Inilah Produk Unik Brand Xiaomi selain Smartphone


Xiaomi kita tahu merupakan salah satu dari produsen pembuat smartphone yang terkenal kencang namun harganya tergolong sangat murah.

Meskipun begitu kita tahu juga bahwa brand yang satu ini merupakan salah satu brand yang tidak hanya menjual perangkat gadget saja, melainkan juga menjual berbagai macam barang perlengkapan elektronik lainnya.

Barang-barang elektronik yang dijual tersebut pada dasarnya memang merupakan barang-barang perlengkapan rumah tangga seperti yang sudah banyak di produksi oleh perusahaan sejenisnya.

Namun yang membedakan dan yang menjadi andalan dari barang xiaomi tersebut yaitu tentu saja selain produknya yang memang berkualitas juga umumnya gadget tersebut sudah dilengkapi beragam fitur canggih dengan embel-embel sebagai "perangkat pintar".

Adapun perangkat yang akan dibahas kali ini bukan seperti smartwatch, powerbank, maupun headset TWS, karena produsen lainpun sudah banyak yang memproduksi hal tersebut. Adapun perangkat yang dimaksud disini, yaitu berupa barang yang biasa dilihat dan digunakan sehari-hari di rumah kita.

Jadi bisa dibilang produk tersebut memang memiliki fungsi utama yang relatif sama seperti barang pada umumnya, hanya saja ditambah dengan fitur unik pintar yang dapat lebih memudahkan bagi para penggunanya. Dimana jenis perangkat canggih seperti ini, sering dikenal sebagai istilah smart-home. 

Lalu apa saja barang-barang dari produksi brand xiaomi yang tergolong unik tersebut? Nah untuk mengetahui apa saja, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Produk Canggih Xiaomi selain Smartphone


1. Vacuum Cleaner

Alat ini bernama Mi Robot Vacuum yang dapat berfungsi sebagai alat untuk membersihkan debu-debu maupun kotoran yang berserakan dilantai rumah kita.

Vacum cleaner ini memiliki banyak sensor yang terpasang disekelilingnya sehingga memungkinkan untuk dioperasikan secara otomatis tanpa perlu takut menabrak benda-benda yang ada didepannya.

Dilengkapi algoritma yang cukup pintar membuat alat ini dapat memetakan area di rumah kita dengan sangat akurat.


Selain itu setelah melakukan pekerjaan membersihkan kotoran, secara otomatis alat ini bisa kembali ke port charger untuk melakukan isi ulang baterai, sehingga kita tidak perlu melakukan isi ulang secara manual.


2. Teko Pintar

Xiaomi sendiri menyebut produk ini sebagai Mi Smart Kettle yaitu sebuah tempat penyimpanan air berbentuk teko yang bisa digunakan untuk memanaskan air.

Seperti namanya yaitu smart teko kelebihan utama dari benda ini yaitu suhu air yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, karena kita tahu bahwa untuk memanaskan minuman seperti kopi atau teh maka suhu idealnya pun memiliki tingkat yang berbeda.

Sehingga kita dapat dengan mudah untuk mengatur suhu tersebut dengan perangkat mi home di smartphone.


Selain itu diklaim pula bahwa produk ini dapat memanaskan air lebih cepat dari produk sejenisnya dengan panas air yang bisa bertahan hingga sekitar 12 jam, serta penggunaan daya listrik yang sangat rendah.


3. Rice cooker

Di daftar peralatan selanjutnya ada rice cooker pintar yang disebut dengan Mi Induction Heating Rice Cooker. Seperti namanya alat ini merupakan penanak nasi yang bisa juga digunakan untuk merebus makanan lainnya.

Kelebihan dari alat ini yaitu kita bisa mengatur cara memasak nasi sesuai dengan jenis nasi dan tingkat yang ingin dicapainya.


Selain itu keunggulan lainnya yaitu kita tidak perlu takut ketika lupa menyalakan atau mematikan karena perangkat ini dapat dioperasikan secara langsung dengan menggunakan perangkat smartphone.


4. Timbangan Berat Badan

Alat yang satu ini memiliki nama Mi Scale yaitu sebuah timbangan pengukur berat badan yang cukup pintar.

Penimbang berat badan ini dapat difungsikan hingga bobot maksimal sekitar 150Kg. Keunggulannya yaitu alat ini dapat dihubungkan langsung dengan perangkat smartphone sehingga kita dapat menyimpan riwayat berat badan kita sebelumnya.


Selain itu terdapat pula fitur Body Masa Index yang dapat mengetahui tingkat proposional badan kita berdasarkan berat dan tinggi tubuh.

Dan yang paling canggih alat ini dapat mengetahui orang yang sedang ditimbang berdasarkan data grafik yang telah dimasukkan sebelumnya.


5. Sikat Gigi

Sikat gigi elektrik buatan xiaomi ini diberi nama Mi electric toothbrush yang bisa membersihkan gigi secara otomatis dengan tiga tingkat putaran yaitu lembut, sedang, dan kencang.

Penggunaan teknologi ultrasonik dianggap mampu membersihkan kotoran di gigi dengan maksimal namun tetap aman.


Desainnya yang ergonomis membuat sikat gigi ini mampu menjangkau dan membersihkan dari sisa makanan hingga ke sela-sela kecil sekalipun.

Sementara dengan adanya teknologi sensor magnetic, hal itu diklaim mampu membuat gigi menjadi lebih bersih dan putih jika dibandingkan dengan sikat gigi konvensional biasa.


6. Lampu Gestur

Namanya adalah mi motion-activated night light yaitu sebuah lampu yang memiliki sensor canggih sehingga dapat menyala tanpa perlu repot untuk dihubungkan kepada sakelar kontak.

Lampu ini akan otomatis menyala di malam hari ketika adanya suatu sinyal gerakan disekitarnya. Sensor induktif yang membentuk sudut 120 derajat dapat menangkap gerakan hingga jarak sekitar 6 meter.

Setelah lampu menyala maka secara otomatis lampu pun akan mati lagi sekitar 15 detik setelahnya.


Lampu ini cocok digunakan diarea seperti di jalan taman ataupun jalan koridor yang gelap, sehingga membuat lampu hanya akan aktif bila ada orang yang lewat saja.

Selain itu lampu ini pun cocok juga digunakan di kamar sebagai pengganti lampu tidur. Jadi jika di malam hari terbangun dan ingin pergi ke toilet, kita tidak usah repot-repot untuk menyalakan lampu lagi.


7. Lampu LED Warna

Berbeda dengan lampu yang sudah dibahas sebelumnya, jenis lampu yang satu ini sebenarnya hampir sama seperti lampu biasa pada umumnya yang harus di pasang didudukan lampu.

Adapun yang membedakannya dengan lampu biasa yaitu cahaya pada lampu ini bisa berganti warna sesuai dengan keinginan pengguna.


Pilihan warna dapat diatur hingga 16 juta warna pilihan dan akses yang mudah dengan hanya menggunakan sentuhan lewat smartphone sebagai alat untuk mengaturnya.

Bahkan lampu yang bernama Mi LED Smart Bulb ini bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan perintah suara seperti google asisstant atau Alexa besutan Amazon.


8. Masker Pintar

Mi AirPop merupakan produk masker besutan xiaomi yang berfungsi untuk menyaring udara disekitar dengan sangat baik.

Masker ini memiliki bentuk yang telah didesain sedimikian rupa sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk wajah agar tetap nyaman ketika digunakan terutama pada bagian hidung yang dibuat sangat rapat agar tidak ada udara yang dapat masuk.


Dibagian sisi bagian luar terdapat sebuah kipas kecil yang dapat berputar secara otomatis dan difungsikan sebagai tempat untuk sirkulasi udara.

Selain itu empat sistem penyaringan yang ada didalamnya dianggap mampu dalam memfilter dari berbagai virus dan bakteri agar tidak terhirup.


9. Pompa Angin

Di daftar terakhir ada alat bernama Mi Portable Electric Air Compressor yaitu sebuah pompa angin canggih dari xiaomi. Pompa angin ini memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan pompa biasa.

Cara kerjanya cukup mudah dan praktis yaitu pengguna hanya perlu memasukkan selang kompresor ke perangkat yang ingin diisi angin seperti ban roda maupun bola sepak.

Setelah itu atur tekanan yang diinginkan lalu pilih OK dan kompresor pun akan langsung mengisi secara otomatis hingga tekanan yang diinginkan telah tercapai.


Alat ini dapat dioperasikan dengan memanfaatkan baterai berukuran 2.000mAh yang bisa diisi ulang.

Dalam keadaan baterai penuh pompa dapat digunakan untuk menyalurkan angin sebanyak 5 kali untuk ban mobil dan 6 kali untuk motor. Sementara untuk bola sepak dapat dilakukan hingga sebanyak 41 kali.


Jadi itulah daftar peralatan apa saja yang banyak dijumpai di dalam kehidupan kita dan telah diproduksi oleh brand Xiaomi. Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan canggih lainnya yang dibuat oleh perusahaan yang satu ini.

Namun karena faktor keterbatasan mungkin untuk peralatan yang lain bisa dibahas pada kesempatan selanjutnya. Demikianlah artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close