Cara Melindungi Furniture Kayu agar Tidak Dimakan Rayap


Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya rayap. Hewan satu ini memang seringkali masuk ke dalam rumah, lalu bersarang dan kemudian merusak berbagai macam jenis perabotan rumah terutama yang berasal dari material kayu.

Meja, kursi, lemari, dan jenis furniture lain, biasanya akan cepat rusak dan mudah keropos jika hama satu ini telah bersarang di dalam perabotan tersebut.

Oleh karenanya, agar rumah kita bisa terhindar dari serangan hewan satu ini, maka tindakan pencegahan serta pembasmian tentu akan sangat dibutuhkan agar furniture yang ada dapat tetap kokoh serta bisa dipakai hingga bertahun-tahun.

Lalu bagaimana sih sebenarnya cara yang benar untuk mengatasi dan menghilangkan populasi rayap di dalam rumah? Dan bagaimana cara melindungi perabotan berbahan kayu agar tidak dimakan oleh serangga tersebut?

Nah untuk bisa mengetahui penjelasan lebih detail tentang hal itu, maka sebaiknya langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Tips Mencegah Rayap agar Tidak Merusak Perabotan Kayu di Rumah


1. Memilih Furniture Berkualitas

Meskipun rayap senang untuk menggerogoti kayu sebagai sumber makanannya, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis kayu berkualitas tinggi yang memang lebih tahan terhadap serangan dari rayap.

Adapun beberapa jenis kayu tersebut diantaranya seperti kayu jati, kayu akasia, kayu borneo, kayu teakwood, dan juga kayu merbau. Kelimanya memang memiliki ketahanan alami yakni berupa serat yang terbilang cukup keras dan juga kuat, sehingga membuat rayap akan sulit untuk menggerogoti jenis kayu tersebut.

Jadi jika kita memang ingin membeli furniture yang kokoh dan bisa bertahan lebih lama, maka memilih jenis furniture yang menggunakan bahan kayu diatas mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan.

Ya, walaupun harga yang harus dibayarkan tentu saja akan jauh lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis furniture lain yang memiliki kualitas standar pada umumnya.


2. Melapisi dengan Cat Khusus

Saat memasuki proses finishing, produsen perabotan kayu memang seringkali sudah melapisi setiap produknya dengan menggunakan cat pelapis khusus, termasuk didalamnya berupa jenis pelapis anti rayap.

Namun sayangnya tidak semua produsen ini mau memakai pelapis berkualitas baik, bahkan tidak jarang malah ada beberapa pengrajin yang justru tidak memberi pelapis anti rayap sama sekali.

Oleh karena itu, untuk memberi perlindungan yang maksimal, kita bisa melakukan pelapisan ulang secara mandiri dengan menggunakan cat khusus anti rayap.

Adapun beberapa jenis cat yang bisa kita pakai yaitu seperti pelitur, epoksi, atau bisa juga dengan melakukan pelapisan vernis lain asalkan mengandung zat insektisida yang berguna untuk menangkal hewan bertipe serangga.


3. Menyimpan Perabotan di Tempat yang Benar

Meletakkan perabotan terutama yang berasal dari bahan kayu memang tidaklah boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini agar mencegah dari pelapukan yang masif dan juga adanya serangan dari rayap.

Nah untuk menghindari hal ini, kita dapat menempatkan barang-barang furniture di tempat yang cenderung kering dan tidak lembab. Lalu jika ingin ditaruh berdempetan di dekat bagian dinding tembok, maka jangan lupa untuk memberikan jarak yang cukup, agar tingkat kelembapan dapat lebih terjaga.

Sebab rayap memang sangat menyukai tempat yang lembab serta jarang tersinari matahari, karena lingkungan yang seperti itu merupakan tempat tinggal yang ideal bagi rayap untuk bisa bertahan hidup dan juga berkembang biak dengan lebih cepat.


4. Manfaatkan Pewangi Alami

Beberapa bahan alami seperti kayu manis, lemon, dan juga cedar memang dikenal cukup efektif dalam membantu mengusir rayap. Ketiga bahan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan kamper alami, karena binatang serangga tidak menyukai bau wangi-wangian yang terlalu menyengat.

Kita bisa menaburkan serpihan kayu cedar atau kayu manis di area yang terdapat rayap bersarang. Misalnya saja bisa dimasukkan ke dalam lemari atau rak buku, seperti pada saat kita sedang menaruh pewangi kamper pada umumnya.

Nah sementara untuk lemon, kita bisa memerasnya terlebih dahulu baru kemudian dicampurkan dengan menggunakan air. Jika sudah, lalu larutan lemon tersebut bisa kita masukkan kedalam wadah spray, dan setelah itu bisa langsung digunakan dengan cara disemprotkan ke bagian furniture yang terdapat rayap.


5. Menggunakan Minyak Solar (Etanol)

Selain bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan maupun mesin diesel, solar atau etanol pun ternyata bisa juga difungsikan untuk membasmi berbagai macam jenis serangga secara langsung.

Solar ini memiliki sifat yang dapat mengeringkan lapisan pelindung pada tubuh serangga, termasuk salah satunya yaitu rayap. Jadi saat hewan serangga tersebut terkena bahan etanol, maka umumnya mereka tidak akan bisa bertahan lama. 

Saat kita baru membeli barang furniture untuk perlengkapan di dalam rumah, maka perabotan kayu tersebut bisa disemprotkan terlebih dahulu dengan menggunakan cairan solar ini.

Setelah itu keringkan selama beberapa hari hingga zat-zat atau senyawa pada solar bisa menyerap dengan sempurna. Baru setelah itu kita bisa menyimpan furniture tersebut di tempat yang sudah disiapkan sebelumnya.


Nah itulah tadi artikel mengenai cara untuk mencegah serta membasmi rayap agar tidak merusak peralatan rumah tangga khususnya yang terbuat dari bahan kayu.

Namun perlu diingat juga, bahwa meski sudah dibasmi terkadang hama satu ini dapat muncul kembali.

Oleh karena itu, cara yang paling efektif agar perabotan bisa terhindar dari serangan rayap, yaitu dengan kita selalu memantau secara berkala isi perabotan di dalam rumah, dan tidak lupa juga untuk melakukan proses pencegahan agar hewan tersebut tidak merusak lagi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close