Cara Membuat LED Notifikasi di HP secara Manual

Seiring berjalannya waktu, kita bisa melihat bahwa desain dari sebuah smartphone kekinian memang sepertinya akan menuju ke arah bezelless, yang itu artinya luas frame dibagian atas-bawah serta bagian samping handphone didesain semakin tipis, sementara pada bagian layar dibuat selebar mungkin.

Ini terbukti dari screen to body ratio sebuah layar handphone zaman sekarang yang bisa mencapai sekitar 90 %, bahkan beberapa model mungkin bisa lebih dari itu.

Ya, hal tersebut memang bisa membuat penampilan menjadi terlihat lebih keren alias good looking. Namun disisi lain, tentu desain bezel-less seperti ini bisa menimbulkan beberapa kekurangan. Salah satunya yaitu mengenai keberadaan lampu LED notifikasi yang mau tidak mau harus rela untuk dihilangkan.

Semenjak tren bezelless melanda, memang kita sudah jarang lagi melihat led notifikasi tersebut bercokol dibagian depan HP smartphone. Padahal keberadaan item kecil ini boleh dibilang cukup penting, terutama dalam membantu memberitahu kita ketika ada pesan yang masuk.

Tapi mau bagaimana lagi, brand-brand saat ini sepertinya memang lebih mengutamakan suatu nilai estetis dibandingkan dengan nilai fungsional suatu gadget.

Namun bagi kita yang memang merasa masih butuh dengan sebuah indikator notifikasi, maka sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan memasang aplikasi yang dapat berfungsi seperti layaknya lampu indikator notifikasi.

Banyak sekali aplikasi sejenis yang bisa dipasang, akan tetapi disini kita hanya akan membahas mengenai satu aplikasi saja yang bernama "AOD Notify".

Adapun beberapa kelebihan dari aplikasi tersebut yaitu seperti tampilan pengaturan yang cukup simpel dan sangat minimalis sehingga kita dapat dengan mudah untuk menggunakannya, serta tidak terdapatnya iklan yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan pengguna.

Nah bagi teman-teman yang ingin tahu cara memakai aplikasi tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Memasang Lampu LED Notifikasi di Layar Smartphone Android

1. Langkah pertama kita pasang aplikasi bernama "Notification Light / AOD Notify" yang bisa didapatkan dengan cara mengunduh di PlayStore secara gratis.


2. Selanjutnya kita langsung saja buka aplikasi tersebut dan lakukan beberapa settingan awal.


3. Pada settingan yang pertama ada menu "Pilih Aplikasi". Pada menu ini kita disuruh menentukan aplikasi mana saja yang akan mendapatkan notifikasi jika ada pesan atau pemberitahuan lainnya yang masuk. Disini saya pilih semua aplikasi saja supaya lebih mudah.


4. Settingan kedua ada menu "Akses Pemberitahuan". Fungsinya yaitu untuk mengizinkan aplikasi ini dapat berjalan di smartphone kita.

Caranya masuk ke menu tersebut > pilih Aplikasi "AODnotify" > lalu nyalakan menu "Izinkan akses notifikasi" dengan menggeser bilah tombol ke arah kanan.


5. Ketiga ada settingan "Gambar di Layar". Menu ini diperlukan agar notifikasi berupa lampu LED di dalam layar dapat aktif.

Cara mengaturnya masuk ke menu tersebut > pilih "Aplikasi yang di download" > pilih "AODnotify" > lalu pada opsi "Gunakan AODnotify" kita aktifkan bilah tombolnya.



6. Jika sudah lalu kita kembali ke menu pengaturan awal, dan pastikan menu pengaturan terdapat tanda ceklis semua. Terakhir lalu pilih "Selesai".


Hingga langkah diatas maka sign lampu led notifikasi pun telah selesai dipasang.

Selain itu, kitapun masih dapat melakukan beberapa penyesuaian yang ada, seperti mengganti warna lampu led di bagian menu "Warna", mengubah gaya atau efek notifikasi di bagian menu "Lampu Notifikasi", dll. Pengaturan secara custom tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.


Jangan lupa juga untuk menguji coba aplikasi ini, apakah sudah aktif atau belum. Caranya cukup dengan mengirimkan pesan ke HP Smartphone (bisa melalui pesan WA maupun pesan lainnya).

Biarkan handphone dalam keadaan layar mati, jika lampu menyala sesuai dengan apa yang disetting sebelumnya, berarti penggunaan aplikasi ini benar-benar telah aktif.


Oke, Demikianlah artikel kali ini tentang cara membuat lampu led notifikasi di layar handphone secara manual. Jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, bisa langsung saja berkomentar di kolom yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close