuk melakukan itu semua, tentu saja dibutuhkan komitmen serta konsistensi kita untuk bisa merawat tanaman tersebut agar selalu dalam kondisi yang baik.

Jika dilakukan secara benar, memelihara kaktus tentunya bisa dijadikan sebagai ajang pembelajaran agar kita bisa menjadi orang yang lebih bertanggung jawab ketika menjalankan sesuatu.

Belum lagi tugas memelihara tanaman seperti ini, akan membuat kita bisa lebih giat beraktivitas dan tidak malas-malasan lagi selama berada di rumah. Sehingga produktifitas pun akan meningkat serta bisa menambah vibes positif saat menjalani kehidupan sehari-hari.


5. Tidak Memerlukan Effort Lebih

Dan hal terakhir yang cukup penting untuk diketahui, yaitu bahwa kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tergolong mudah untuk dipelihara karena sangat minim perawatan.

Jadi bagi kita yang memang merasa ingin simpel dan tidak mau kerepotan saat memelihara tumbuhan di dalam ruangan, maka kaktus mungkin bisa menjadi salah satu solusi terbaik.

Sebab tumbuhan satu ini memang terkenal tahan akan kondisi kekeringan serta sumber air yang terbatas, sehingga kitapun tidak perlu rutin untuk melakukan proses penyiraman.

Ditambah lagi, kaktus bisa bertahan meski minim terkena sinar matahari, dimana hal tersebut tentu saja sangat cocok ditaruh di ruangan interior yang umumnya memang terbatas akan sinar matahari yang masuk.


Nah itulah tadi, sedikit tips serta kelebihan yang dapat kita rasakan jika memilih untuk memelihara tanaman kaktus di dalam rumah. Bagi kita yang memang merasa malas atau memiliki aktivitas yang sangat sibuk, memilih jenis tumbuhan ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang tepat.

Selain terbilang cukup mudah dalam hal perawatan, biaya atau cost yang harus dikeluarkan untuk maintenance tanaman hias satu inipun tergolong sangat ramah dikantong.

Meskipun begitu, ada satu hal yang harus diingat, bahwa kaktus memiliki cukup banyak duri yang menempel di setiap batangnya. Sehingga jika kita ingin memeliharanya, maka untuk masalah posisi penempatan tentu harus dipikirkan agar bisa jauh dari jangkauan anak-anak.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close