Cara Mengetahui Nomor Rekening Pelaku Penipuan

Melakukan transaksi pembayaran secara online sepertinya memang merupakan suatu kebiasaan baru yang mulai sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sekarang ini.

Selain karena lebih mudah dan aman, bertransaksi dengan cara online ini tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, salah satu diantaranya yaitu kita tidak perlu repot-repot lagi untuk selalu membawa uang cash di dompet setiap saat.

Jika memang dibutuhkan dan kita ingin membeli sesuatu barang, maka kita bisa melakukannya dengan cara memilih transaksi pembayaran secara online.

Alat atau metode yang bisa digunakan dalam melakukan transaksi pembayaran secara online inipun sudah sangat beraneka ragam jenisnya. Kita tinggal pilih saja sesuai kebutuhan, bisa dengan menggunakan kartu kredit, transfer via bank, Paypal, maupun yang terbaru yaitu layanan pembayaran digital seperti DANA, OVO, dan juga LinkAja.

Nah dari sekian metode pembayaran yang ada tersebut, salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu pembayaran yang di lakukan dengan cara transfer uang via rekening bank.

Cara ini seringkali dipakai karena selain dapat diproses secara instan, juga karena sebagian besar dari masyarakat Indonesia memang biasanya sudah memiliki rekening tabugan dari salah satu bank. Sehingga bisa dikatakan bahwa cara ini merupakan cara yang paling mudah dan aman di banding dengan cara yang lain.

Namun meski begitu, bukan berarti transaksi dengan metode transfer rekening ini tidak memiliki celah kekurangan sama sekali. Kita tahu bahwa sudah banyak kasus penipuan yang terjadi dan memakan banyak korban.

Oleh karena itu, jika kita akan melakukan transaksi pembayaran via transfer rekening, alangkah baiknya kita tetap perlu berhati-hati. Apalagi jika proses transfer tersebut akan dilakukan kepada orang yang memang belum kita kenal, tentu kewaspadaan ekstra mungkin diperlukan.

Nah untuk mengatasi hal itu, sebenarnya ada cara mudah yang dapat dilakukan agar kita terhindar dari tindak penipuan jenis ini. Salah satunya yaitu dengan memeriksakan terlebih dahulu nomor rekening koran klien yang akan kita transfer uang dengan mengeceknya di sebuah halaman website.

Cara ini berkerja dengan melihat apakah nomor yang dicek tersebut masih dalam kondisi aman ataukah termasuk dari rekening palsu.

Adapun yang dimaksud dengan nomor palsu ini bukan berarti nomor rek. itu fiktif atau tidak bisa digunakan, melainkan nomor tersebut memang benar ada dan masih aktif namun pemilik dari rekening itu terindikasi merupakan seorang pelaku penipuan. Sehingga nantinya jika sudah terindikasi spam, maka akses nomor rekening pelaku itu akan diblacklist dari website tersebut.

Dan yang paling penting kita juga tidak perlu khawatir dengan kredibilitas dari situs ini, karena pada dasarnya halaman website ini merupakan situs yang berada dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengetahuinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Cek Nomor Rekening yang Bermasalah dan Terindikasi Penipu

1. Langkah pertama kita perlu masuk terlebih dahulu ke halaman website cekrekening.id

2. Jika sudah diakses, selanjutnya kita pilih nama bank yang akan dicek keabsahannya. Disini banyak sekali jenis Bank yang bisa dipilih, bahkan hampir semua bank nasional ada.

Namun jika daftar nama Bank yang dimaksud memang tidak ada, maka kita bisa memilih "bank lainnya".


3. Langkah berikutnya kita masukkan nomor rekening klien yang sebelumnya sudah kita miliki.

4. Setelah itu kita ceklis pada bagian CAPTCHA untuk konfirmasi bahwa yang melakukan bukan bot. Dan langkah terakhir untuk memastikan kebenaran dari nomor yang ingin dicek tersebut lalu kita cukup pilih Periksa Rekening.


Hasil dari Pemeriksaan

Jika sudah melakukan langkah terakhir tadi, maka akan ada dua kemungkinan hasil yang akan didapatkan.

Pertama yaitu identitas dari rekening tersebut tidak ditemukan di website itu sama sekali. Artinya bahwa nasabah bank yang bersangkutan ini bisa dianggap masih aman, dengan belum adanya suatu laporan kejahatan dari nomor rek. bersangkutan.



Hasil kedua yaitu identitas dari nomor rekening itu akan muncul ketika dicek dengan tulisan pernah dilaporkan, maka bisa dibilang bahwa nasabah dari suatu bank tersebut sudah diblacklist dan tidak aman lagi jika ingin bertransaksi dengan kita.

Selain itu akan terdapat juga data diri dari identitas pelaku dan juga riwayat laporan serta detail kasus yang tersandung dari nomor rekening tersebut. Sebagai contoh kita bisa melihat gambar dibawah ini.


Bagaimana mudah bukan? Tentu dengan dilakukannya pemeriksaan menggunakan cara ini, bukan berarti kita akan benar-benar terbebas dari yang namanya tindak penipuan.

Hal ini dikarenakan meski pada saat ujicoba cek ternyata hasilnya masih aman, namun siapa tahu rekening tersebut memang belum melakukan penipuan atau sudah melakukan penipuan akan tetapi belum dilaporkan ke halaman website itu.

Selain itu, cara inipun bisa dibilang hanyalah merupakan salah satu cara untuk meminimalisir tindak penipuan dari sekian banyak cara yang mungkin bisa dilakukan.

Sehingga penggunaan yang bijak tetap diperlukan agar kita dapat selalu aman dalam melakukan setiap transaksi melalui rekening bank.


Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengetahui nomor rekening yang membahayakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close