Cara Cek Jumlah Slot dan Speed RAM pada PC-Laptop


Saat kita menggunakan perangkat komputer khususnya device laptop, tidak jarang kita ingin melakukan proses upgrade hardware terutama pada bagian memori RAM.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti karena kita ingin memaksimalkan jumlah kapasitas RAM dari PC laptop, ataupun karena memang perangkat tersebut dianggap sudah cukup lemot. Sehingga jalan satu-satunya untuk meningkatkan kembali performa yang ada, yaitu harus dengan melakukan proses upgrade ini.

Namun saat akan upgrade, pernahkah kita lupa akan spesifikasi dari memory yang ada pada laptop kita sendiri?

Misalnya saja, apakah RAM yang terpasang di perangkat tersebut masih satu slot ataukah sudah full 2 slot. Lalu masalah clock speed memory tersebut apakah masih DDR4 dengan speed 3200MHz, 3600MHz, atau bahkan sudah menggunakan versi DDR5 yang memiliki speed jauh lebih kencang lagi.

Nah padahal informasi seperti itu tentu saja sangat penting sekali untuk diketahui, agar kita tidak salah dalam membeli produk. Sebab jika salah, maka bukan tidak mungkin RAM tambahan yang dibeli tersebut malah tidak kompatibel dengan jenis memory yang sudah terpasang. Atau jikapun berjalan, performa yang dihasilkan tersebut tidak akan maksimal.

Oleh karena itu agar bia terhindar dari kesalahan seperti contoh diatas, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi dari memory RAM. Cara ini bisa dibilang cukup simpel karena kita tidak perlu untuk menginstall aplikasi tambahan lagi.

Adapun jika kita memang ingin mengetahuinya, maka bisa langsung disimak saja pada ulasan dibawah ini.


Tips Mengetahui Jumlah Slot dan Clock Speed RAM pada Komputer/Laptop

1. Langkah pertama kita cukup menekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard secara bersamaan > lalu kemudian pilih menu Task Manager.

Atau jika kita sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu windows 11, kita bisa langsung menekan Ctrl + Shift + Esc (Escape) untuk membuka program task manager tersebut.

2. Setelah itu lalu langsung saja kita pilih menu Performance > kemudian pilih opsi Memory.




3. Jika sudah, maka pada bagian bawah akan langsung terlihat mengenai informasi slot memory yang sedang digunakan.


Bisa dilihat pada keterangan Slot used tertulis 2 of 2, yang artinya jika perangkat PC komputer tersebut memiliki 2 slot RAM yang bisa dipakai dan statusnya sudah terisi dua-duanya.

Sementara untuk frekuensi kecepatan (clock speed), kita bisa melihat pada info Speed. Dimana disana tertulis 3200MHz, yang artinya bahwa RAM yang dipakai tersebut merupakan jenis RAM DDR4 dengan memiliki kecepatan maksimal sekitar 3200 MHz.

Bagaimana simpel dan praktis bukan?

Dengan menggunakan cara ini, jadi kita tidak perlu repot lagi membongkar body laptop hanya untuk melihat kapasitas slot memori yang tersedia.

Namun jika kita merasa kurang dan ingin mendapatkan informasi yang jauh lebih detail lagi, mungkin kita bisa mencoba untuk memasang aplikasi software pihak ketiga seperti CPU-Z maupun HWInfo.


Dengan menjalankan program tersebut, kita dapat mengeksplor lebih banyak data lagi, tidak hanya info seputar RAM saja, melainkan sumber data lain seperti tentang spesifikasi CPU, GPU, dll.


Nah demikianlah artikel kita kali ini tentang tips mudah untuk mengecek spesifikasi memory RAM pada perangkat komputer maupun laptop.

Sebenarnya khusus untuk PC desktop, cara ini tidak terlalu berguna karena kebanyakan casing PC desktop zaman sekarang, memang sudah banyak yang menggunakan penutup cover transparan dengan terbuat dari tempered glass.

Sehingga kita bisa lebih mudah untuk memastikan masalah ini, yaitu cukup dengan melihat langsung pada bagian motherboard yang terekspos.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close