Tips Membuat Video Insta Story Jernih di HP Android


Banyak orang mungkin sering bertanya kenapa sih pada saat kita membuat video insta stories maupun reels di perangkat smartphone android, kualitasnya akan langsung menurun dan jauh berbeda dibanding jika kita mengunggah video melalui HP iphone.

Ini biasa terjadi dimana ketika kita buat video menggunakan aplikasi instagram di android, seringkali hasilnya akan kurang jernih dan tidak jarang malah berkesan seperti patah-patah.

Sebenarnya jika ingin dijelaskan lebih jauh, akan banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Misalnya saja, yaitu seperti karena software dari IOS yang memang sudah sangat baik dalam hal memaksimalkan setiap aplikasi yang dijalankan jika dibandingkan dengan OS android. Lalu bisa juga karena jaringan internet yang digunakan tidak stabil, sehingga bisa membuat loading gambar video menjadi patah-patah.

Atau bisa juga karena faktor hardware kamera serta sensor yang dipakai. Sebab seperti yang kita ketahui, ponsel android banyak sekali varian yang dimilikinya dari masing-masing brand, dari mulai kelas entry level hingga kelas flagship.

Jadi sangat memungkinkan dengan semakin banyak tipe tersebut, akan membuat hasil rekaman video bisa menjadi berbeda-beda.

Nah namun dari sekian faktor yang telah disebutkan diatas, boleh dibilang ada satu tips sederhana yang bisa dimanfaatkan agar hasil rekaman video untuk insta stories maupun reel di smartphone android dapat lebih bagus hasilnya.

Adapun untuk bisa mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pada ulasan di bawah ini.


Tips Memaksimalkan Kualitas Video InstaStories dan Reels dengan Smartphone Android

Pada dasarnya untuk memaksimalkan hasil record video instagram ini sangatlah simpel, yaitu kita hanya perlu mengaktifkan satu fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas maksimal dari hasil rekaman gambar.

Ada dua cara yang bisa digunakan, dimana masing-masing cara ini bisa diakses tergantung dari versi instagram di perangkat gadget kita. Meski begitu, kedua cara tersebut sebenarnya memiliki tahapan yang hampir sama walaupun memang ada sedikit perbedaan.


Versi Instagram Terbaru

1. Langkah pertama kita buka aplikasi instagram, lalu masuk ke menu profil > pilih icon tiga garis horizontal dibagian kanan atas > kemudian pilih menu Settings / Pengaturan.



2. Setelah itu kita pilih menu Akun > kemudian pilih opsi Penggunaan Data Seluler.



3. Jika sudah, lalu langsung pada opsi kualitas unggahan kita hanya perlu mengaktifkan menu bernama Unggah dalam kualitas tertinggi.




Versi Instagram Lama

1. Langkah pertama kita buka menu profil instagram yang ada disebelah kanan bawah > lalu pilih icon 3 garis horizontal > kemudian pilih menu Pengaturan dan Privasi / Settings and Privacy.



2. Selanjutnya lalu kita pilih menu Penggunaan data dan Kualitas Media.



3. Jika sudah lalu langkah terakhir kita nyalakan opsi menu bernama Unggah dalam kualitas tertinggi dengan menggeser bilahnya ke arah kanan.

Hingga langkah tersebut, maka proses untuk memaksimalkan kualitas rekam video pendek insta story di smartphone android pun telah berhasil dilakukan.

Selain menggunakan cara tersebut, hasil record video sebenarnya akan bergantung juga pada kualitas kamera maupun sensor handphone yang sedang dipakai. Semakin bagus kualitas kamera dan sensor yang ada, maka hasilnya tentu saja akan semakin baik.


Demikianlah artikel singkat kali ini, jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung ditanyakan saja pada bagian kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Terima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini dan akhir kata sampai bertemu kembali di postingan lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close