Cara Memasang Password pada Dokumen Microsoft Word

Melakukan pengamanan pada setiap data digital milik pribadi memang merupakan suatu hal yang cukup penting dan krusial.

Apalagi jika data tersebut tergolong kedalam jenis data yang sangat rahasia dan tidak boleh sembarangan diketahui oleh banyak orang, maka suatu penanganan khusus mungkin diperlukan agar data tersebut bisa tetap aman terlindungi.

Dan opsi pemasangan pengamanan ekstra seperti mengunci file dengan password mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang bijak.

Adapun pada kesempatan kali ini salah satu tips yang akan dibahas dalam mengamankan suatu file digital tersebut yaitu tentang cara mengamankan file data dari program office Microsoft word.

Kita tahu bersama, bahwa jenis file dokumen tersebut memang merupakan salah satu jenis format file yang paling umum dan banyak orang gunakan saat ini. Hampir semua orang ketika ingin menulis di perangkat komputer, bisa dipastikan bahwa orang tersebut akan menulis menggunakan salah satu dari program office yaitu microsoft word.

Bahkan jika kita akan menulis sesuatu yang sangat rahasia atau tidak boleh di share sama sekali seperti materi pekerjaan kantor misalnya, kemungkinan besar kitapun akan tetap menuliskannya masih di program tersebut.

Padahal kita tahu bahwa jenis file dengan format .doc memang sangat mudah sekali untuk dicopy dan bahkan dibuka oleh orang lain. Hal ini tentu membuatnya menjadi sangat riskan sekali bila terjadi, terlebih jika file tersebut memang tergolong sangat rahasia.

Oleh karena itu, jika hal itu pernah atau bahkan sering terjadi maka kita tidak perlu khawatir lagi. Sebab pada program ms. Word ini sebenarnya terdapat sebuah fitur perlindungan yang berguna untuk mengamankan file dari dokumen milik kita.

Cara yang digunakan pun cukup mudah yaitu hanya dengan memasangkannya sebuah kata sandi, sehingga meski file kita masih bisa di copy oleh orang lain, namun file tersebut tetap akan aman karena tidak bisa langsung dibuka, tentu selagi orang tersebut tidak mengetahui kata sandinya.

Lalu bagaimana cara membuat password itu? Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Cara Membuat Password di Dokumen Microsoft Word Agar Tidak Bisa Dibuka

Disclaimer sebelumnya, bahwa pada tutorial kali ini digunakan program office Microsoft word versi tahun 2013.

Sehingga bagi pengguna versi diatas atau bahkan dibawahnya mungkin saja bisa terdapat sebuah perbedaan pada langkah-langkahnya, meskipun tentu saja kemungkinan tidak akan jauh berbeda.

1. Langkah pertama kita buka dulu file ms. word yang akan dipasangi kata sandi agar bisa membuat filenya menjadi terkunci.

2. Setelah itu kita pilih menu "File" yang berada dibagian sebelah kiri atas, maka akan muncul sebuah tampilan menu baru.


3. Selanjutnya pada bagian menu "Info" kita klik "Protect Document" lalu pilih menu "Encrypt with Password".


4. Setalah itu masukkan password atau kata sandi, bebas sesuai dengan keinginan kita. Jika sudah ketik ulang kembali kata sandi tadi, dan langkah terakhir yaitu kita pilih "OK". Jangan lupa juga untuk melakukan save dari file tersebut.


Hingga langkah diatas maka dokumen word pun telah selesai dikunci dengan menggunakan password.

Lalu bagaimana jika kita lupa dengan kata sandinya atau kita ingin menghilangkan kata sandi tersebut?

Sayangnya jika memang kita telah memasang fitur keamanan password ini di dokumen word, maka kita tidak bisa lagi untuk menghilangkan atau membatalkan sandi tersebut. Sehingga kitapun dituntut agar tidak lupa atau usahakan agar kita dapat menyimpan kata sandi tersebut di tempat yang aman.


Demikianlah artikel kali ini tentang Cara membuat dokumen microsoft word menjadi terkunci menggunakan password.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum dimengerti bisa langsung berkomentar dikolom yang sudah tersedia di bawah. Akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close