Cara Mengubah Keyboard HP Xiaomi ke Bahasa Indonesia


Salah satu fitur yang dimiliki oleh kebanyakan keyboard smartphone saat ini, yaitu berupa fitur pembantu bernama saran kata atau word suggest.

Singkatnya fitur tersebut berguna untuk membantu kita agar bisa lebih cepat saat ingin menuliskan sebuah kata atau kalimat tertentu.

Biasanya saran kata ini akan muncul dibagian atas dari keyboard ketika kita sudah mengetik satu atau beberapa karakter huruf apapun.

Lalu jika ingin menggunakannya yaitu cukup dengan memilih saran kata yang telah muncul, maka kata tersebut pun akan langsung tertulis secara otomatis, tanpa perlu repot lagi untuk menulis kata tersebut secara lengkap.

Namun fitur saran kata ini biasanya akan memberikan sugesti tergantung dari bahasa keyboard yang dipakai. Jadi jika kita menggunakan settingan telepon berbahasa inggris, maka sugesti dari kata yang akan dimunculkan paling utama yaitu akan berada dalam bahasa Inggris pula

Nah lalu bagaimana cara untuk mengubah settingan keyboard ke bahasa Indonesia? Padahal kita sendiri sebagai orang Indonesia, tentunya kemungkinan besar akan lebih sering untuk mengetik dalam ejaan bahasa indonesia.

Jadi bagi kalian yang memang ingin mengubah setelan bahasa pada keyboard, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

Oh ya, seperti yang tertulis pada judul, pada tutorial kali inipun kita hanya akan membahas cara untuk mengganti fitur sugest word ini khusus bagi pengguna handphone merk Xiaomi saja.


Cara Mengganti Bahasa Keyboard Smartphone Xiaomi Jadi Bahasa Indonesia

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengubah bahasa keyboard pada handphone xiaomi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan coba share tentang kedua tutorial tersebut. Adapun tutorial di nomor 1 adalah cara normal yang biasa digunakan yaitu melalui menu pengaturan.

Sedangkan untuk langkah nomor 2 adalah cara lebih praktisnya. Jadi jika kita ingin mengetahui cara yang paling simpel, maka kita bisa langsung melihat ulasannya pada tutorial nomor 2 saja.


Cara 1 Melalui Melalui Menu Settings

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu menu Settings atau Setelan telepon > kemudian pilih Setelan tambahan additional setting.



2. Setelah itu lalu kita pilih menu Bahasa & Masukan / Language & input.



3. Langkah selanjutnya pada opsi Bahasa / Language kita ubah menjadi Bahasa Indonesia.



4. Jika sudah kemudian kita buka aplikasi apapun untuk menampilkan keyboard (disini kita membuka aplikasi Catatan).

Pada saat akan mengetik akan muncul notifikasi dengan tulisan "Setel bahasa Indonesia sebagai bahasa keyboard Anda saat ini". Nah disini kita cukup pilih Okay.


Hingga langkah diatas, maka suggest keyword pun akan otomatis berganti menjadi kata dalam bahasa indonesia.


Tutorial 2 Menggunakan Shortkey

Cara yang kedua ini terbilang lebih cepat dan sangat praktis jika dibandingkan dengan cara sebelumnya.

1. Langkah pertama kita tampilkan keyboard dengan masuk ke mode menulis. Disini kita bisa membuka melalui aplikasi apapun, yang penting keyboard dapat muncul.

2. Setelah itu kita cukup tekan dan tahan tombol spasi selama beberapa detik.



3. Setelah itu akan langsung muncul beberapa opsi pilihan bahasa. Disini kita bisa langsung menggantinya dengan memilih bahasa Indonesia.

Nah bagaimana ternyata cara kedua ini lebih simpel bukan?


Demikianlah tips artikel kali ini tentang cara mengubah bahasa keyboard di smartphone Xiaomi menjadi bahasa Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close