Cara Hilangkan Notifikasi Sticky Key saat Tekan Tombol Shift


Pernahkah saat kita sedang asyik mengetik atau bermain game, lalu tiba-tiba saja muncul pemberitahuan yang bertuliskan kurang lebih seperti ini "Do you want to turn on Sticky keys?"

Jadi pada saat kita secara tidak sengaja menekan tombol shift beberapa kali dalam waktu yang singkat, biasanya notifikasi tersebut akan langsung muncul dan meminta izin kepada kita apakah mau mengaktifkan fitur bernama sticky keys atau tidak.

Nah bagi yang belum tahu, sticky keys adalah salah satu fitur pada komputer windows maupun OS lainnya, yang memang sengaja dibuat khusus. Adapun tujuannya yaitu untuk membantu orang-orang disabilitas, terutama bagi mereka yang tidak bisa menekan dua tombol sekaligus pada keyboard, seperti saat ingin menggunakan shortkey.

Pada saat fitur ini aktif, maka untuk melakukan shortkey dua tombol, bisa dilakukan secara bergantian satu per satu. Misalnya saat kita ingin mengcopy file, umumnya orang akan menekan shortkey CTRL + C secara bersamaan.

Namun bagi yang tidak bisa menekan secara bersamaan, kita bisa menekan tombol shortkey tersebut satu persatu secara terpisah asalkan mode sticky keys ini diaktifkan.

Pertama cukup tekan tombol CTRL terlebih dahulu, baru setelah itu tekan tombol C. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan bagi mereka penyandang disabilitas.

Disisi lain bagi kita pengguna normal, justru seringkali merasa terganggu dari adanya notifikasi fitur tersebut. Dimana terkadang beberapa program malah bisa keluar sendiri saat fitur sticky keys tidak sengaja diaktifkan.

Nah tidak perlu khawatir, karena jika kita memang merasa tidak butuh dengan fitur satu ini, maka sebenarnya kita bisa mematikan notifikasi tersebut secara manual. Dan untuk mengetahui caranya, langsung saja kita simak pada ulasan di bawah ini.


Cara Nonaktifkan Fitur Sticky Keys pada Komputer Windows

Perlu diketahui bahwa secara default fitur dari sticky keys ini sebenarnya memang akan non-aktif. Hanya saja saat kita menekan tombol shift beberapa kali (sekitar 5 kali), maka akan muncul notifikasi yang memberitahukan untuk menyalakan fitur tersebut.

Nah hal inilah yang terkadang mengganggu bagi kebanyakan orang, terutama saat bermain game tertentu yang memang membutuhkan banyak menekan tombol shift secara berulang-ulang.

Adapun agar bisa menghilangkan notif tersebut, ada dua cara yang bisa kita lakukan. Pertama melalui menu settings dan yang kedua yaitu melalui tools control panel.


A. Menggunakan Menu Setting Komputer

1. Langkah pertama kita pilih tombol windows / start > lalu pilih menu Settings.



2. Setelah itu pilih menu Accessibility > pilih opsi Keyboard > kemudian buka opsi Sticky Keys.



3. Terakhir pada menu "Press the shift key 5 times to turn Sticky keys on or off" kita nonaktifkan dengan cara diklik hingga bilahnya berubah menjadi ke arah kiri.



B. Menggunakan Tools Control Panel

1. Langkah pertama kita klik start / windows > lalu pilih menu windows tools > kemudian pilih opsi Control Panel.

Atau agar lebih cepat bisa juga dengan mengetik "control panel" di menu search.



2. Setelah itu pilih menu Ease of Access > lalu pilih opsi Change how your keyboard works.



3. Jika sudah lalu kita pilih Set up sticky keys > lalu hilangkan tanda centang atau Ceklis pada opsi Turn on sticky keys when SHIFT is pressed five times.

Jika sudah lalu klik Apply kemudian pilih OK.



Hingga langkah diatas, maka proses menghilangkan notif pemberitahuan dari fitur sticky keys pun telah berhasil untuk dimatikan. Lalu untuk benar-benar memastikannya, maka kita bisa menekan tombol shift dengan cepat sebanyak 5 kali. Jika tidak muncul notifikasi berarti kita sudah berhasil.

Catatan : Semua tutorial menggunakan OS windows 11. Bagi pengguna yang masih menggunakan versi dibawahnya, mungkin saja ada sedikit perbedaan meskipun hal itu tentu tidak akan terlalu jauh berbeda.


Nah itulah tadi tips simpel tentang cara untuk mematikan pemberitahuan fitur sticky keys pada komputer dengan sistem operasi windows 11. Jika ada tahapan yang belum dimengerti, sebaiknya langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkunjung, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close