Cara Mematikan PC Komputer Otomatis dengan Timer


Pernahkah kita bertanya mengenai apakah perangkat PC komputer bisa dimatikan secara otomatis dengan sendirinya? Jika kalian pernah berfikir seperti itu, maka jawabannya yaitu tentu saja sangat bisa.

Jadi setiap perangkat komputer terutama yang memang menggunakan sistem operasi bawaan Windows, biasanya terdapat fitur bernama timer shutdown. Sehingga pada saat kita mengaktifkan fitur ini, maka perangkat PC bisa langsung mati secara otomatis sesuai yang sudah ditentukan sebelumnya.

Hal ini bisa dibilang memiliki prinsip yang kurang lebih hampir sama seperti fitur timer yang ada pada kamera. Dimana saat mode timer ini diaktifkan, kamera akan langsung menjepret tampilan objek secara otomatis menjadi sebuah foto. Sementara jika pada PC, timer ini akan membuat perangkat tersebut menjadi ter-shutdown by sistem.

Nah kita sebagai user, bisa menentukan sendiri berapa banyak waktu yang dibutuhkan agar komputer bisa melakukan shutdown secara otomatis, sehingga lebih fleksibel untuk digunakan.

Cara ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama bagi kita yang memang berniat ingin meninggalkan perangkat komputer dalam waktu lama dan dengan keadaan masih hidup karena masih menjalankan tugas tertentu.

Contohnya saja yaitu seperti pada saat melakukan proses download atau rendering video, yang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga dengan menjalankan fitur ini kita bisa meninggalkan perangkat PC tersebut, dan jika sudah selesai maka perangkat tersebut akan langsung ter-shutdown dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur timer ini? Nah untuk bisa mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak langkah-langkahnya pada ulasan di bawah ini.


Cara Mematikan Komputer secara Otomatis Menggunakan Fitur Timer

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke program bernama Command Prompt atau biasa juga dikenal sebagai CMD.

Caranya cukup tekan tombol Windows/Start + tombol R secara bersamaan untuk mengakses menu Run > baru setelah itu kita ketik saja cmd > lalu kemudian pilih OK atau tekan tombol Enter.



2. Jika sudah maka program command prompt akan langsung terbuka. Disini lalu kita tinggal ketik keyword seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Dibaca:
shutdown (spasi) -s (spasi) -t (spasi) 60

Khusus untuk angka 60 bisa kita ganti sesuai dengan keinginan kita. Dimana angka 60 sendiri yaitu memiliki arti 60 detik, sehingga PC akan langsung shutdown setelah 60 detik berlalu.

Misalnya jika kita ingin mematikan komputer dalam waktu kurang lebih selama 1 jam, berarti bisa kita tulis dengan angka 3600, yang berarti 3.600 detik alias 1 jam. Jadi tinggal atur dan sesuaikan saja waktu timer tersebut dengan kebutuhan kita.

3. Jika sudah lalu selanjutnya kita tekan tombol enter pada keyboard > lalu pada notifikasi yang muncul kita pilih close.

Hingga langkah diatas, maka proses timer shutdown pun akan langsung berjalan otomatis mengikuti waktu yang telah diatur sebelumnya.

Jika ingin mencoba mengetes fitur ini terlebih dahulu apakah berjalan atau tidak di perangkat kita. Maka kita bisa set waktu 60 detik saja untuk sekedar trial fitur tersebut. Jika berhasil, selanjutnya kita bisa mengatur di waktu yang lebih lama.


Nah demikianlah postingan artikel kali ini tentang cara mudah untuk mematikan Perangkat PC desktop maupun laptop secara otomatis.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan baru bagi kita. Akhir kata terima kasih telah bersedia berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close